Kopling Mobil Bunyi Saat Dilepas? Ini Penyebabnya!

Jul - 08
2021
kopling mobil bunyi saat dilepas

Kopling Mobil Bunyi Saat Dilepas? Ini Penyebabnya!

Pernah mendengar bunyi saat kopling mobil dilepas? Pada umumnya, penyebab utamanya adalah karena sistem transmisi nya yang bermasalah. Meskipun begitu, tidak semua disebabkan oleh sistem transmisi ada penyebab-penyebab lainnya. Yuk simak apa saja penyebab kopling mobil bunyi saat dilepas di artikel ini!

 

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

5 Kemungkinan Penyebab Kopling Mobil Bunyi Saat Dilepas

Berikut adalah beberapa kemungkinan yang bisa saja terjadi jika kopling mobil mengeluarkan bunyi saat dilepas:

– Pegas kopling sudah lemah

Tugas utama dari komponen pegas kopling adalah meredam hentakan dan getaran saat proses pergantian gigi. Jika pegas sudah lemah, maka otomatis hentakan dan getaran tidak bisa diredam sehingga menyebabkan mobil mengeluarkan bunyi. Segera bawa mobil kalian ke bengkel agar resiko terjadinya kecelakaan bisa diminimalisir.

– Kampas kopling sudah menipis

Kampas kopling yang sudah tipis membuat gesekan antara kampas dan flywheel menjadi bersuara. Lain cerita jika kondisi kampas masih tebal suara yang disebabkan oleh gesekan pasti dapat diredam. Jika hal ini terjadi segera bawa mobil ke bengkel untuk diberikan kampas kopling yang baru.

– Flywheel dan pressure plate yang sudah tidak rata

Konsep yang digunakan sama seperti kampas. Flywheel dan pressure plate bisa tergerus permukaannya akibat usia pemakaian mobil. Jika permukaan sudah tergerus, otomatis permukaan flywheel dan pressure plate menjadi kasar dan menyebabkan bunyi saat kopling diinjak. Segera ganti flywheel dan pressure plate dengan yang baru di bengkel kesayangan kalian ya!

Baca juga: Jangan Panik, Begini Cara Mengatasi Kopling Mobil Los yang Aman

– Release bearing yang kering dan belum terlumasi

Release bearing harus rutin diberikan oli agar tidak aus. Jika release bearing aus otomatis akan terjadi bunyi gemeretak saat kopling diinjak. Segera lumasi bearing agar kondisi tidak semakin buruk dan bunyi saat kopling diinjak dapat diredam.

– Bunyi dari persneling

Nah untuk penyebab yang satu ini, kalian tidak perlu terlalu khawatir karena masih dalam tahap wajar. Namun jika bunyi semakin kencang, maka sebaiknya kalian bawa mobil kalian ke bengkel untuk dilakukan tune up.

Apakah jika muncul bunyi saat kopling diinjak itu bahaya?

Jika bunyi terus bermunculan, ada baiknya kalian cek mobil kalian ke bengkel. Namun jika hanya sesekali saja dan bunyi tidak parah itu masih bisa diwajarkan. Mengingat biaya servis dan cek bengkel tidaklah murah, pastikan mobil kalian terlindungi dengan adanya asuransi mobil ya!

 

Berikan proteksi pada mobil kesayangan kalian

asuransi mobil cekpremi

 

Pastikan mobil baru kalian terlindung dari segala biaya resiko kerusakan dengan asuransi! Seluruh  biaya kerusakan mobil akan ditanggung oleh produk asuransi mobil all risk! Selain itu juga kalian bisa menggunakan asuransi TLO (Total Loss Only) jika ingin premi dengan biaya yang lebih murah! Bandingkan dan pilih berbagai produk asuransi mobil terbaik dan terpercaya hanya di Cekpremi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *