Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Cara Memakainya

manfaat minyak zaitun untuk wajah

Kaya akan kandungan squalene, vitamin E dan oleocanthal membuat banyak manfaat minyak zaitun untuk wajah. Anda yang mendambakan memiliki kulit wajah lebih sehat, segar maka perlu memakai minyak zaitun secara tepat dan juga rutin. 

Tidak heran pula jika banyak serum wajah yang memiliki kandungan minyak zaitun di dalamnya. Manfaatnya beragam mulai dari mengurangi jerawat, melembabkan sampai mencerahkan kulit. Simak apa saja manfaatnya secara lengkap. 

8 manfaat minyak zaitun untuk wajah

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari minyak zaitun yang sudah kami rangkum dari beberapa sumber:

1. Melembabkan dan Menghidrasi Kulit Wajah

Saat memiliki kulit kering atau terlalu berminyak maka memudahkan kulit mengalami iritasi dan berjerawat. Manfaat minyak zaitun untuk wajah adalah untuk menjaga kelembabannya dengan menghidrasi kulit secara maksimal. Hasilnya, wajah akan terlihat segar dan cerah. 

Hal ini sangat mungkin karena adanya kandungan squalene yang bekerja untuk mengunci air pada kulit. Selain itu kandungan vitamin E nya dapat meningkatkan kemampuan kulit dalam menyerap air. Jika digabungkan kulit dapat terhidrasi secara maksimal. 

Bagi para wanita yang memiliki kulit wajah yang kering, kami sarankan untuk menggunakan minyak zaitun sebagai pelembab. Oleskan 3 tetes minyak zaitun ke daerah kulit wajah yang kering. Maka Anda bisa merasakan perbedaannya di keesokan harinya.

2. Menghapus Make Up Maksimal

Anda menggunakan make up setiap hari? Pilih jenis pembersih yang punya kandungan minyak zaitun. Manfaat minyak zaitun untuk wajah bukan hanya melindungi kulit tetapi juga bisa mengangkat kosmetik yang menempel secara maksimal. Sayangnya jarang yang mengetahui hal ini sehingga make up tidak terangkat sempurna. 

Bahkan minyak zaitun akan mampu mengangkat jenis kosmetik waterproof. Tidak perlu takut lagi dengan make up yang tertinggal sehingga bisa menyumbat pori-pori kulit wajah.  Anda bisa mengoleskan minyak lalu memijat wajah secara lembut untuk menghapus bekas riasan.

3. Scrub Kulit Wajah

Selain manfaat yang sudah disebutkan di atas, minyak zaitun juga bisa Anda jadikan scrub. Menggunakan campuran minyak dan garam laut maka Anda bisa membuat kulit wajah lebih lembab dan halus. Gunakan 3 sdt minyak zaitun dan 5 sdt garam laut untuk lalu oles dan pijat ke seluruh bagian wajah Anda.

4. Menyamarkan Bekas Jerawat dan Flek Hitam

Bekas jerawat dan flek hitam kerap menjadi gangguan utama dalam penampilan wajah. Untungnya minyak zaitun bisa menyamarkannya sehingga wajah terlihat lebih bersih. Kandungan vitamin E dalam minyak zaitun akan bekerja menyamarkan bekas jerawat sekaligus regenerasi kulit. 

Vitamin E juga akan bekerja menyamarkan flek hitam yang timbul karena faktor usia atau kerusakan kulit karena paparan sinar matahari. Selama rutin menggunakan maka manfaatnya bisa segera dirasakan. 

5. Mengatasi Bibir Pecah-pecah

Keluhan bibir pecah-pecah kerap kali dirasakan oleh wanita. Penyebabnya karena kurang minum dan perawatan yang tepat. Bibir pecah-pecah tidak hanya mengganggu penampilan tetapi juga menimbulkan ketidaknyamanan ketika berbicara. 

Rasa perih yang mengganggu karena bibir sobek bisa diatasi dengan rutin mengaplikasikan minyak zaitun. Minyak zaitun akan mempercepat penyembuhan luka sekaligus melembabkan dan bibir akan tampak lebih plumpy

Baca juga artikel kesehatan kami lainnya:

5 Khasiat Bawang Putih Bakar bagi Kesehatan, Bikin Panjang Umur!

6. Mencerahkan Warna Kulit

Tidak perlu menggunakan pemutih, cukup dengan mengaplikasikan minyak zaitun warna kulit perlahan akan menjadi cerah. Manfaat minyak zaitun untuk wajah pada malam hari yaitu memberikan efek antioksidan akan mencerahkan warna kulit dari aslinya. 

Apabila Anda mengalami kerusakan warna kulit atau perubahan karena paparan sinar matahari maka minyak zaitun bisa memperbaikinya. 

7. Mengurangi Tanda Penuaan Dini 

Manfaat minyak zaitun untuk wanita yang paling banyak dicari adalah untuk mengurangi atau menghambat munculnya tanda penuaan dini. Senyawa antioksidan di dalamnya juga memberikan efek anti penuaan. Hal ini disebabkan kerusakan kulit karena efek radikal bebas bisa dicegah dengan maksimal. 

Di sisi lain, produksi kolagen juga akan meningkat karena minyak zaitun. Beberapa produk kecantikan yang berfungsi meningkatkan produksi kolagen di kulit biasanya memanfaatkan minyak zaitun juga.

8. Mencegah Kerusakan Akibat Sinar UV 

Manfaat minyak zaitun untuk wajah yang paling dibutuhkan adalah agar bisa bekerja mencegah kerusakan kulit wajah dari sinar UV. Apalagi bagi Anda yang harus sering bekerja di luar ruangan ketika siang hari. 

Kinerja minyak zaitun ini didukung oleh kandungan squalene yang tinggi dari jenis minyak lainnya. Berkat squalene maka minyak zaitun bisa memberikan dorongan antioksidan alami yang ekstra.

Cara Menggunakan Minyak Zaitun untuk Manfaat Maksimal 

Begitu banyak manfaat yang diberikan minyak zaitun untuk wajah, namun manfaat ini bisa didapatkan jika cara pemakaiannya tepat. Jika ingin yang praktis Anda bisa memilih produk perawatan kulit dengan kandungan minyak zaitun lebih tinggi. 

Apabila Anda ingin yang lebih alami maka pilihlah minyak zaitun dengan label extra virgin yang artinya minyak sudah mengalami penyaringan terbaik. Biasanya warna produk akan sangat jernih dan siap digunakan. 

Berikut ini cara menggunakannya dengan benar:

  • Minyak Zaitun untuk Cleansing Oil 

Usai menggunakan kosmetik atau ingin membersihkan wajah karena terasa kotor maka Anda bisa mengikuti cara ini. 

Pertama tuang minyak zaitun secukupnya di telapak tangan. Kemudian usapkan langsung ke seluruh wajah sambil dipijat memutar ke arah atas beberapa menit dengan lembut. 

Bilas dengan handuk yang sudah direndam air hangat sampai tidak tersisa minyak di kulit wajah. Ulangi jika Anda merasa wajah masih kotor. 

  • Minyak Zaitun sebagai Masker Wajah 

Cara memakai minyak zaitun untuk wajah sebelum tidur paling tepat adalah sebagai masker wajah. Anda juga bisa menggunakannya ketika hari libur dan ingin merawat wajah dengan rileks. 

Pertama buat campuran minyak zaitun 1 sdm dengan air lemon perbandingan sama. Tinggal oleskan saja seluruh masker ini ke wajah merata dan diamkan selama 30 menit. Pembilasan bisa dilakukan dengan air dingin. 

Keringkan wajah dengan handuk kering yang lembut. Ulangi setiap 2 sampai 3 kali dalam seminggu dan efeknya akan langsung terlihat. 

Manfaat minyak zaitun untuk wajah menjadi cara untuk menginvestasikan kesehatan kulit Anda di masa depan. Minyak zaitun menjadi pilihan bahan alami yang murah meriah untuk Anda pakai. 

Bukan hanya minyak zaitun saja yang perlu Anda pakai, penting juga memperhatikan kesehatan tubuh secara menyeluruh. Demi kesehatan dan keuangan terjaga Anda bisa membeli asuransi kesehatan dari sekarang. 

Pemilihan asuransinya bisa dilakukan melalui Cekpremi yang merupakan platform insuretech terpercaya. Anda bisa menemukan beragam produk asuransi kesehatan di Indonesia dan membandingkannya sendiri. Jangan sampai tertinggal, Anda bisa kunjungi Cekpremi untuk mencari tahu lebih lengkap. 

Pastikan biaya berobat terlindungi dengan adanya asuransi!

asuransi kesehatan

Kesehatan merupakan hal termahal yang ada di dalam hidup seseorang. Jika tubuh terkena penyakit tentunya bisa menghalangi aktivitas-aktivitas kita, oleh karena itulah biasanya biaya berobat tidaklah murah.

Anda bisa mendaftarkan diri Anda ke BPJS untuk keringanan biaya berobat, namun BPJS sayangnya tidak memberikan akses ke semua obat yang tersedia di dunia medis, oleh karena itu pastikan juga untuk mendaftarkan diri Anda ke asuransi kesehatan milik swasta! Anda bisa mendapatkan keuntungan yang tidak Anda dapatkan dari BPJS loh.

Pilih dan bandingkan berbagai produk asuransi kesehatan yang terpercaya hanya di Cekpremi.