13 Menu Lebaran yang Bikin Kangen Kampung Halaman

Menu lebaran

Setiap daerah mempunyai menu lebaran yang khas dan senantiasa membuat rindu. Terlebih apabila tengah berada di rantau. Rasanya ingin cepat-cepat kembali ke kampung. Menikmati lezatnya masakan rumah serta hangatnya kebersamaan keluarga.

Menu Lebaran Khas yang Selalu Bikin Kangen

Semua orang yang hijrah ke kota pasti akan membayangkan menu lebaran di kampung saat jelang Idul Fitri. Olahan tangan ibu ditemani keseruan berkumpul dengan sanak saudara, menjadikan santapan semakin nikmat. Inilah beberapa sajian istimewa yang pastinya membuat rindu kampung halaman.

  • Ketupat Opor Ayam

Ketupat merupakan makanan yang terbuat dari beras dengan bungkus anyaman daun kelapa. Sewaktu Lebaran ketupat selalu disajikan bersama opor ayam, hidangan berkuah santan kental yang gurih.

Ketupat atau dalam bahasa Jawa bernama kupat dipercaya berasal dari dua kata yaitu “ngaku” dan “lepat” (mengaku salah). Ditunjukkan dengan tradisi sungkeman sebagai simbol permohonan maaf dari anak kepada orang tua di hari yang fitri.

  • Sambal Goreng Kentang

Selanjutnya ada menu Lebaran yang tak kalah enak. Ini adalah hidangan dari kentang yang dipotong dadu kecil, digoreng, lantas dimasak dengan sambal merah. Tambahan hati ayam juga pete dalam sambal bercita rasa gurih ini semakin menggugah selera.

  • Rendang

Rendang pernah dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia. Rempahnya yang kaya sampai meresap ke dalam daging sapi, tentu membuat Anda ingin terus menikmatinya. Rendang adalah hidangan khas Minangkabau. Kata rendang atau randang ini mengacu pada cara pembuatannya yang memerlukan waktu lama sampai kuahnya menyusut.

  • Sate Ayam

Sate ayam tidak hanya dijumpai ketika Idul Fitri. Hari-hari biasa pun sate banyak dijajakan. Menu Lebaran tanpa santan yang juga menjadi favorit semua kalangan. Daging ayam yang telah menjadi potongan kecil, ditusuk menggunakan tusuk bambu, lantas dibakar hingga matang. Setelah matang hidangan disiram lagi dengan bumbu kacang manis gurih.

  • Balado Telur

Balado telur umumnya menjadi teman makan opor ayam. Ini adalah salah satu menu Lebaran yang praktis sebab Anda dapat membeli bumbu balado yang sudah siap di pasar. Apabila Anda tidak suka pedas, gunakan cabai merah besar.

  • Gulai Nangka

Termasuk menu Lebaran berkuah, gulai nangka disukai banyak orang. Anda bisa menambahkan beberapa bahan pelengkap seperti daun singkong, kacang panjang, telur puyuh, atau udang. Salah satu jenis yang paling favorit ialah gulai nangka padang.

Anda harus merebus daging lebih dulu kemudian masukkan bumbu halus (bawang putih, bawang merah, kemiri, jahe, garam yang sudah diblender), serta santan. Tambahkan serai, daun jeruk, daun kunyit, lengkuas, masak sampai santan mendidih. Terakhir masukkan nangka muda dan tunggu beberapa saat hingga empuk dan sedikit berminyak.

  • Lontong Sayur

Jika Anda tidak ingin mengonsumsi daging sewaktu Lebaran, cobalah lontong sayur yang umumnya disajikan sebagai menu sarapan pagi. Hidangan ini masih mengandalkan santan yang membuatnya terasa gurih. Sayuran utamanya yaitu labu siam, wortel, serta kacang panjang.

  • Sayur Lodeh

Menu Lebaran berkuah yang tidak boleh ketinggalan yaitu sayur lodeh. Sayur ini mempunyai resep variatif. Ada yang kuahnya kemerahan atau berwarna putih. Menikmati sayur lodeh makin mantap dengan ikan asin serta sambal. Isian sayur lodeh mirip dengan sayur asem, bedanya cuma terletak pada kuah santan.

  • Semur Daging

Semur daging adalah menu Lebaran yang praktis dibuat. Proses pemasakan yang lama menjadikan bumbu begitu meresap ke dalam daging. Memilih daging sapi yang tepat sangat penting dilakukan agar bumbu bisa masuk hingga bagian dalam daging dengan sempurna. Bagian terbaik untuk olahan semur yaitu has luar serta paha.

  • Kari Ayam

Kari ayam termasuk sajian yang umum di Asia Tenggara dan Asia Selatan. Rasanya pedas serta tajam. Bumbu rempah yang dipakai amat variatif. Anda dapat juga menggunakan ayam kampung. Namun, perhatikan pengolahannya sebab jika tidak tepat, daging ayamnya justru alot. Anda pun bisa menggantinya dengan protein jenis lain jika tidak ingin memakai daging ayam.


  • Tumis Cumi Saus Padang

Saat hari raya tiba, tidak ada salahnya memasak tumisan. Pilihlah cumi yang segar dan buang tinta hitam serta kantungnya. Anda hanya perlu menumis bawang-bawangan, cabe merah besar, dan kunyit sampai harum.

Berikutnya tambahkan saus tiram, saus sambal, saus tomat, garam, gula, dan penyedap rasa sesuai selera. Setelah bumbu siap barulah masukkan cuminya lalu aduk merata. Jika tampak terlalu kering Anda dapat menambahkan sedikit air.

  • Ikan Bakar Rica

Bila Anda ingin hidangan tanpa santan, pilihlah ikan bakar rica. Untuk langkah pembuatannya, siapkan terlebih dahulu bumbu halus yang terdiri dari cabe merah keriting, jahe, serta bawang merah, tumis hingga harum.

Berikutnya tambahkan garam, gula, kaldu, sedikit perasan jeruk kunci, kemudian aduk merata. Selanjutnya, Anda tinggal menyiapkan ikan nilanya untuk dibakar. Gunakan bumbu tumisan sebagai olesan ikan selama dibakar.

  • Ayam Kampung Bumbu Rujak

Sajian ini sangat tepat bagi Anda yang suka pedas. Selain menyiapkan ayam kampung dan beberapa bahan seperti lengkuas, daun jeruk, serai, santan, minyak, garam, serta kaldu, Anda harus menyediakan pula bumbu halusnya. Beberapa bahan untuk bumbu halus yaitu bawang putih, bawang merah, cabai merah, dan kemiri.

Cara pembuatannya mudah. Tinggal tumis bumbu halus, tambahan serai, daun jeruk, juga lengkuas. Jika sudah wangi baru tuang air. Selanjutnya masukkan daging ayam, tambah garam, kaldu, juga santan. Biarkan sejenak sampai daging ayam empuk.

Demikian beberapa menu Lebaran yang khas dan membuat rindu kampung halaman. Tentu berbeda untuk tiap-tiap daerah. Selain hidangan itu, ada pula bermacam kue kering dan snack khas Idul Fitri seperti nastar, kastengel, kue kacang, hingga putri salju.

Makanan ringan lainnya yaitu, rempeyek, rengginang, kembang goyang, aneka keripik, juga manisan. Apapun menu Lebaran yang dihidangkan, lebih penting dapat bertemu dan menghabiskan waktu bersama keluarga juga sanak saudara. Hal ini dikarenakan momen langka tersebut mungkin tidak akan terulang.

Anda yang ingin mudik Lebaran tentu juga harus mempersiapkan segalanya dengan matang. Salah satunya yaitu asuransi perjalanan maupun kendaraan. Percayakan kebutuhan asuransi Anda pada cekpremi.com. Ada berbagai jenis asuransi yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan seperti asuransi jiwa, asuransi kendaraan bermotor, hingga asuransi perjalanan. Jangan biarkan impian Anda menikmati menu Lebaran saat pulang kampung jadi terganggu akibat kurangnya persiapan.

Sumber referensi:

Qoala

Lotte Mart

CNBC