Mobil Mogok Karena Banjir: Penyebab dan Cara Klaim Asuransinya

Mobil menerjang banjir

Mengendarai mobil saat musim hujan, terutama di area rawan banjir menjadi tantangan tersendiri. Kamu harus lebih berhati-hati dalam mengendarai mobil saat musim hujan yang dapat membuat banyaknya kasus mobil mogok karena banjir terjadi.

Mobil mogok karena hujan biasanya disebabkan oleh masuknya air ke dalam ruang bakar. Sehingga menyebabkan fungsi pengapian tidak bekerja. Sebelum kamu mengemudi di tengah hujan, kamu perlu memperhatikan tiga alasan penyebab mobil mogok karena banjir. Simak penjelasannya di bawah ini.

  • Air Masuk Melalui Air Intake

Air intake merupakan bagian penting dalam mobilmu. Melalui saluran ini, mesin mobilmu mendapatkan pasokan udara segar. Udara segar tersebut digunakan untuk melakukan pembakaran di dalam ruang mesin. Lalu bagaimana jika air intake masuk ke dalam air?

Ada dua kemungkinan yang akan terjadi pada mobilmu. Pertama, jika kamu beruntung maka mesin akan mati. Pada kondisi ini jangan coba-coba untuk menyalakan mobil sebelum air yang masuk dapat keluar. Kedua, kerusakan terbesarnya adalah terjadi water hammer yang dapat merusak jantung pacu.

  • Air Masuk Melalui Saluran Knalpot

Meskipun knalpot adalah saluran buang, tidak menutup kemungkinan air dapat masuk melalui saluran ini. Memang, masuknya air ke saluran knalpot bukanlah problem yang besar, karena air tidak akan bisa masuk ke dalam mesin. Namun, kamu harus tetap waspada jika ingin menerobos banjir. Tetap saja keberadaan air di knalpot dapat mengganggu kinerja mesin, walaupun tidak secara langsung.

  • Potensi Kerusakan Catalytic Converter

Catalytic converter adalah salah satu bagian dari gas buang. Saat mesin mobil menyala, alat ini bekerja pada suhu yang sangat tinggi. Air yang masuk dan mengenai catalytic converter akan menyebabkan terjadinya perubahan suhu secara drastis pada alat ini.

Meskipun tidak menyebabkan kerusakan secara langsung, namun hal tersebut bisa menyebabkan catalytic converter retak.

Jika mobilmu mogok karena kemasukan air ketika banjir, maka hal terpenting adalah jangan menundanya untuk membawa mobil ke bengkel. Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi kerusakan lebih parah pada mobilmu. Jika kamu menundanya, maka besar kemungkinan akan terjadi korosi yang semakin parah serta terjadi kerusakan pada ECU (Electronik Control Unit).

 

Tujuh Tips Mengatasi Mobil Mogok Karena Banjir

Berikut tujuh tips yang dapat membantumu ketika akan berkendara di area yang terendam banjir. Lakukan hal ini jika kamu berada dalam keadaan terdesak sampai harus tetap menerjang banjir. Jika tidak, sebaiknya kamu memilih jalan lain atau menunggu hingga banjir surut. Simak yuk.

  • Perhatikan ketinggian air. Ketika akan menerjang banjir yang perlu kamu ingat adalah semakin tinggi genangan air maka semakin besar potensi air merusak mobilmu. Pastikan ketinggian air tidak lebih tinggi dari lubang masuk udara pada mobilmu.
  • Jaga jarak ketika mobil menerjang banjir. Pastikan kamu menjaga jarak dari mobil di depanmu. Sehingga ketika mobil depan mogok kamu bisa mendahuluinya.
  • Ikuti gelombang air ketika mobil menerjang banjir. Jaga momentum mobil agar kecepatan mobil dan gelombang sama ketika mobil menerjang banjir.
  • Usahakan putaran mesin rendah ketika mobil menerjang banjir. 
  • Jangan menekan kopling saat mobil menerjang banjir.
  • Segera matikan mesin ketika dalam keadaan darurat.
  • Keringkan rem setelah mobil menerjang banjir.

 

Tips Mengklaim Asuransi Mobil

Asuransi mobil dengan benefit perluasan banjir bisa kamu klaim jika memenuhi beberapa persyaratan. Kerusakan akibat banjir yang dapat dicover oleh asuransi yaitu pada saat banjir melanda mesin mobil berada dalam posisi mati dan terendam air serta mobil tidak dengan sengaja digunakan untuk menerjang banjir.

Biaya perbaikan mobil yang terendam banjir tentu dapat membuat kamu merasa khawatir karena jumlahnya bisa sangat besar. Pada saat inilah asuransi berperan untuk melindungi asetmu. Kamu hanya perlu mengklaim asuransi mobil, lalu biaya kerusakan sudah ditanggung pihak asuransi. Pastikan di dalam polis asuransi kendaraanmu terdapat benefit pertanggungan ketika mobil terkena kerusakan akibat banjir.

Lalu bagaimana cara mengklaim asuransi mobil mogok karena banjir? Berikut beberapa tips mengklaim asuransi mobil mogok karena banjir.

  • Pastikan kamu sudah mengajukan perluasan perlindungan terhadap risiko banjir pada saat mendaftar asuransi mobil.
  • Jangan mengemudikan mobil di daerah banjir dengan sengaja. Jika hal ini kamu lakukan, bisa saja klaim yang kamu ajukan ditolak oleh pihak asuransi. penolakan tersebut terjadi karena kamu dianggap kurang berhati-hati dan tidak memahami risiko banjir terhadap mobilmu.
  • Hubungi call center atau kantor perwakilan asuransi terdekat, informasikan dengan jelas perihal posisi kendaraan dan ketinggian banjir yang terjadi.
  • Putuskan aliran listrik pada mobil, termasuk aki dan jangan coba-coba untuk menghidupkan mobil.
  • Segera meminta bantuan evakuasi, menghindari kerusakan semakin parah pada mesin mobilmu.
  • Siapkan dokumen yang dibutuhkan, seperti nomor polis dan surat identitas.

Beberapa tips tersebut dapat membantumu dalam mempermudah proses klaim asuransi mobilmu.

Mendaftar asuransi untuk mobil kesayanganmu sangatlah membantu. Dengan asuransi mobil kamu tidak perlu khawatir ketika mengalami kejadian tersebut. Kamu tidak perlu pusing memikirkan besarnya biaya yang dikeluarkan untuk memperbaiki kerusakan pada mobilmu. Hal tersebut dikarenakan biaya kerusakan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Apakah kamu tertarik untuk mendaftar asuransi mobil? Sekarang ini sangat banyak perusahaan yang menawarkan produk asuransi mobil. Namun, kamu perlu berhati-hati untuk memilihnya. Jika kamu merasa kebingungan, kamu bisa mengunjungi cekpremi untuk menemukan asuransi mobil aman dan terpercaya.

Cekpremi memiliki banyak mitra asuransi mobil  seperti, Simas Insurtech, Staco, Intra Asia dan mitra lainnya. Segera kunjungi cekpremi dan dapatkan asuransi mobil aman terpercaya serta nikmati cashback terbaik yang ditawarkan.

Pertanyaan Seputar Mobil Mogok Karena Banjir

Berikut beberapa pertanyaan yang banyak ditanyakan seputar mobil mogok karena banjir.

Apa yang harus dilakukan setelah mobil menerjang banjir?

Berikut beberapa hal yang harus kamu lakukan setelah mobil menerjang banjir cek ruang oli, bersihkan air di kap mesin, perhatikan panel indikator dan keringkan rem.

Apa akibatnya bila mobil terendam banjir?

Mobil yang terendam banjir tidak hanya terlihat kotor dan berbau tidak sedap, juga akan menimbulkan kerusakan pada mesin mobil.