Pakai Panel Surya Untuk Rumah Yang Hemat Listrik

panel surya

Panel surya adalah salah satu alternatif pembangkit listrik yang bisa Anda pakai di rumah. Panel ini memanfaatkan sinar matahari yang kemudian mengubah cahaya menjadi listrik. Kemudian, memanfaatkan energi matahari untuk jadi sumber listrik. 

Solar Panel Untuk Pemakaian Rumahan

Selain menghemat listrik, kita perlu mencari cara untuk mengganti sumber energi yang selama ini kita lakukan. Solar panel bisa jadi salah satu caranya. Yang Anda perlu lakukan adalah melakukan semua persiapan dengan matang, memasang panel solar dan memakainya untuk menghidup rumah. Hal ini termasuk menyalakan lampu, menggerakan mesin cuci dan lain sebagainya. 

Ada ribuan sel surya tersebar di suatu area dan menghasilkan energi yang cukup untuk memenuhi berbagai kebutuhan listrik dan elektronik. Pemasangan solar panel memang bisa menghemat listrik, tapi apa saja kekurangannya? Ketahui plus dan minus solar panel sebelum menggunakannya pada rumah. 

Keuntungan Memakai Panel Surya di Rumah

Alasan orang memakai solar panel adalah memakai pilihan energi lebih ramah lingkungan dan tentu hemat listrik. Tapi, apa saja alasan lain dari mengadaptasi teknologi ini kerumah Anda?
Dibandingkan sumber energi lainnya, lempengan panel yang mengambil tenaga surya ini tentu memiliki berbagai keunggulan. 

1.Aman Bagi Lingkungan

Secara fisik, panel mampu menyerap sinar UV matahari tanpa radiasi sedikitpun. Anda tidak menghasilkan limbah atau pencemaran. Ada panel yang dipasang untuk memanen sinar matahari. Semua dilakukan tanpa bahan bakar atau suara. Jadi tidak ada polusi suara, udara yang bisa mempengaruhi lingkungan. 

2. Proses Instalasi Cepat

Memasang solar panel cukup mudah. Anda tinggal beli lempengan panel, memasang dna menjalani sistem untuk merubah tenaga surya menjadi tenaga listrik. Pemasangan panel-panel tersebut bisa lebih cepat dibandingkan instalasi listrik yang perlu menarik kabel dan menyambungkannya dengan rumah. 

Panel bisa dipasang di tanah atau di atap. Agar memastikan instalasi dikerjakan dengan baik dan benar, gunakan jasa pasang panel surya yang bisa Anda temukan dengan memakai internet atau media massa lainnya. 

3.Jaminan Kinerja

Walau pemakaiannya masih terbatas, solar panel untuk rumah sudah dilakukan kurang lebih 50 tahun. Awalnya, solar panel digunakan untuk program luar angkasa karena ketahanannya dalam menghadapi kondisi ekstrim di luar angkasa.

Oleh karena itu, pemakaian rumahan seharusnya cukup mudah dan bisa diandalkan. Apalagi sekarang sudah banyak jasa pasang panel surya sehingga tidak sulit untuk merubah rumah Anda dialiri listrik dari susunan panel-panel tersebut. 

4. Pendukung Arsitektur Modern

Rumah modern dibuat dengan mengedepankan kualitas dan tidak mengorbankan estetik. Panel solar yang terpasang di atap rumah menandakan kesadaran tentang pentingnya memakai energi yang bisa terbaharui. 

Ini adalah ciri khas dari bangunan modern. Dengan memakai solar panel di rumah, Anda akan memberikan sentuhan modern pada rumah yang Anda tempati. 

Kekurangan Panel Surya

Tiap inovasi teknologi tentu memiliki sisi baik dan buruk. Faktanya solar panel memiliki sejumlah kekurangan. Perhatikan kekurangan solar panel dan pertimbangkan apakah Anda bisa menerima atau mentolerirnya. Kemudian buat kesimpulan dan putuskan untuk memasang solar panel di rumah atau tidak. 

1.Sumber Listrik Tidak Stabil

Matahari tidak bersinar 24 jam setiap harinya. Matahari berputar dan menyebabkan adanya siang dan malam. Pada saat tertentu, listrik berkurang dan tidak stabil. Apalagi bila musim hujan dan mengalami mendung selama berhari-hari. 

Anda jadi tidak bisa mencukupi kebutuhan rumah tangga. Walau banyak sistem panel surya bisa menyimpan energi, tidak ada jaminan kalau energi cadangan tersebut bisa cukup. 

2.Biaya Pemasangan

Penggunaan solar panel tergolong mudah. Tapi, karena penggunaannya belum terlalu populer, maka tidak jarang biaya pemasangan panel yang tinggi. Itulah yang menyebabkan banyak hunian yang belum bisa memakai panel surya secara optimal. 

Pada umumnya, penghuni rumah memasang solar panel dan listrik dalam waktu bersamaan. Jadi, ketika energi dari matahari habis, Anda bisa menyalakan listrik untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

3. Biaya Perawatan

Anda mengoperasikan tenaga listrik mandiri, berarti harus siap dengan biaya tak terduga jika terjadi kerusakan pada system. Perawatan tentu menyesuaikan dengan pemakaian. Kalau Anda jarang memeriksanya tentu bisa rusak dan perlu tenaga ahli. Biaya perawatan bisa menelan biaya yang tidak sedikit karena solar panel merupakan opsi yang belum populer di Indonesia. 

Anda sudah mempertimbangkan untung dan rugi dari pasang panel untuk mengambil tenaga surya di rumah. Sekarang yang perlu diketahui adalah bagaimana cara memasangnya? Ketahui terlebih dahulu kalau Anda bisa pasang solar panel di tanah atau atas atap. 

Tata Cara Pasang Panel Surya di Rumah

Jenis pemasangan ini digunakan untuk lingkungan yang bergelimangan dengan cahaya matahari. Jadi, energi matahari bisa dimanfaatkan secara maksimal. Anda bisa pasang di atas untuk memudahkan integrasi antara sinar matahari dengan listrik. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan. 

1. Model Rail Mounting

Panel disambung dengan pengikat khusus yang terkoneksi dengan bagian atap. Kemudian ada alat untuk menyimpan energi dan sistem memakainya untuk menyalakan listrik dan berbagai aktivitas sehari-hari. 

 

2. Pemasangan Model Rail-Less

Jenis pemasangan berikutnya adalah rail-less. Mesin panel surya disambung dengan baut dan sekrup. Pemasangan jadi lebih kokoh dan juga cepat. Agar lebih efisien bawa semua perangkat ke atap agar tidak bolak-balik turun atap untuk menyelesaikan pemasangan. 

Anda juga perlu memperhatikan jarak antar atap, sehingga panel bisa mengambil energi sebanyak-banyaknya dan membuat jalur yang pas sehingga mudah untuk melakukan inspeksi atau perawatan. 

3. Model Pondasi

Ini adalah cara pemasangan solar panel di tanah. Anda menggali lubang, menanam panel dengan tiang kemudian menanam sambungan sistem di bawah tanah. Dengan demikian, panel bukan ada di atap dan bisa lebih sering dipantau dan lebih mudah dirawat. 

Demikianlah penjelasan singkat mengenai panel surya dan cara pemasangannya. Jika Anda mempertimbangkan pemakaian solar panel untuk mengaliri listrik dirumah, maka bisa mempertinmbangakn poin=poin keuntugnan dan kerugian yang sudah dibahas diatas. 

Rumah adalah tempat tinggal tapi juga merupakan investasi. Harga rumah terus naik dan properti Anda bisa jadi aset yang menguntungkan. Asuransi properti dapat menjaga properti Anda untuk terhindar dari hal-hal tidak diinginkan. 

Ada banyak jasa asuransi yang menawarkan asuransi properti. Pakai platform cekpremi.com yang mengulas berbagai jasa asuransi yang ada. Platform pembanding ini akan memberikan informasi detail sehingga Anda bisa memilih jasa asuransi yang paling tepat untuk rumah Anda. 

Sumber

Rumah123

Rumah123

Dekoruma