6 Material Peredam Suara Ruangan yang Ampuh Usir Kebisingan

Mei - 27
2021
peredam suara ruangan

6 Material Peredam Suara Ruangan yang Ampuh Usir Kebisingan

Suara bising yang berasal dari luar rumah memang menjengkelkan. Jika masalah ini terus-menerus mengganggu Anda, segera atasi dengan bahan-bahan peredam suara ruangan berikut ini.

Fungsi peredam suara cukup simpel, yakni menginsulasi suara yang berasal dari luar maupun dalam ruangan. Dengan bahan-bahan ini, ruangan menjadi kedap gema dan terbebas dari kebisingan.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Material kedap suara sejatinya cukup mudah ditemukan, sebagian besar bisa dibeli di toko material dengan harga yang bervariasi. Pasaran apa saja bahan-bahannya? Yuk, simak ulasan di bawah ini.

Inilah 6 Bahan Peredam Suara Ruangan Rumah

1. Glasswool

Glasswool merupakan material yang cukup populer sebagai peredam suara ruangan. Bahan ini umumnya berbentuk rol, dengan panjang sekitar 30 m serta ketebalan antara 2,5 – 5 cm.

Meski banyak digunakan, material glasswool nyatanya tidak bisa kita aplikasikan di setiap tempat. Terutama pada ruangan studio, yang umumnya memantulkan getaran serta suara cukup keras.

2. Rockwool

Jika glasswool tidak efektif untuk meredam suara ruangan rumah, Anda bisa mencoba menggunakan material berbahan rockwool. Bahan yang satu ini relatif lebih tebal daripada glasswool.

Frekuensi suara yang mampu ia redam juga cukup besar, yakni mencapai 100 desibel. Karena itu, material ini sering digunakan pada ruangan-ruangan khusus sebagai pelapis kedua glasswool.

3. Polyethylene Terephthalate (PET)

PET merupakan material yang biasa digunakan oleh pabrikan besar. Bahan yang satu ini sangat efektif dalam meredam serta menyerap suara yang datang dari dalam atau luar ruangan.

Selain itu PET sangat mudah dibentuk sesuai ukuran ruangan, tidak memerlukan rangka, dan bisa dipasang di mana saja. Material ini terbuat dari plastik daur ulang, sehingga lebih ramah lingkungan.

4. Green Wool

Green wool adalah material peredam suara ruangan yang terbuat dari polyester fibre. Berkat sifat hydrophobic-nya, material ini tahan terhadap air dan tidak terpengaruh oleh kelembapan udara.

Selain lebih kuat dan tahan lama, salah satu keunggulan green wool adalah pengaplikasiannya yang mudah. Material ini bisa kita tempelkan langsung ke dalam tembok atau ditanam.

5. Keramik Fiber

Jenis peredam suara ruangan keramik fiber terbilang sangat berkualitas. Tidak hanya ampuh mengusir kebisingan, material ini juga berguna sebagai anti gempa dan penyerap panas.

Karena itu, jangan heran jika harga bahan ini dibanderol lebih mahal dari material lainnya. Keramik fiber pun sering digunakan dalam konstruksi bangunan bertingkat berkat keawetannya.

6. Busa Telur

Jika ingin mendapatkan peredam suara yang murah, busa telur bisa jadi material pilihan Anda. Meski begitu, sayangnya bahan yang satu ini tidak cocok untuk ruangan ber frekuensi suara keras.

Itulah beberapa bahan peredam suara ruangan yang ampuh usir kebisingan. Agar kenyamanan dan keamanan semakin terjaga, segera daftarkan rumah Anda dengan asuransi properti terpercaya ya.

Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *