Pesona Pantai Cijeruk Garut yang Sayang untuk Dilewatkan

pantai cijeruk garut

Berwisata ke pantai, memang selalu jadi pilihan yang tepat saat waktu liburan tiba. Anda bisa mengajak keluarga maupun sanak saudara lainnya dengan berlibur di pantai. Jika kali ini Anda berencana jalan-jalan ke Garut, jangan sampai melewatkan waktu untuk pergi menikmati Pantai Cijeruk Garut yang tepatnya terletak di Desa Sagara, Kecamatan Cibalong, Garut.

Disini, Anda akan menemukan alam yang masih perawan dari pesisir Garut Selatan. Meskipun masih belum banyak wisatawan yang datang, namun pesona alamnya sangat indah dipandang. Letak pantai ini juga tidak jauh dari pantai Pameungpeuk dan memiliki akses jalan yang cukup mudah dan bagus. Tertarik untuk menikmati wisata alam Pantai Cijeruk Garut? Simak ulasan berikut.

Rute Menuju Lokasi Pantai Cijeruk Garut

Untuk menuju lokasi Pantai Cijeruk Garut, sangatlah mudah. Apabila Anda datang dari arah kota Garut, maka Anda bisa memilih jalur alternatif. Pertama bisa melalui Jalan Raya Garut – Cikajang, kemudian lurus ke Selatan hingga menemukan Jl. Cikajang lalu dilanjutkan hingga ke Jalan Amblas.

Lalu Anda melewati Ciparay hingga menemukan jalan raya Cisompet. Lurus terus hingga pertigaan jalan Cigodeg. Lalu dari pertigaan, belok kiri hingga bertemu Jalan Sirna Bakti. Kemudian Anda lurus ke Timur melewati Miramareu. Jalan terus hingga Anda menemukan gardu yang mengarahkan Anda menuju pantai Cijeruk.

Apabila Anda datang dari arah Tasikmalaya, Anda bisa melewati jalan Perintis Kemerdekaan lalu lurus terus ke Selatan hingga jalan Karangnunggal. Kemudian Anda melewati jalan Syekh Abdul Muhyi, jalan Cibalong hingga menemukan Jalan Raya Karangnunggal lagi. Kemudian Anda akan melewati jalan Bantar Kalong dan lurus terus, maka akan bertemu pertigaan pada jalan Raya Cipatujah. Lalu ambil belok kanan ke Jalan Ciandum.

Dari Ciandum, kemudian Anda ke Barat melalui jalur Trans Jawa Barat. Maka Anda akan menemukan tanda jalan menuju Pantai Cijeruk. Untuk menuju ke lokasi Anda akan melawati jalan yang sedikit curam, sehingga perlu lebih berhati-hati.

Jam Operasional dan Harga Tiket Pantai Cijeruk Garut

Bagi Anda yang hendak berkunjung ke Pantai Cijeruk Garut, Anda bisa datang mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Sebenarnya, Pantai Cijeruk belum memiliki jam operasional resmi. Hanya saja, masyarakat setempat memberlakukan waktu kunjungan ke pantai di jam tersebut.

Kemudian untuk harga tiket masuk pantai Cijeruk Garut masih gratis. Hanya saja, kamu perlu menyiapkan tarif untuk parkir kendaraan. Jika Anda dan keluarga, berencana untuk berkemah di Pantai Cijeruk, maka sebaiknya melapor lebih dahulu kepada petugas setempat.

Objek Wisata di Pantai Cijeruk Garut

Masih sepi pengunjung tentu menjadikan pesona alam Pantai Garut ini masih terjaga. Tak heran banyak orang yang menyebut pantai ini masih perawan. Berikut ini beberapa objek wisata dari Pantai Cijeruk yang perlu Anda ketahui.

  • Suasana Pantai yang Asri

Mencari destinasi wisata yang masih damai dan asri rasanya cukup sulit saat ini. Kebanyakan tempat wisata telah dipoles sedemikian rupa sehingga kesan asrinya menjadi berkurang. Di Pantai Cijeruk yang lokasinya jauh dari Pusat Kota ini, Anda bisa menemukan kelestarian alam yang masih begitu asri.

Sangat cocok untuk Anda yang berencana melepas penat dari berbagai hiruk pikuk perkotaan. Untuk mencapai lokasi pantainya, Anda juga perlu melewati hutan karet yang cukup lebat. Sehingga menjadikan pantai Cijeruk nampak misterius dan terlihat seperti surga tersembunyi di balik hutan.

  • Air pantainya jernih

Jika Anda melihat dari arah kejauhan, pantai Cijeruk nampak memiliki dua warna yaitu jernih dan warna biru tua. Tetapi jika Anda mendekat, Anda akan melihat bahwa air Pantai Cijeruk Garut begitu jernih.

Air pantainya masih terjaga kebersihan dan keindahannya. Mungkin karena pengunjung pantai yang masih sepi sehingga sampah domestik juga tidak terlihat disana. Kondisi pantai yang bersih seperti ini, sudah sepatutnya dipertahankan dan dijaga dengan baik oleh semua pengunjung pantai yang datang. Selain jernih, airnya juga dingin sejuk. Membuat siapapun ingin segera bermain air di pinggiran pantai Cijeruk.

  • Pasir yang halus

Warna pasir Pantai Cijeruk Garut putih kecoklatan dan bertekstur halus. Sangat nyaman untuk bermain pasir maupun beraktivitas diatas pasir.

Pasir pantainya juga tidak mudah terhisap dan didominasi oleh pasir yang landai mencapai tengah pantai. Dengan demikian, sangat aman untuk anak-anak bermain di pinggiran pantai.

  • Memiliki ombak yang tenang

Tak perlu takut bermain air di Pantai Cijeruk. Sebab pantai ini memiliki ombak yang cukup tenang. Hal ini disebabkan karena kondisi pasirnya yang agak menjorok ke laut. Selain itu, lokasi geografis pantainya yang berada di kawasan teluk juga menjadi salah satu alasan mengapa ombak disini cukup tenang.

  • Memiliki sunset yang indah

Jika berkunjung ke Pantai Cijeruk Garut, jangan sampai melewatkan keindahan sunsetnya ya. Dengan latar pantai yang dikelilingi perbukitan, langit kuning keemasan yang hadir karena sunset akan menjadikan pesona alam yang begitu cantik. Jangan sampai momen tersebut luput dari kamera Anda.

  • Terdapat berbagai aktivitas seru

Di pantai Cijeruk, Anda tak hanya bisa bermain air saja. Anda juga bisa menyewa perahu nelayan untuk mengelilingi Pantai Cijeruk. Sebab memiliki air laut yang jernih, jika Anda melihat dari arah dekat di dasar laut, maka Anda akan merasa seperti berada di tengah akuarium besar.

Selain berlayar, Anda juga bisa beraktivitas memancing ataupun berwisata kuliner di pinggiran pantai. Banyak penduduk sekitar yang menjajakan dagangan ikan segar dengan harga yang cukup murah.

Sebab lokasi pantai ini masih cukup terpencil dan belum banyak wisatawan yang datang, maka bisa dikatakan pantai ini masih sepi pengunjung. Masih belum banyak fasilitas yang tersedia disini. Beberapa fasilitas yang ada hanyalah tempat parkir dan toilet umum. Meski begitu, berlibur ke Pantai Cijeruk Garut masih sangat worth it untuk dikunjungi. Sebab keindahan panorama alamnya yang sayang untuk Anda lewatkan.

Anda semakin tertarik untuk berlibur kesana? Segera rencanakan liburan Anda jauh-jauh hari bersama keluarga. Jangan lupa untuk menyiapkan asuransi perjalanan Anda. Dengan adanya asuransi perjalanan, maka Anda dapat memperoleh berbagai perlindungan dari resiko yang mungkin terjadi selama perjalanan. Misalnya saja penundaan penerbangan atau kehilangan bagasi.

Anda bisa memilih asuransi terbaik melalui cekpremi.com. Disini tersedia berbagai macam produk asuransi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Terdapat 3 tipe asuransi yang bisa dipilih yaitu worldwide, domestik dan Asia. Tunggu apalagi? Yuk segera miliki asuransi perjalanan Anda di cekpremi.com sebelum berlibur ke Pantai Cijeruk Garut.

REFERENSI:

Pantai Nesia

IDN Times

Tempat Wisata