Ketahui Informasi Terkait Asuransi, Termasuk Penggunaan Kartu Asuransi Kesehatan

Jun - 26
2021
kartu asuransi kesehatan

Ketahui Informasi Terkait Asuransi, Termasuk Penggunaan Kartu Asuransi Kesehatan

Last Updated on September 29, 2021 by Andini

Hi Cekmates, berdasarkan riset, di Indonesia setiap tahunnya biaya kesehatan selalu mengalami kenaikan yang nilainya diatas kenaikan gaji rata-rata masyarakat Indonesia. Tentunya hal ini membuat akses kesehatan yang layak sulit didapatkan. Namun ada solusi tepat untuk Anda mendapatkan fasilitas kesehatan terbaik, yaitu dengan memiliki asuransi kesehatan. Ada banyak kemudahan yang diberikan oleh pihak asuransi saat ini, mulai dari premi yang murah, rekanan rumah sakit yang tersebar di berbagai wilayah, hingga fasilitas cashless hanya menggunakan kartu asuransi kesehatan. 

Untuk lebih jelasnya, kita akan membahas berbagai manfaat asuransi kesehatan dan info terkait lainnya.

Apa Saja Manfaat Asuransi Kesehatan?

asuransi cashless

Meminimalisir Risiko

Asuransi kesehatan memang tidak bisa mencegah Anda terkena penyakit. Namun, resiko keuangannya bisa diatasi dengan pasti. Secara finansial, Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya besar ketika menjalani rawat jalan maupun rawat inap. Anda juga mendapatkan perawatan terbaik sesuai dengan limit pada premi sehingga proses penyembuhan bisa lebih cepat. 

Memberikan Rasa Tenang

Dengan memiliki asuransi kesehatan, perasaan khawatir dan stress bisa berkurang karena setidaknya kalau Anda tiba-tiba sakit, biayanya sudah pasti tercover. Anda juga tidak perlu merepotkan keluarga untuk mencari uang untuk biaya rumah sakit, sehingga lebih tenang dan bisa fokus terhadap tujuan hidup Anda. 

Membantu Mengatur Pengeluaran Uang

Saat membeli polis asuransi, Anda memiliki kewajiban untuk membayar premi. Pembayaran ini bisa dilakukan per bulan atau per tahun. Untuk keringanan, Anda bisa memilih pembayaran per bulan. Nah, dengan adanya kewajiban membayar premi ini, Anda akan memikirkan cara mengatur keuangan dengan baik dan pastinya cash flow bisa stabil. 

Mendapatkan Pelayanan Kesehatan Terbaik

Ketika sakit, pastinya kita ingin mendapatkan perawatan terbaik untuk kesembuhan yang lebih cepat. Ketika memiliki asuransi kesehatan, Anda mendapatkan jaminan perawatan dan pelayanan terbaik, mulai dari fasilitas kamar, obat, pemeriksaan lab, dan lainnya. Hal ini tentunya bisa membuat kesehatan bisa segera pulih. 

Manfaatkan Fasilitas Kartu Asuransi Kesehatan Untuk Kemudahan

Perusahaan asuransi pastinya memberikan banyak kemudahan untuk nasabah dalam pembayaran biaya rumah sakit. Bisa dengan sistem reimbursement atau cashless. Untuk pembayaran dengan cara reimbursement, Anda harus membayar biaya perawatan terlebih dahulu dan setelahnya baru mengajukan klaim dengan melampirkan dokumen-dokumen penunjang. Sedangkan untuk kemudahan, pilihlah asuransi dengan sistem cashless, jadi Anda tidak perlu lagi melakukan proses klaim. 

Fasilitas cashless memberikan kemudahan untuk Anda mendapatkan perawatan tanpa harus membayar terlebih dahulu biaya tersebut kepada rumah sakit. Pembayarannya bisa menggunakan kartu asuransi kesehatan yang telah disediakan oleh perusahaan asuransi. Pembayaran akan dilakukan oleh pihak asuransi kepada rumah sakit sesuai dengan manfaat dan ketentuan polis asuransi yang dimiliki. Berikut caranya:

  • Nasabah datang ke Rumah Sakit rekanan perusahaan asuransi untuk melakukan pendaftaran perawatan dan menunjukkan kartu asuransi kesehatan dan kartu identitas.
  • Petugas Rumah Sakit rekanan akan melakukan verifikasi.
  • Pihak asuransi akan menerbitkan surat jaminan yang akan dikirimkan ke Rumah Sakit dan akan dilakukan pemantauan medis selama nasabah mendapatkan layanan kesehatan.
  • Ketika perawatan telah selesai, Rumah Sakit akan menyiapkan tagihan akhir biaya perawatan dan ringkasan medis untuk dikirimkan kepada pihak asuransi.
  • Pihak asuransi akan melakukan pengecekan kelayakan tagihan dan ringkasan medis sesuai dengan pertanggungan di polis.
  • Nasabah bisa membayarkan selisih biaya perawatan (Jika ada) sebelum pulang ke rumah. 

Fasilitas layanan cashless atau kartu asuransi kesehatan ini bisa digunakan di rumah sakit rekanan asuransi di dalam negeri. Untuk penggunaan di luar negeri bisa disesuaikan dengan jenis premi yang dipilih. Sedangkan jika Anda melakukan perawatan di luar rumah sakit rekanan, tetap bisa dicover asuransi dengan sistem reimbursement

Dapatkan berbagai pilihan asuransi kesehatan terbaik dengan premi terjangkau dan perlindungan maksimal hanya di Cekpremi.com. Ada diskon 25% + cashback 10% lho!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *