Asuransi Bisnis: Pengertian, Manfaat, dan Jenis

asuransi bisnis

Apakah Anda khawatir usaha Anda terkena kerugian finansial akibat risiko-risiko tidak terduga? Asuransi bisnis dapat melindungi bisnis Anda dari risiko kerugian, kerusakan, atau kehilangan. Berikut ini penjelasan lengkap definisi, manfaat, dan jenis asuransi dalam bisnis.

Apa Itu Asuransi Bisnis?

asuransi bisnis adalah

Asuransi bisnis adalah produk asuransi yang memberikan perlindungan dan pengendalian risiko untuk usaha Anda. Produk perlindungan ini memiliki manfaat seperti pengalihan risiko, pengumpulan dana, dan harga premi yang seimbang.

Umumnya, asuransi jenis ini menjadi bagian dari asuransi umum dengan pertanggungan risiko yang memberikan penggantian akibat berbagai risiko.

Risiko asuransi yang dimaksud antara lain kerugian, kerusakan, biaya yang timbul, kehilangan keuntungan, atau tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang mungkin diderita pemegang polis karena terjadinya suatu peristiwa yang tidak diinginkan.

Tak hanya itu saja, memiliki asuransi juga dapat merangsang pertumbuhan bisnis dan memiliki manfaat sebagai tabungan.

Manfaat Asuransi dalam Bisnis

manfaat asuransi bisnis

Mau tau lebih lengkapnya manfaat dari memiliki asuransi ini? Simak selengkapnya.

Mengganti Kerugian

Bisnis tidak pernah terlepas dari risiko kerugian. Baik itu besar atau kecil, Anda harus siap menanggung dampak yang ditimbulkan dari risiko tersebut.

Itulah mengapa sebaiknya Anda melakukan antisipasi salah satunya dengan memiliki asuransi agar kerugian yang Anda hadapi tidak memberi dampak yang sangat signifikan bagi bisnis Anda.

Lebih jauh lagi, asuransi dalam usaha juga bisa bermanfaat sebagai strategi agar usaha yang Anda jalankan bisa bertahan di tengah masalah yang sedang dihadapi.

Dengan begitu, bisnis Anda akan terlindungi dari risiko kebangkrutan karena nantinya perusahaan asuransi yang akan menanggung kerugian yang dialami oleh usaha Anda.

Dengan kata lain, jika Anda memiliki asuransi, Anda dapat mengamankan kondisi keuangan, baik kondisi keuangan bisnis maupun pribadi Anda.

Memberi Perlindungan

Salah satu keuntungan asuransi bagi pemilik asuransi bisnis adalah peristiwa tidak terduga yang bisa saja timbul seperti risiko pencurian aset, kebakaran, bencana alam, hingga kecelakaan menjadi dapat dihindari.

Dengan begitu, Anda bisa menjalankan bisnis dengan lebih tenang tanpa khawatir akan terjadi sesuatu yang dapat mengancam kegiatan operasional usaha Anda.

Meminimalisir Risiko Kerugian

Semakin bertumbuhnya bisnis yang Anda kelola, semakin besar pula risiko yang harus Anda hadapi. Ketika Anda ingin memperluas jangkauan bisnis, ketakutan dan keraguan akan risiko sering kali menjadi penghalang.

Nah, ketakutan seperti ini bisa diminimalisir bila Anda lebih dulu melindungi usaha Anda dengan asuransi.

Dengan memiliki asuransi, Anda bisa mengurangi ketakutan akan kegagalan dan Anda bisa punya kesempatan untuk terus mengembangkan bisnis dengan maksimal.

Membuat Pondasi yang kuat untuk Bisnis

Dengan memiliki asuransi, itu artinya Anda sudah membangun pondasi karena Anda sudah bisa mengantisipasi berbagai risiko yang mungkin terjadi di masa depan dari aktivitas bisnis. Anda pun bisa menjadi pengusaha yang berani dalam berinovasi.

Kokohnya pondasi bisnis yang Anda miliki harus tetap terjaga dengan selalu konsisten melakukan pencegahan risiko. Dampak positif secara jangka panjang juga akan Anda rasakan bila sudah memiliki pondasi bisnis yang kuat.

Memiliki Jaminan pengiriman barang

Jaminan dan perlindungan pengiriman barang ini khusus untuk Anda yang menjalankan bisnis online. Pengiriman menjadi faktor penentu kesuksesan sebuah bisnis online seperti misalnya Asuransi Tokopedia.

Bila pengiriman terganggu, produk yang Anda jual kemungkinan besar tidak sampai ke tangan konsumen tepat waktu dan akan membuat pembeli kecewa.

Akibatnya, usaha Anda dinilai tidak memiliki sistem pelayanan yang baik dan akan berdampak pada menurunnya jumlah penjualan.

Itulah mengapa menjamin produk dengan memiliki asuransi bisnis adalah hal penting bila ingin bisnis Anda tetap ramai pembeli.

Dengan memiliki asuransi, risiko pengiriman dapat dikurangi. Termasuk mendapat perlindungan bila produk yang Anda kirim rusak atau hilang saat proses pengiriman.

Jenis-Jenis Asuransi Bisnis

jenis asuransi bisnis

Terdapat beberapa jenis asuransi dalam bisnis. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

Asuransi Properti

Asuransi Properti berlaku untuk tempat usaha, baik itu yang dimiliki sendiri ataupun sewa. Asuransi jenis ini meliputi peralatan, inventaris, papan nama, dan perabotan. Jenisnya melindungi tempat usaha Anda dari risiko apabila terjadi badai, pencurian, dan kebakaran.

Akan tetapi, bencana alam seperti banjir dan gempa bumi sering kali tidak termasuk dalam manfaat asuransi properti standar. Terlebih jika lokasi tempat usaha Anda berada di wilayah yang rentan terjadi banjir.

Asuransi Tanggung Jawab Hukum terhadap Publik

Asuransi ini berguna untuk melindungi usaha Anda dari tuntutan pihak ketiga sehubungan dengan adanya kecelakaan atau kerugian terhadap orang lain.

Sebagai contoh, apabila Anda memproduksi produk makanan dan ada yang sakit atau keracunan setelah mengkonsumsi produk Anda, maka asuransi ini yang nantinya akan memberikan proteksi untuk biaya hukum.

Asuransi Kompensasi Pekerja

Asuransi Kompensasi Pekerja berguna untuk melindungi karyawan Anda yang meliputi tunjangan perawatan medis, kecacatan, dan kematian yang disebabkan atau terjadi ketika karyawan Anda sedang bekerja atau ada kaitannya dengan pekerjaan di perusahaan Anda.

Dengan memilikinya, manfaat asuransi bagi perusahaan seperti biaya-biaya untuk kompensasi pekerja dapat ditanggung oleh asuransi bisnis.

Asuransi Gangguan Bisnis

Jika ada suatu bencana yang sedang terjadi yang menyebabkan operasional bisnis terganggu, kemungkinan Anda akan kehilangan pendapatan karena staf Anda tidak bisa bekerja dan berhentinya kegiatan produksi, yang mengakibatkan nilai penjualan menurun.

Jenis asuransi inilah yang kemudian berguna memberi kompensasi atas gangguan untuk usaha Anda tersebut.

Contoh Asuransi Bisnis di Indonesia

contoh asuransi bisnis

Berikut adalah beberapa contoh pilihan asuransi jenis ini di Indonesia yang bisa Anda miliki.

Zurich Insurance

Zurich Insurance menawarkan produk asuransi untuk usaha milik Anda. Salah satunya adalah asuransi harta benda yang melindungi berbagai aset penting dalam perusahaan, berupa bangunan, gedung, mesin-mesin maupun stok barang.

Jika Anda memiliki karyawan, kamu bisa menggunakan Asuransi Kesehatan Medicillin bagi karyawan perusahaan dalam bentuk Employee Benefit atau Asuransi Corporate Travel yang merupakan produk asuransi yang memberikan perlindungan menyeluruh untuk karyawan ketika sedang melakukan perjalanan bisnis.

AXA Indonesia

Asuransi bisnis dari AXA Indonesia memberikan solusi yang tepat untuk mengelola risiko-risiko secara efektif, mulai dari Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), sampai dengan perusahaan besar.

Produk yang ditawarkan terdiri dari empat jenis:

  • Asuransi Kesehatan sebagai perlindungan asuransi kesehatan bagi karyawan
  • Asuransi Proteksi sebagai perlindungan asuransi untuk investasi dan usaha Anda dari berbagai risiko,
  • Asset Management dalam bentuk reksadana sebagai solusi investasi dengan potensi imbal hasil yang optimal
  • Asuransi Umum berupa paket perlindungan asuransi kesehatan bagi karyawan

Allianz Indonesia

Allianz juga menawarkan produk asuransi untuh usaha yang bisa Anda pilih. Salah satunya adalah Produk Allianz UsahaKu memberi proteksi untuk pengembangan bisnis yang dirintis sejak awal dari segala risiko musibah, seperti kebakaran dan bencana alam.

Demikian beberapa alasan Anda wajib melindungi usaha dengan asuransi serta berbagai jenis dan contoh asuransi dalam bisnis yang tersedia di Indonesia.

Anda juga bisa mengetahui lebih lanjut mengenai asuransi yang satu ini melalui berbagai artikel yang ada di CekPremi. Semangat dalam berbisnis dan mengelola keuangan!

About Andini

Having experience 2 years as SEO Specialist and content writer. Contact me: andini.anissa@fuse.co.id

View all posts by Andini →