Pentingnya Merawat Ban Serep Secara Berkala

ban serep

Ban serep merupakan cadangan ban yang sering digunakan ketika ban utama sedang bermasalah. Selain itu, terdapat dua macam yaitu full size dan tipe space saver. Untuk tipe full size memiliki ukuran yang sama dengan ban utama. Sementara untuk space server ukurannya biasanya lebih kecil dari yang utama.

Asuransi Mobil

Selain itu, penggunanya pun hanyalah sementara dan tidak diperuntukan untuk jangka panjang. Hal ini karena konstruksi ideal dari ban tersebut memang tidak ideal untuk digunakan harian. Bahkan ban tersebut pun memiliki maksimal kecepatan yang tertera pada dinding ban.

Alasan Ban Serep Penting Untuk Dirawat

Ada beberapa hal yang menjadi abn ini sangat penting dirawat yaitu agar tidak mudah rusak. Tentunya ini disebabkan ban cadangan jarang terlihat atau digunakan sehingga dibiarkan di tempatnya saja. Maka jika tidak dirawat secara berkala akan menyebabkan kerusakan bahkan sampai menimbulkan kerusakan.

Tentunya jika sudah seperti itu tidak dapat digunakan lagi dan hal tersebut hanya akan membuatmu rugi sendiri nantinya. Maka usahakanlah meskipun tidak digunakan selalu cek dan rawat ban cadangan sehingga awet dan bila dibutuhkan dapat digunakan secara optimal. Selain itu, kamu pun dapat menggunakan asuransi mobil di cekpremi untuk membuatnya lebih aman dan terhindar dari biaya besar yang harus kamu keluarkan secara tiba-tiba.

Tips Merawat Ban Serep Supaya Awet

Setelah mengetahui pentingya menjaga atau merawat ban cadangan, maka sekarang saatnya kamu mengetahui bagaimana cara perawatan yang baik itu seperti apa. Untuk lebih jelasnya yuk simak ulasan berikut ini secara seksama!

  • Hindari Menggunakan Ban Serep Terlalu Lama

Hal yang perlu kamu waspadai atau diperhatikan adalah durasi menggunakan ban cadangan. Hal ini karena daya atau kekuatannya tidak sekokoh ban utama. Sehingga ketika terjadi kebocoran ban atau masalah pada ban utama maka segeralah ganti dengan ban cadangan.

Kemudian, jika sudah menemukan bengkel lekaslah untuk memperbaiki ban utama. Apabila telah selesai gantilah kembali ban tersebut dengan ban utama. Pasalnya, jika digunakan secara terus menerus dikhawatirkan akan berdampak buruk.

  • Gunakan Pelek Yang Sama

Seperti yang diketahui bahwa bulan memiliki ukuran pelek yang berbeda tiap jenisnya. Maka, gunakanlah pelek yang sesuai dengan ban cadangan yang kamu gunakan. Pasalnya, jika tidak hanya akan menyebabkan bahaya karena ban kehilangan fungsinya.

Dengan begitu, tidak hanya membawa ban cadangan ketika melakukan perjalanan, tetapi membawa pelek yang sesuai. Sehingga kamu tidak perlu lagi bingung apabila nanti ban utama mengalami masalah. Kamu bisa langsung menggantinya dengan ban cadangan yang kamu miliki.

  • Tekanan Angin Yang Dimiliki Stabil

Cara terakhir dalam merawat ban cadangan adalh dengan memastikan tekanan angin yang dimilikinya selalu dalam keadaan stabil. Dimana tekanan yang tepat atau pas adalah 4,2 kg/cm2. Sebaiknya, melakukan pengecekan tekanan ini sebulan sekali dan usahakanlah untuk perlahan-lahan ketika menambah angin.

Perawatan ban cadangan memanglah sangat penting supaya tidak mudah rusak. Adapun caranya adalah dengan menggunakan pelek yang sesuai dengan ban cadangan, memeriksa tekanan angin secara rutin, dan menggunakannya ban cadangan tidak terlalu lama. Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, kamu dapat memproteksinya dengan membeli produk asuransi di cekpremi.

Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan Mengenai Ban Serep

Ada beberapa pertanyaan mengenai ban cadangan yang sering dilontarkan oleh para pengguna mobil. Adapun pertanyaan adalah sebagai berikut!

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Kapan Harus Mengganti Ban Cadangan?” answer-0=”Apabila diketahui ban cadangan sudah rusak atau ada masalah, sebaiknya langsung ganti sebelum melakukan perjalanan. Ini dilakukan untuk terhindar dari hal yang tidak diinginkan.” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Mengapa Ban Cadangan Tidak Bisa Digunakan Dalam Jangka Panjang?” answer-1=”Hal tersebut karena ban tidak terlalu kuat seperti ban utama. Sehingga tidak terlalu aman apabila digunakan dalam waktu yang lama. Selain itu, untuk membuatmu lebih aman saat berkendara sebaiknya menggunakan asuransi. Adapun untuk produknya kamu bisa memilih di cekpremi. ” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]