3 Cara Membersihkan Injektor Mobil (Sebelum Mogok!)

Nov - 24
2021
cara membersihkan injektor mobil

3 Cara Membersihkan Injektor Mobil (Sebelum Mogok!)

Last Updated on November 24, 2021 by Rhandy Verizarie

Setiap komponen mobil tentunya memerlukan perawatan secara berkala agar tetap dapat berfungsi dengan baik. Salah satu komponen mobil yang harus menjadi perhatian Anda adalah injektor. Seiring pemakaian, injektor akan kotor dan perlu dibersihkan. Lantas, bagaimana cara membersihkan injektor mobil?

Cara Membersihkan Injektor Mobil

Injektor mobil sendiri merupakan komponen berupa katup yang terletak di saluran bahan bakar dan berfungsi menyemburkan bensin ke mesin mobil.

Jadi, katup injektor akan membuka dan menutup beberapa kali setiap detiknya. Ketika injektor terbuka, bahan bakar akan keluar untuk menuju mesin mobil.

Seperti yang telah disinggung di awal, injektor mobil akan kotor seiring pemakaian. Nah, agar tidak terjadi masalah yang bisa merepotkan Anda nantinya, bersihkan injektor secara berkala.

Cara membersihkan injektor mobil umumnya melalui 3 (tiga) cara, yaitu:

1. Semprotkan Cairan Pembersih ke Lubang Injektor

Cara yang pertama ini sebaiknya dilakukan oleh teknisi ahli. Pasalnya, injektor harus dibongkar dan dikeluarkan dari kompartemen mesin mobil.

Setelah dilepas, teknisi akan memasangkan alat pembersih khusus berupa semprotan. Lalu, injektor akan dipasang kembali ke tempatnya.

Langkah selanjutnya, semprotan tadi akan mengeluarkan cairan pembersih secara otomatis begitu injektor diaktifkan.

2. Rendam Injektor

Cara selanjutnya adalah dengan merendam injektor mobil tersebut dalam cairan pembersih khusus selama beberapa saat. Langkah awalnya sama seperti metode pertama, yakni keluarkan injektor terlebih dahulu dari tempatnya.

Setelah itu, rendam injektor di dalam baskom yang sudah terisi cairan pembersih dan diamkan selama beberapa saat sembari cairan mengangkat kotoran-kotoran yang menempel pada injektor.

Apabila sudah selesai, pastikan injektor benar-benar bersih. Jika belum, maka Anda bisa merendamnya lagi. Kemudian, pasang kembali injektor ke tempatnya.

2. Tuangkan Cairan Pembersih Melalui Tangki Bahan Bakar

Cara membersihkan injektor mobil lainnya adalah dengan menuangkan cairan pembersih melalui tangki bahan bakar. Tidak seperti cara pertama yang membutuhkan bantuan teknisi ahli, cara yang satu ini justru bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Nantinya, cairan pembersih tersebut akan larut bersama bensin untuk selanjutnya menuju injektor dan membersihkannya. Anda pun tidak perlu menunggu proses pembersihan dan bisa langsung mengendarai mobil.

Namun, cara ini memiliki kekurangan, yaitu efektivitasnya dalam membersihkan injektor tidak sebaik cara pertama. Terlebih, Anda tidak bisa memantau langsung bagaimana cairan bekerja membersihkan injektor.

Kapan Injektor Mobil Perlu Dibersihkan?

Nah, Anda mungkin bingung kapan kiranya waktu yang tepat untuk membersihkan injektor. Sejatinya, ada sejumlah indikator yang bisa dijadikan acuan bagi Anda, yakni sebagai berikut:

1. Lampu Indikator Mesin Menyala

Pada panel speedometer juga terdapat lampu indikator, termasuk indikator kondisi mesin. Nah, saat lampu indikator mesin menyala, itu artinya ada yang salah dengan mesin mobil Anda, salah satunya injektor yang kotor.

Jadi, segera lakukan pemeriksaan mesin apabila lampu indikator ini menyala, ya.

2. Kebocoran Bahan Bakar

Tiba-tiba saja tercium bau bensin yang menyengat saat mobil sedang dikendarai? Anda patut curiga karena hal ini bisa jadi menandakan adanya kebocoran bahan bakar.

Bahan bakar yang mengalami kebocoran pun salah satunya dipicu oleh injektor yang kotor.

3. Mesin Bergetar

Injektor mobil juga sudah saatnya dibersihkan apabila timbul masalah berupa mesin yang bergetar. Pasalnya, penumpukan kotoran pada injektor membuat distribusi bensin terhambat yang kemudian turut memicu mesin bergetar.

Berapa Biaya Membersihkan Injektor Mobil?

Biaya membersihkan injektor mobil bervariasi, tergantung dari ukuran, merek, jenis cairan pembersih, dan cara membersihkan injektor mobil yang Anda pilih.

Akan tetapi, pada umumnya, Anda membutuhkan biaya sekitar Rp300 ribu untuk membersihkan injektor mobil.

Akibat Injektor Mobil Kotor Tidak Dibersihkan

Membersihkan injektor mobil secara berkala adalah kewajiban. Pasalnya, Anda akan menemui sejumlah masalah apabila injektor mobil kotor dan tidak segera dibersihkan, yaitu:

1. Mesin Susah Menyala

Mesin mobil yang susah menyala bisa jadi mengindikasikan injektor yang kotor. Akibat kotoran yang menumpuk, distribusi bahan bakar menjadi tidak sempurna yang akhirnya membuat mesin susah dinyalakan.

2. Mesin Sering Mati Tiba-Tiba

Kalaupun mesin sudah menyala, jangan kaget jika di tengah jalan mesin mati tiba-tiba. Lagi-lagi, hal ini dikarenakan penyaluran bensin dari tangka bahan bakar menuju mesin terhambat akibat kotoran yang menumpuk.

3. Knalpot Mengeluarkan Asap Pekat

Normalnya, knalmpit mobil tidak mengeluarkan asap. Namun, apabila injektor mobil Anda bermasalah, dalam hal ini kotor, maka biasanya knalpot akan mengeluarkan asap pekat saat dikendarai.

4. Mobil Mogok

Pada kasus yang sudah parah, mobil Anda bahkan tidak bisa dinyalakan sama sekali alias mobil mogok. Hal ini dikarenakan kotoran yang menumpuk pada injektor sudah terlalu banyak sehingga menyebabkan bahan bakar tidak bisa tersalurkan sama sekali.

Itu dia cara membersihkan injektor mobil beserta informasi terkait yang penting untuk Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Lindungi Mobil Kesayangan Anda dengan Asuransi Terbaik!

Pastikan mobil Anda terlindungi asuransi mobil terbaik dan terpercaya. Temukan asuransi mobil all risk dan total loss only (TLO) sesuai kebutuhan Anda dengan premi yang lebih murah hanya di Cekpremi.com,  dan dapatkan diskon 25% plus extra cashback 10%!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

promo november