Perlu Diwaspadai, Ini Penyebab Mobil Goyang Saat Kecepatan Tinggi

Jul - 25
2021
penyebab mobil goyang saat kecepatan tinggi

Perlu Diwaspadai, Ini Penyebab Mobil Goyang Saat Kecepatan Tinggi

Mobil limbung atau mobil yang bergoyang ke kanan-kiri saat dikendarai pada kecepatan tinggi menandakan bahwa ada yang tidak beres pada kendaraan. Kebanyakan orang tidak mengetahui penyebab mobil goyang saat kecepatan tinggi. Padahal kendala tersebut sangat mengganggu kenyamanan dan bahkan mengancam keamanan berkendara.

Mobil yang sudah lama digunakan tentu bisa mengalami beberapa kendala. Apalagi jika tidak dilakukan perawatan dan pengecekan secara rutin, mobil bisa mengalami beberapa masalah teknik hingga kerusakan komponen. Hal tersebut bisa menjadi lebih parah jika Anda sebagai pemilik mobil, tidak mengetahui tips perawatan kendaraan yang benar.

Saat ada kerusakan yang terjadi pada komponen mobil, Anda harus segera menangani hal tersebut. Kendala pada mobil yang tidak ditangani dengan tepat dapat menyebabkan gangguan kenyamanan hingga keselamatan berkendara. Salah satunya adalah mobil yang bergoyang saat dikendarai pada kecepatan tinggi.

Semua kendala yang Anda temukan atau rasakan ketika berkendara bisa jadi diakibatkan oleh kerusakan pada salah satu atau beberapa komponen mobil. Untuk mengetahui penyebab mobil goyang saat kecepatan tinggi, berikut ini ulasan 5 penyebab yang perlu Anda waspadai.

5 Penyebab Mobil Goyang Saat Kecepatan Tinggi

penyebab mobil tidak stabil

1. Terjadi Kerusakan Pada Mesin

Kondisi mesin yang bergetar dapat membuat mobil baru sekalipun akan terasa oleng ketika dikendarai. Pemicunya dapat dikarenakan proses pembakaran yang kurang sempurna diakibatkan kombinasi yang tidak seimbang antara udara dan bahan bakar yang ada di dalamnya. Selain itu, bisa juga disebabkan oleh tekanan bahan bakar yang ada di ruang bakar tidak memadai. Anda bisa mengeceknya dengan melihat langsung kondisi aki dan busi kendaraan. Pastikan jika tidak terdapat percikan api pada kedua komponen tersebut.

Kerusakan pada mesin juga dapat dikarenakan komponen EM yang sudah lama digunakan. Apalagi jika anda sering melakukan akselerasi serta deselerasi yang terlalu sering dan secara tiba-tiba maka hal ini dapat mengakibatkan EM bekerja terlalu ekstra terutama dalam menahan gerakan yang diakibatkan mesin kendaraan.

2. Rem Yang Terlalu Keras

Rem mobil dapat berubah hingga mengalami perubahan bentuk seperti gelombang seiring dengan pemakaiannya. Rem mobil yang sudah lama digunakan bisa menimbulkan getaran yang kuat ketika diinjak pedal remnya. Rem mobil yang bergetar ini bisa menyebabkan mobil terasa seperti bergoyang ketika dikendarai.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda akan sangat disarankan untuk segera mengganti kampas rem dengan yang baru. Pilihlah kampas rem yang mempunyai tekstur yang cukup lunak. Hindari untuk menggunakan kampas rem yang keras karena hal ini dapat merusak piringan cakram.

3. Permukaan Ban Mobil Sudah Tidak Mulus

Penyebab mobil goyang saat kecepatan tinggi lainnya adalah karena kondisi ban mobil yang sudah tidak mulus lagi seperti masih baru. Hal ini juga menjadi penyebab utama mengapa mobil terasa goyang saat dikendarai dalam kecepatan tinggi. Misalnya saja terdapat benjolan pada ban mobil diakibatkan karena menghantam benda yang cukup keras dalam kecepatan tinggi sehingga menimbulkan gelombang yang ada di bagian luar ban.

Untuk memperbaiki hal ini maka sebaiknya segera ganti ban mobil anda jika dirasa kondisinya sudah kurang begitu baik. Selain itu penting untuk melakukan perawatan pada ban mobil untuk mencegah kondisi tersebut terjadi pada mobil anda. Sangat mudah, anda hanya perlu untuk mengemudikan mobil dengan baik dan benar. Rawat dengan rutin terutama proses balancing dan spooring. Selain itu juga tekanan ban mobil agar tetap ideal.

4. Kerusakan pada Axle

Kerusakan pada axle terbilang jarang terjadi, namun demikian tidak menutup kemungkinan bisa terjadi. Axle merupakan komponen mobil yang berfungsi untuk menyalurkan tenaga menuju roda. Axle bisa mengalami kerusakan pada kondisi mobil yang jarang digunakan. Selain itu, axle juga bisa rusak jika mobil sering digunakan berkendara di jalanan yang rusak parah. Maka, Anda perlu mengetahui cara merawat mobil sehingga bisa menjaga umur pakai kendaraan Anda.

5. Kerusakan Pada Velg

Tekanan angin pada ban yang kurang atau di bawah standar dapat membuat velg menjadi rusak. Hal ini karena velg mengalami tabrakan dengan batu maupun lubang jalanan dan bisa menyebabkannya penyok atau bahkan robek. Jika hal tersebut dibiarkan maka mobil bisa bergoyang saat dikendarai. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mengganti dengan velg yang baru.

Setelah mengetahui penyebab mobil goyang saat kecepatan tinggi, sekarang Anda bisa menentukan cara memperbaiki yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Jangan lupa untuk menambahkan fitur asuransi kendaraan untuk mengantisipasi terjadinya kerugian finansial yang tidak diharapkan di masa mendatang. Dapatkan tawaran menariknya hanya di Cekpremi.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi mobil cekpremi