Refreshing Low Budget, Terapkan 7 Tips Liburan Hemat Ini!

Jul - 25
2021
liburan backpacker

Refreshing Low Budget, Terapkan 7 Tips Liburan Hemat Ini!

Tuntutan pekerjaan dewasa ini membuat banyak orang menjadi mudah terserang stress atau burn out. Kondisi yang penat dan stress bisa menurunkan performa atau kinerja Anda selama melakukan pekerjaan. Tidak hanya bekerja di kantor saja, rutinitas sehari-hari sebagai ibu rumah tangga atau berbagai profesi lainnya juga bisa menimbulkan kepenatan dan stress. Liburan sering kali terkendala biaya, namun jangan khawatir karena ada tips liburan hemat yang bisa Anda ikuti.

“Mungkin Anda butuh piknik.” Komentar tersebut ada benarnya juga. Piknik atau pergi berlibur saat ini sudah menjadi bagian dari kebutuhan pokok banyak orang. Piknik atau liburan bisa membuat badan menjadi lebih rileks, dan pikiran menjadi lebih santai. Berjalan-jalan ke tempat wisata bisa menjadi salah satu pilihan liburan menarik yang bisa Anda lakukan.

Liburan ala backpacker menikmati waktu untuk bersantai dan berwisata dengan budget minimalis tapi bisa membantu Anda meredakan kepenatan dan menjeda beberapa saat dari rutinitas harian. Untuk Anda yang ingin memiliki pengalaman berlibur hemat dan menyenangkan yuk, simak beberapa tips liburan hemat berikut ini!

Tips Liburan Hemat Ala Backpacker

tips liburan hemat

1. Lakukan Survey Lokasi Liburan

Hal penting pertama yang wajib Anda lakukan agar bisa menghemat budget liburan adalah rajin-rajin melakukan survey lokasi tujuan liburan Anda melalui review orang lain atau testimoni di internet. Liburan menyenangkan tidak harus pergi ke luar negeri. Banyak lokasi berlibur yang menarik dan indah di Indonesia. Dimanapun Anda akan menghabiskan waktu untuk berlibur, pastikan Anda sudah melakukan survey melalui media sosial maupun pendapat teman sebagai referensi awal.

Survei ini berguna untuk memastikan bahwa destinasi liburan Anda memang cocok dengan ekspektasi Anda tentang liburan. Dengan melakukan survey , Anda bisa menentukan kisaran budget yang Anda butuhkan untuk berlibur ke lokasi yang menjadi tujuan Anda. Anda bisa mengetahui apakah ada diskon atau promosi yang bisa menambah hemat pengeluaran Anda. Pastinya, dengan melakukan survey terlebih dahulu, Anda bisa merencakan perjalanan Anda dan meminimalisir risiko kehilangan uang untuk hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Booking dari Jauh Hari

Setelah membuat rencana perjalanan berdasarkan survey yang sudah Anda lakukan, Anda bisa menentukan transportasi dan kebutuhan lainnya. Anda bisa mulai memesan tiket pesawat atau memesan tiket paket liburan hemat sesuai budget yang ditawarkan dari jauh hari. Beberapa pos pengeluaran seperti tiket transportasi, penginapan, hingga tiket tempat wisata di lokasi tujuan Anda bisa memberikan penawaran harga spesial yang lebih mudah jika melakukan pemesanan dari jauh hari.

3. Usahakan Pergi di Luar Musim Liburan

Saat musim liburan atau high season biasanya tempat-tempat wisata akan dipenuhi oleh para pengunjung dan membuat biaya transportasi hingga tiket masuk lokasi wisata menjadi lebih mahal jika dibandingkan dengan low season atau di luar waktu liburan. Oleh karena itu, jika Anda ingin berhemat saat liburan, sebaiknya lakukan liburan di luar musim liburan yakni bisa sebelum atau sesuai musim liburan. Selain menghemat biaya, Anda juga bisa menikmati liburan dengan lebih leluasa dan lebih nyaman karena tidak terlalu banyak pengunjung.

Baca juga: Mau Liburan Sambil Belajar? Ini Wisata Edukasi yang Bisa Dikunjungi!

4. Utamakan Kenyamanan

Hal penting lainnya yang perlu Anda ingat untuk mendapatkan liburan hemat adalah untuk lebih mementingkan kenyamanan dibandingkan kemewahan. Jangan sampai pula karena terlalu berhemat sehingga membuat Anda menjadi tidak nyaman. Meskpun liburan mewah dan murah sekarang ini juga banyak ditawarkan, namun pastikan budget Anda masih bisa menanganinya dan tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. Intinya, ingat, kenyamanan lebih utama daripada kemewahan.

5. Bawa Uang Tunai

Dengan membawa uang tunai, Anda menjadi lebih mudah mengontol pengeluaran selama liburan. Anda bisa mengecek berapa uang yang tersisa sehingga membuat Anda menjadi lebih sadar akan penggunaan uang. Jika Anda mengkhawatirkan keamanan, maka bawa uang tunai secukupnya saja dan bawa kartu kredit bisa atau lainnya sebagai cadangan.

6. Mencatat Pengeluaran Selama liburan

Mencatat pengeluaran bisa membuat Anda lebih sadar akan pengeluaran selama liburan. Lakukan pencatatan hingga pengeluaran terkecil sekalipun. Hal ini bisa menekan kemungkinan Anda untuk menghabiskan uang dengan tanpa disadari dan membuat liburan Anda menjadi mahal.

7. Cermat dalam Berbelanja

Ketika liburan, pastinya ada ingin berbelanja. Kegiatan satu ini bisa menjadi sumber pengeluaran terbesar saat liburan jika tidak dikendalikan. Membeli oleh-oleh, souvenir sebagai kenangan momen liburan, dan lain-lain merupakan post pengeluaran tidak terduga yang bisa membuat liburanmu menjadi mahal. Bijaklah dalam berbelanja, tentukan prioritas utama Anda untuk berbelanja yang murah tetapi tetap berkualitas.

Nah, itu tadi tips liburan hemat dan menyenangkan yang bisa Anda coba. Dengan membuat rencana perjalanan dan rencana pengeluaran yang matang, Anda bisa mendapatkan liburan menyenangkan low budget.

Baca juga: 5 Kegiatan Menarik yang Bisa Dilakukan Ketika Liburan di Rumah. Cobain Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *