7 Tips Pindah Rumah Efektif dan Efisien, Jangan Lupa Decluttering

Jul - 30
2021
tips pindah rumah

7 Tips Pindah Rumah Efektif dan Efisien, Jangan Lupa Decluttering

Pindah rumah bisa jadi aktivitas paling merepotkan apabila tidak mengetahui cara efektif menghemat tenaga dan waktu untuk pindahan. Banyak hal yang harus diperhatikan selama melakukan persiapan pindah rumah sehingga Anda perlu mengetahui tips pindahan rumah yang efektif. Tidak hanya urusan pekerjaan, urusan domestik dalam rumah justru tantangan berat selama akan pindah.

Hal penting yang tidak terlewatkan selama proses pindahan adalah packing. Ini juga termasuk kegiatan paling menyebalkan. Tidak hanya menguras tenaga, seringkali sifat perfeksionis membuat proses packing barang menjadi lebih rumit. Meninggalkan barang-barang yang sudah lama menemani kita memang perkara sulit. 

7 Tips Pindah Rumah Agar Efektif dan Efisien

 

tips packing pindahan

1. Rencanakan Kepindahan Anda

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat rencana kepindahan yang rinci dan dapat diikuti. Tahap ini bisa dinyatakan dengan membuat daftar barang yang akan dibawa, yang ingin dibawa, dan yang harus dibawa. Sebelum melakukan pengepakan barang, Anda bisa membuat sistem penomoran agar ketika memasukkan barang menjadi lebih mudah, lebih cepat, dan tidak ada yang tertinggal.

2. Pisahkan Dokumen Penting

Beberapa dokumen penting akan semakin sulit diurus ketika hilang atau rusak dibandingkan cara mendapatkannya. Proses pindah rumah menuntut Anda untuk melakukan banyak sekali packing yang pasti menguras tenaga. Terkadang, dokumen menjadi tidak begitu diperhatikan dan dimasukkan begitu saja saat pengepakan. Padahal hal ini bisa mengancam dokumen menjadi rusak. Untuk mencegah dokumen penting menjadi rusak, Anda bisa mengepaknya di tempat yang berbeda. Misalnya dengan menyatukan semua dokumen penting dalam lembar file portofolio agar tidak tercecer. 

3. Gunakan Perabotan yang Lebih Besar Untuk Penyimpanan

Perabotan rumah yang bisa diandalkan sebagai tempat penyimpanan alternatif saat pindah rumah adalah lemari pakaian. Perabotan ini sangat cocok untuk barang berukuran besar dan ringan seperti selimut, bantal, dan sprei, serta pakaian yang perlu tetap digantung.

4. Packing Jauh Hari Sebelum Tanggal Pindah Rumah

Nah, ini tidak boleh sama sekali terlupakan. Anda bisa memperhatikan kalendar manual maupun kalender google sebagai pengingat waktu untuk melakukan persiapan pindah rumah. Karena banyak barang yang harus dikemas untuk dipindahkan, ada baiknya Anda mulai mencicil mengemas pakaian atau barang lainnya yang sekiranya tidak terlalu sering dikeluarkan atau digunakan. 

Baca juga: Rumah Split Level? Simak Kelebihan dan Kekurangannya Disini!

5. Decluttering

Decluttering saat ini sangat umum digunakan. Coba lihat saja, ketika hendak pindahan pasti merasa bingung karena tidak ada ruang. Berapa banyak barang yang sudah tidak kamu lihat dalam setahun, tiba-tiba saat membersihkan lemari dan gudang barang tersebut muncul?

Tanyakan pada dirimu apakah setelah pindah rumah kamu akan memakai barang tersebut atau tidak. Cobalah untuk menjual barang yang tidak kamu pakai lagi atau mendonasikannya. Barang seperti buku, pakaian bekas yang masih layak pakai, atau tas yang tak kamu pakai lagi bisa kamu donasikan atau jual kembali saat pindah rumah. Pindah rumah membantumu untuk menghasilkan uang dan membantu sesama.

6. Kardus Bekas Untuk Packing

Ketika pindahan, Anda sangat membutuhkan kardus untuk menjadi tempat untuk menyimpan barang. Tempatkan barang-barang secara terorganisir pada kardus-kardus tersebut agar mudah juga ketika proses unpack. 

7. Jangan Menambah Stok Bahan Makanan

Tips selanjutnya adalah tidak berbelanja dan memborong makanan basah selama 7 hari. Bahan makanan yang tidak habis dalam sekali makan, bisa disimpan untuk keperluan yang lain.  Usahakan untuk tidak mengisi kulkas secara berlebihan seminggu sebelum pindah rumah. Masaklah secukupnya. Jika persedian sudah habis, kamu bisa pesan makan dari luar untuk sementara waktu sampai hari pindah rumah tiba.

Nah, itu tadi 7 tips pindah rumah yang efektif dan efisien. Melakukan decluttering sebelum pengepakan barang untuk pindahan pasti sangat meringankan beban dan stress. Semoga bermanfaat, ya!

Baca juga: Lebih Modern, Ini Inspirasi Model Ventilasi Udara di Atap Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *