Syarat dan Cara Klaim Asuransi Banjir untuk Mobil

Ketika musim hujan, Anda harus melindungi mobil Anda dari banjir agar tidak rusak. Nah, CekPremi mempunyai satu solusi agar tabungan dan dana darurat Anda tidak terkuras ketika banjir yang membuat mobil Anda harus masuk bengkel, yakni asuransi banjir untuk mobil. Berikut persyaratan dan cara klaimnya.

Syarat Klaim Asuransi Banjir untuk Mobil

syarat klaim asuransi banjir mobil

Sebelum Anda mengajukan klaim, pahami terlebih dahulu persyaratannya berikut ini.

  • Polis asuransi dalam bentuk asli dan fotocopy
  • Fotocopy SIM dan STNK
  • Formulir klaim yang sudah diisi dengan lengkap dan ditandatangai
  • Kronologi kejadian secara tertulis
  • Foto-foto kerusakan yang tidak di-edit atau dibuat-buat
  • Siapkan biaya klaim atau biaya yang ditanggung sendiri untuk klaim yang Anda ajukan. Biasanya biaya klaim ini berkisar Rp250 ribu sampai Rp300 ribu,

Cara Klaim Asuransi Banjir untuk Mobil

cara klaim asuransi mobil banjir

Klaim asuransi banjir untuk mobil hampir sama seperti klaim asuransi mobil pada umumnya. Selama pengajuan klaim yang kamu lakukan memenuhi persyaratan yang tertera dalam polis, perusahaan asuransi akan memenuhinya.

1. Pastikan Polis Asuransi Mobil Dilengkapi Proteksi Banjir

Saat ini asuransi mobil standar tersedia dalam beberapa pilihan asuransi mobil Total Loss Only (TLO) atau asuransi mobil All Risk atau komprehensif.
Dua jenis asuransi mobil tersebut tidak otomatis dilengkapi dengan proteksi terhadap bencana banjir. Oleh sebab itu, sebelum mengajukan klaim, Anda perlu memastikan apakah polis asuransi mobil sudah dilengkapi dengan manfaat perluasan (rider) berupa proteksi dari bencana ini.

2. Segera Hubungi Pihak Asuransi, Maksimal 72 Jam

Jika sudah pasti mobil Anda memiliki proteksi asuransi banjir, segera hubungi call center atau kantor penyedia asuransi untuk melaporkan kejadian.
Anda hanya perlu menyebutkan nomor polis dan informasikan kronologis kejadian termasuk posisi mobil ketika banjir terjadi.

Biasanya, polis asuransi memiliki batas waktu pelaporan klaim, misalnya maksimal 72 jam atau 5 hari pasca kejadian. Oleh karena itu, pastikan Anda tidak menunda pengajuan klaim agar tidak sampai terjadi gagal klaim.

3. Siapkan dan Lengkapi Dokumen Persyaratan

Sebagaimana langkah klaim pada umumnya, Anda harus memastikan pengajuan klaim asuransi banjir untuk mobil tersebut sudah dilengkapi dengan syarat administratif yang diminta seperti dokumen identitas diri pemegang polis, dokumen pengajuan klaim yang biasanya tersedia online di website penyedia asuransi, dan juga dokumen lain yang diminta.

4. Minta Bantuan Evakuasi

Anda juga bisa meminta bantuan evakuasi dari perusahaan asuransi untuk mencegah kerusakan mesin lebih fatal. Jangan memaksakan diri membawa mobil ke bengkel sendiri. Sebab, bila Anda kurang cermat, bisa-bisa tindakan Anda dinilai sebagai kesengajaan oleh pihak asuransi sehingga mempengaruhi validitas klaim.

5. Pastikan Tidak Ada Tindakan Curang

Meskipun mobil sudah memiliki proteksi kerugian akibat banjir, penyedia asuransi tidak akan mudah meloloskan sebuah klaim. Sebagai penyedia asuransi akan terlebih dulu menginvestigasi untuk memastikan kerusakan mobil yang terjadi adalah murni akibat kejadian banjir yang tak terduga dan bukan karena kesengajaan.

Jadi, supaya klaim Anda bisa diterima, pastikan Anda tidak melakukan hal-hal yang mengesankan kesengajaan seperti memaksa mobil menerobos genangan air, menyalakan mesin saat mobil sudah terendam banjir, dan sebagainya. Investigasi perusahaan asuransi bisa menemukan hal-hal seperti itu dan bisa mengancam validitas klaim Anda.

Daftar Perusahaan dan Produk Asuransi Banjir untuk Mobil Terbaik di Indonesia

asuransi mobil banjir terbaik

Berikut adalah pilihan perusahaan asuransi yang menawarkan produk-produk asuransi banjir untuk mobil:

1. ABDA

Produk asuransi mobil ABDA memberikan manfaat proteksi pada mobil. ABDA menawarkan dua pilihan jaminan produk asuransi mobil, yaitu asuransi kendaraan comprehensive (all risk) dan asuransi kendaraan total loss only (TLO).

Perlindungan TLO maupun Komprehensif dapat diperluas dengan jaminan:

  • Banjir, badai, angin topan
  • Gempa bumi, letusan gunung berapi, tsunami
  • Kerusuhan, pemogokan, perbuatan jahat orang lain
  • Terorisme dan sabotase
  • Kecelakaan Diri bagi Pengemudi maupun Penumpang
  • Tanggung jawab hukum pihak ketiga
  • ABDA Road Side Assistance

2. Zurich Insurance

Zurich Insurance memiliki produk unggulan salah satunya adalah asuransi Zurich Mobil Autocillin.

Zurich memudahkan pelanggannya dengan pelayanan terbaik untuk setiap produknya. Misalnya proses dan layanan yang tidak terlalu berbelit-belit lewat call center dan hotline yang mudah dihubungi.

Asuransi Mobil Autocillin memiliki dua jenis jaminan produk yakni TLO, Comprehensive, dan Comprehensive Plus. Untuk Asuransi Mobil Banjir, Anda dapat memilih Comprehensive Plus yang memberikan penggantian atas kerusakan atau kerugian sebagian maupun kerugian total dari kecelakaan, kebakaran, maupun pencurian.

3. Garda Oto

Asuransi mobil banjir juga disediakan oleh salah satu asuransi mobil terbaik, Garda Oto. Asuransi banjir yang ditawarkan Garda Oto merupakan perluasan jaminan atas jenis perlindungan yang sudah Anda ambil (TLO atau All Risk).

4. Allianz

Asuransi Mobil Allianz memiliki beberapa kelebihan, seperti layanan bantuan 24 jam melalui layanan darurat, memberikan penggantian jika mobil dicuri oleh supir pribadi, menyediakan perluasan jaminan terhadap risiko banjir sekaligus water hammer (kerusakan terhadap mesin kendaraan akibat kemasukan air), dan terdapat penggantian kerugian terhadap pihak ketiga.

Bengkel rekanan Asuransi Mobil Allianz tersebar luas di kota-kota besar seluruh Indonesia  Kemudian, proses klaimnya juga cepat, yaitu hanya butuh satu hari kerja saja agar kendaraan ditangani oleh bengkel rekanan.

5. AXA Mandiri

Asuransi Mobil AXA adalah produk asuransi mobil yang dimiliki oleh PT Asuransi AXA Indonesia. Adapun pertanggungan yang diberikan mencakup risiko kecelakaan, kebakaran, bencana alam, dan lain sebagainya dengan jaminan all risk dan TLO. Musim hujan tiba, takut mobil mogok karena banjir? Jangan khawatir, asuransi mobil dari Mandiri AXA General Insurance siap melindungi.

Selain itu Mandiri AXA General Insurance juga menyiapkan layanan derek, new for old (penggantian kehilangan mobil), penggantian kunci kendaraan sampai dengan penggantian tanggung jawab hukum pihak ketiga. Kini bisa beli dengan harga yang lebih terjangkau dengan cicilan 0%.

Setelah mengetahui asuransi banjir untuk mobil yuk, lindungi kendaraan Anda sebelum banjir datang dengan miliki asuransi mobil. Jika mobil Anda belum diproteksi asuransi, Anda bisa membeli asuransi mobil di CekPremi dengan harga premi terjangkau.

 

 

About Andini

Having experience 2 years as SEO Specialist and content writer. Contact me: andini.anissa@fuse.co.id

View all posts by Andini →