Simak Cara Membersihkan Lantai Vinyl agar Tetap Bersih dan Awet

Sep - 17
2021
cara membersihkan lantai vinyl

Simak Cara Membersihkan Lantai Vinyl agar Tetap Bersih dan Awet

Last Updated on September 17, 2021 by Rhandy Verizarie

Lantai vinyl dengan motif kayu banyak digemari karena dapat memberikan kesan ‘cantik’ pada interior rumah. Nah, buat Anda yang berencana ingin memasang lantai model ini, Anda juga harus tahu bagaimana cara membersihkan lantai vinyl yang benar agar senantiasa bersih dan awet.

Ya, membersihkan lantai vinyl agak sedikit berbeda dengan lantai keramik biasa. Simak penjelasannya berikut ini, yuk!

Cara Membersihkan Lantai Vinyl Kayu yang Benar

Lantai vinyl merupakan jenis lantai yang dipasang di atas lantai asli. Umumnya, lantai ini memiliki motif kayu. Banyak pemilik rumah atau bangunan lainnya yang memasang lantai vinyl dengan alasan untuk menambah estetika interior, mungkin termasuk Anda salah satunya.

Kendati tidak sekuat lantai keramik pada umumnya, lantai vinyl tetap bisa bertahan lama—sekitar 15-20 tahun—asalkan Anda rajin membersihkan dan merawatnya. Apa saja cara membersihkan lantai vinyl yang benar?

1. Bersihkan dengan Sapu

Sama seperti lantai keramik biasa, cara membersihkan lantai yang dilapisi vinyl pertama-tama adalah dengan menggunakan sapu. Menyapu lantai bertujuan untuk membersihkan debu dan kotoran lain yang menempel pada lantai.

Namun, sebaiknya pilih sapu yang bulunya halus agar tidak merusak vinyl. Dan, lakukan kegiatan ini setiap hari, utamanya di pagi dan sore hari.

2. Pel Setiap Hari

Setelah disapu, jangan lupa juga untuk membersihkan lantai dengan kain pel. Usahakan juga agar kain pel berbahan lembut sehingga tidak merusak lapisan vinyl.

Sementara itu, untuk cairan pembersih, Anda harus menyesuaikannya dengan lantai vinyl yang dipasang, apakah memiliki lapisan atau tidak. Jika memiliki lapisan seperti lilin, maka cara membersihkannya bisa dengan air hangat yang dicampur dengan deterjen.

Apabila lantai tidak memiliki lapisan, Anda bisa menggunakan cairan pembersih biasa atau yang sesuai dengan tipe lantai tersebut.

3. Jaga agar Lantai Tidak Terlalu Basah

Saat mengepel lantai, pastikan agar air yang digunakan tidak terlalu banyak. Pasalnya, hal ini dapat membuat vinyl jadi rusak, longgar, dan bergelombang.

Gunakan air secukupnya saat mengepel lantai. Peras kain pel terlebih dahulu sebelum digosok ke lantai.

Baca juga: Cara Membersihkan Lantai Keramik Kasar dengan Bahan-Bahan Dapur

4. Gunakan Vacuum Cleaner

Cara membersihkan lantai vinyl selanjutnya agar senantiasa bersih dan terawat adalah dengan menggunakan vacuum cleaner. Ya, kendati sudah disapu dan dipel, kemungkinan masih ada kotoran yang tertinggal di atas lantai.

Itu sebabnya, ada baiknya jika Anda juga kembali membersihkannya menggunakan vacuum cleaner.  Hal ini utamanya dilakukan di malam hari sebelum Anda dan keluarga menghentikan aktivitas untuk beristirahat.

5. Gunakan Shampoo

Apabila Anda sering menggunakan semprotan pengharum ruangan, maka dropletnya pasti akan jatuh dan menempel pada lantai. Ini juga bisa merusak lantai vinyl, lho.

Nah, cara membersihkan sisa cairan semprotan pada lantai vinyl bisa dengan menggunakan shampoo. Caranya, campurkan air hangat dengan shampoo secukupnya. Kemudian, pel lantai dengan air campuran tersebut secara merata.

Jika sudah selesai, keringkan lantai dengan kain kering yang lembut dan bersih.

6. Sediakan Keset

Setelah melakukan cara-cara untuk membersihkan lantai vinyl di atas, jangan lupa juga untuk melakukan langkah meminimalisir kotoran pada lantai.

Bagaimana caranya? Anda bisa memasang keset di area-area tertentu, misalnya seperti pintu masuk. Karpet berfungsi untuk menyaring kotoran pada alas kaki seperti sandal dan sepatu saat Anda baru dari luar rumah.

Itu dia informasi mengenai tips membersihkan lantai vinyl yang bisa Anda terapkan. Tidak sulit, bukan? Semoga bermanfaat!

 

Lindungi Aset Properti Anda Mulai dari Sekarang!

Dapatkan perlindungan terbaik untuk properti Anda dari asuransi properti terbaik dan terpercaya. Bandingkan dan tentukan asuransi properti yang sesuai dengan kebutuhan Anda hanya di Cekpremi.com.

Tersedia banyak asuransi properti dengan premi terjangkau mulai dari Rp 80 ribu-an saja! Yuk, lindungi properti Anda mulai dari sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

asuransi properti cekpremi