8 Rekomendasi Asuransi Gigi, Lengkap dengan Cara Klaimnya!

Sep - 29
2021
asuransi gigi

8 Rekomendasi Asuransi Gigi, Lengkap dengan Cara Klaimnya!

Last Updated on September 29, 2021 by Andini

Asuransi biasanya digunakan untuk melindungi sebuah aset barang berharga seperti mobil dan properti. Namun tidak hanya itu asuransi juga dapat melindungi kesehatan yang merupakan sebuah aset paling berharga dalam kehidupan seseorang. Biasanya asuransi kesehatan didalamnya sudah mencakup asuransi gigi.

Banyak orang yang masih menganggap kesehatan gigi tidaklah terlalu penting, padahal jika gigi rusak biaya yang dibutuhkan cukuplah mahal. Maka dari itu peran asuransi di sini sangatlah penting. Nah bagi kalian yang sedang mencari rekomendasi asuransi gigi terbaik, yuk simak pembahasan lengkapnya di bawah ini:

Definisi asuransi gigi

Sesuai dengan namanya, asuransi ini menanggung berbagai biaya perawatan gigi. Biasanya mencakup perawatan dasar, kompleks dan pemasangan gigi palsu. Tidak hanya itu, jika kalian memilih produk asuransi gigi yang bagus biasanya biaya seperti perawatan gigi berlubang, implan dan perawatan gigi tanggal juga akan ditanggung.

Apa asuransi gigi itu penting?

Jika kalian bertanya penting atau tidak, tentunya sangat penting agar kalian terhindar dari biaya tidak terduga yang muncul dari perawatan gigi.

Bayangkan saja jika gigi kalian berlubang dan tidak segera diberikan perawatan lubang akan bertambah besar dan tentunya akan mengganggu aktivitas sehari-hari bukan? Maka dari itu memproteksi gigi dengan perlindungan asuransi sangatlah penting agar jika terjadi kerusakan, gigi bisa segera dirawat.

2 kategori asuransi gigi

Sebelum mengetahui jenis-jenisnya, mari kita simak apa saja dua kategori asuransi gigi:

1. Asuransi kesehatan + gigi

Biasanya di kategori ini sudah termasuk ke dalam satu paket produk asuransi kesehatan. Jadi jika kalian membeli asuransi kesehatan, biasanya di dalam produk itu sudah terdapat pula produk asuransi gigi.

2. Polis stand alone

Nah di kategori polis stand alone, produk asuransi gigi biasanya dijual terpisah dari produk asuransi kesehatan. Bagi kalian yang sudah memiliki asuransi kesehatan namun belum terdapat produk asuransi gigi di dalamnya, kami rekomendasikan untuk membeli polis stand alone.

3 jenis asuransi gigi

1. Asuransi gigi perawatan dasar

Di jenis asuransi perawatan dasar, hal-hal seperti penambalan gigi berlubang, pembersihan karang gigi, perbaikan akar gigi dan pencabutan gigi akan ditanggung di jenis perawatan dasar.

2. Asuransi gigi perawatan kompleks

Jenis satu ini cocok sekali bagi orang tua, dikarenakan biasanya masalah gigi pada lansia membutuhkan tindakan operasi. Di asuransi perawatan gigi kompleks, biaya operasi ataupun pembedahan semuanya akan ditanggung.

3. Asuransi pemasangan gigi palsu

Biasanya dari pihak asuransi akan memberikan pertanggungan bila ada surat rekomendasi dari dokter terkait penggunaan gigi palsu. Maka dari itu untuk jenis asuransi satu ini kalian diwajibkan untuk mendapat surat rekomendasi terlebih dahulu.

8 rekomendasi asuransi gigi terbaik di tahun 2021

1. Allianz SmartHealth Maxi Violet

Merupakan asuransi kesehatan yang didalamnya memberikan pula paket produk asuransi gigi. Perawatan gigi yang diberikan meliputi:

  • Perawatan gigi dasar
  • Perawatan gigi kompleks
  • Perawatan gigi palsu
  • Rawat gigi untuk pencegahan (maks 2 kunjungan/tahun)
  • Rawat jalan dan rawat gigi darurat karena kecelakaan

2. Cigna Senyum Sehat

Biaya premi: Mulai dari Rp 280 ribu/bulan 

Cigna menawarkan produk khusus untuk asuransi gigi yang menawarkan berbagai keunggulan seperti pembayaran cashless dan Cigna memiliki 700 rekanan rumah sakit untuk memudahkan kalian mendapatkan perawatan.

Manfaat dari Cigna Senyum Sehat:

  • Perawatan dasar
  • Pencegahan (pembersihan karang gigi)
  • Perawatan kompleks
  • Perawatan gigi akibat kecelakaan
  • Diskon jika belanja di klinik rekanan (khusus produk kesehatan gigi)
  • Diskon pembayaran premi sebesar 10% untuk pembayaran setahun

3. AXA Mandiri Kesehatan Prima

AXA Mandiri Kesehatan Prima merupakan produk asuransi kesehatan yang juga memberikan manfaat perlindungan pada gigi. Manfaat yang ditawarkan adalah:

  • Biaya perawatan gigi dasar
  • Biaya perawatan gigi kompleks

4. Jagadiri Jaga Senyumku

Biaya premi: Rp 88 ribu/bulan

Jaga Senyumku merupakan produk asuransi stand alone yang menawarkan produk asuransi yang khusus untuk memberikan perlindungan bagi gigi. Hanya dengan biaya premi sebesar 88 ribu setiap bulannya, kalian bisa mendapatkan manfaat sebagai berikut:

  • Manfaat perawatan pencegahan pada gigi
  • Perawatan gigi karena kecelakaan
  • Pembersihan karang gigi
  • Pencabutan gigi
  • Konsultasi dokter gigi

5. Danamon Dental

Biaya premi: Rp 140 ribu/bulan 

Memiliki manfaat pertanggungan hingga Rp 10 juta per tahun membuat produk asuransi ini banyak diminati. Berikut adalah berbagai manfaat yang bisa kalian dapatkan:

  • Perawatan dasar gigi
  • Perawatan kompleks gigi
  • Pemasangan gigi palsu

6. BNI Dental Insurance Plan

Biaya premi: Rp 148 ribu – Rp 211 ribu/bulan 

BNI Dental Insurance Plan memberikan penawaran berupa santunan hingga 100% untuk setiap tindakan yang berguna untuk meredakan rasa nyeri pada gigi.

Santunan hingga 80% untuk berbagai tindakan preventif seperti perawatan gigi rutin, dan juga biaya pencabutan gigi.

7. Asuransi kesehatan Jasindo

Merupakan jenis produk asuransi kesehatan yang memberikan manfaat asuransi gigi juga di dalamnya. Manfaat yang diberikan dari Jasindo adalah sebagai berikut:

  • Perawatan dasar gigi
  • Perawatan kompleks gigi

Kelebihan utama dari asuransi kesehatan satu ini adalah kalian bisa langsung datang ke rumah sakit tanpa rujukan dokter.

8. BRI Life Simply Healthcare

Biaya premi: mulai dari Rp 227 ribu/bulan

Merupakan produk asuransi kesehatan yang memberikan manfaat perlindungan pada gigi di dalamnya. Terdapat banyak sekali rekanan rumah sakit dan sistem klaim cashless merupakan keunggulan utama dari produk ini.

Manfaat yang diberikan berupa:

  • Perawatan dasar gigi
  • Perawatan kompleks gigi

Bagaimana cara klaim asuransi gigi?

Ada 2 cara yang bisa kalian lakukan untuk klaim tanggungan asuransi gigi yaitu secara cashless (non tunai) dan reimburse (tunai). Klaim cashless hanya bisa dilakukan di rumah sakit rekanan, sebaliknya reimburse biasanya dapat dilakukan di rumah sakit non rekanan asuransi.

1. Cashless

Cukup menunjukkan kartu asuransi untuk menikmati perawatan di rumah sakit rekanan. Sangat simpel dan proses nya juga cepat. Pihak rumah sakit akan melakukan verifikasi terlebih dahulu apakah plafon biaya masih mencukupi atau tidak.

2. Reimbursement

Hanya berlaku di rumah sakit non rekanan. Sistem satu ini cukup memberatkan karena pasien diharuskan membayar secara mandiri terlebih dahulu. Disamping itu kalian juga harus memperhitungkan sendiri biaya plafon apakah masih mencukupi atau tidak.

Jika tidak cukup maka biaya reimburse yang diberikan oleh pihak asuransi tidak akan sepenuhnya menutupi biaya perawatan.

Tips membeli asuransi gigi yang berkualitas

Dikarenakan banyak pilihan produk, tentunya kalian bingung mana yang bagus bukan? Maka dari itu simak tips memilih asuransi gigi yang berkualitas di bawah ini:

1. Perhatikan total biaya tanggungan yang diberikan

Pastikan jumlah premi per bulan yang kalian bayar sebanding dengan total biaya tanggungan yang diberikan ya! Bandingkan dari berbagai pilihan produk asuransi untuk mendapatkan gambaran yang jelas.

2. Perhatikan metode klaim biaya tanggungan

Sebisa mungkin kalian memilih asuransi yang memberikan fitur cashless karena lebih menguntungkan dan simpel. Sebagaimana yang sudah dijelaskan sebelumnya, cashless lebih menguntungkan dibanding reimburse.

3. Cek kembali kebijakan Renewal Guarantee

Renewal Guarantee sendiri merupakan komitmen sebuah perusahaan asuransi agar tetap memberikan biaya kesehatan meski sudah mendekati akhir masa kontrak.Pastikan kalian memilih produk asuransi yang memberikan renewal guarantee yang jelas ya!

Pertanyaan mengenai asuransi gigi

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan:

1. Apakah biaya pemasangan dan perawatan behel gigi ditanggung?

Pada umumnya biaya untuk kecantikan gigi seperti behel tidak ditanggung. Ada beberapa produk yang memberikan pertanggungan atas itu, namun biasanya biaya premi yang harus dibayarkan lebih mahal.

2. Apakah biaya cabut gigi bungsu ditanggung?

Hal ini sudah termasuk ke dalam biaya perawatan kompleks gigi. Sebuah asuransi gigi memiliki manfaat perawatan kompleks seperti biaya operasi gigi bungsu sudah ditanggung.

3. Dimana saya dapat membeli asuransi gigi?

asuransi cekpremiKalian bisa mengunjungi situs Cekpremi untuk mendapatkan berbagai penawaran menarik terkait produk asuransi kesehatan. Cukup masukkan data seperti email dan nomor handphone kalian setelah itu sales kami akan menghubungi kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *