WOW! Ternyata begini Teknologi Sepeda Motor Tercanggih di Dunia

Aug - 07
2021
teknologi sepeda motor tercanggih

WOW! Ternyata begini Teknologi Sepeda Motor Tercanggih di Dunia

Dunia ini semakin hari menjadi semakin canggih. Kadang kita merasa berbagai barang yang ada pada film fantasi science fiction hanyalah karangan biasa. Namun semakin hari, banyak teknologi yang tercipta sebagaimana yang ada pada film. Termasuk juga sepeda motor yang saat ini juga sudah semakin canggih hingga memberikan gambaran kendaraan yang futuristic. Alat transportasi motor mulai berinovasi terus. Berbagai pabrikan diharuskan menciptakan produk yang atraktif dan berfokus pada penampilan dan teknologinya. Simak teknologi sepeda motor tercanggih berikut ini.

1. Motoroid Yamaha

Motoroid Yamaha

Kendaraan bermotor ini merupakan kombinasi teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence) dan motor listrik. Saking canggihnya, motor ini bisa menyeimbangkan diri tanpa bantuan. Paket baterai penyeimbang dan swing arm belakang, memungkinkan sang kuda besi berdiri tegak.

Selain itu, fitur pengenalan wajah juga sudah dikembangkan dan memungkinkan agar motor tersebut dapat diakses layaknya smartphone. Motoroid bisa digunakan sebagai kendaraan otonomus maupun untuk ditunggangi. Produksi prototype motoroid sudah diuji oleh Valentino Rossi. Motoroid dapat bergerak dan bermanuver serta berakselerasi dengan baik selayaknya sang legenda motoGP tersebut.

2. Honda V4

Honda V4

Konsep motor Honda V4 terbilang unik karena kedua rodanya tidak menggunakan velg konvensional yang menyatu pada tromol dan as roda melainkan menggunakan velg dengan desain menggantung ke bodi motor.

Ban motor tertutup rapat oleh mobil yang menyatu hingga ke tanah. Selain itu, fork dan shockbreaker belakang motor Honda V4 juga tidak terlihat karena dibungkus oleh bodi secara keseluruhan. Motor Honda yang canggih ini tidak mengumumkan secara pasti mengenai spesifikasi mesinnya.

Motor ini bukan versi konsep, produksi prototipenya bahkan sudah diadu dengan Valentino Rossi, dan hasilnya menakjubkan. Ia mampu bergerak, bermanuver dan berakselerasi layaknya sang legenda hidup MotoGP.

3. RMK E2

RMK E2 teknologi sepeda motor tercanggih

Sebuah perusahaan yang bergerak di industri sepeda motor asal Finlandia menjadikan jenis motor RMK E2 sebagai konsep motor sport bike dengan sistem penggerak yang unik. Meskipun namanya memberi kesan seperti masih versi konsep, namun motor canggih ini sudah dalam bentuk prototype sebagaimana motoroid.

Kendaraan roda dua ini dilengkapi dengan roda belakang yang merupakan sistem penggerak dengan tenaga listrik terintegrasi. Motornya berada di dalam pelek, memungkinkan mereka membenamkan baterai besar di tengah dengan sistem pengecasan yang apik. Alhasil, jarak tempuhnya mencapai 200-300 km dari kondisi baterai penuh. Tenaga yang dihasilkan pun besar, yakni mencapai 68 dk dan torsi 320 Nm. Mengecasnya hanya butuh 2-3 jam saja.

Baca juga: Coating Motor, Apa Manfaat dan Kelebihannya?

4. Zec00

 

Zec00 teknologi sepeda motor canggih

Motor hasil rancangan perusahaan desain asal Tokyo, Jepang Znug Design Inc. ini memberikan konsep motor listrik drag yang cukup radikal. Bentuknya sekilas mirip dengan kendaraan milik Batman di film The Dark Knight. Motor ini sudah dikembangkan sampai prototype dan sudah beredar dan terus dikembangkan hingga sekarang.

Motor ini mampu menembus batas 200 km/jam. Demi mengakomodir kecepatan, sistem kendali pun tidak lagi mengandalkan fork di roda depan, melainkan swing arm yang bisa bergerak miring untuk bermanuver. Menurut beberapa pihak yang sudah menguji prototype motor ini mengatakan bahwa kendaraan roda dua ini sangat stabil dan asyik dikendarai. Bobot total mencapai 280 kg tidak mempengaruhi kecepatannya. Desain motor juga menampilkan model sport yang elegan.

5. BMW Vision Next 100

BMW vision Next 100

Tampilan motor ini sangat mencerminkan produk dari masa depan. Motor ini menjadi bagian program visioner BMW sebagaimana namanya yang sangat visioner. Struktur rangka dan suspensinya, menyatu dalam sebuah sistem sasis yang fleksibel.

Elektrifikasi pada motor ini sudah terintegrasi, dan tidak ada fork maupun swing arm yang digantikan oleh peranti fleksibel yang dapat menyesuaikan dengan kondisi. Desain yang sangat modern membuatnya tampak benar-benar sebagai kendaraan dari masa depan.

Motor ini memiliki kemampuan self balancing yang mirip dengan Yamaha Motoroid. Selain itu, aplikasi baterai dan generator dengan proporsi selayaknya Moge BMW.

6. Kawasaki J Concept

Kawasaki J Concept

Motor ini mencerminkan kendaraan masa depan yang bertenaga besar. Konsep yang ditunjukkan cukup sederhana, dengan 3 roda bertenaga listrik, Kawasaki tidak main-main dalam mendesain motor yang kencang.

Tawaran utama dari J-Concept, kemampuannya menyajikan performa dalam keseimbangan manuver yang superior. Motor ini bisa dikendarai dengan aman di sirkuit maupun touring jarak jauh layaknya roadster. Roda depan berjumlah dua, memungkinkan potensi itu tersaji. Wheelbase yang panjang, turut mengakomodir potensinya untuk berakselerasi dengan singkat. Sayang, tak ada keterangan lanjut dari Kawasaki. Maklum, konsepnya masih dalam format digital.

Teknologi sepeda motor tercanggih akan terus berkembang dan selalu ada hal baru yang tercipta. Dengan teknologi secanggih apapun, kendaraan tetap harus dirawat dan dijaga dengan maksimal.

Baca juga: Steering Damper, Aksesoris Stang Motor Untuk Tingkatkan Performa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi mobil cekpremi