10 Tips Interview Kerja Online Untuk Dapatkan Pekerjaan Impian

Sep - 07
2021
interview online

10 Tips Interview Kerja Online Untuk Dapatkan Pekerjaan Impian

Interview merupakan salah satu bagian terpenting saat melamar pekerjaan atau beasiswa. Interview kerja menjadi tahap untuk mengenal lebih jauh tentang profil si pelamar kerja apakah sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan atau tidak. Sebagai pelamar kerja pasti ingin memberikan yang terbaik agar dapat lolos dan mendapatkan pekerjaan impian seperti terangkum dalam tips interview kerja di bawah ini.

Di masa pandemi seperti ini, semua hal harus dilakukan secara online sehingga memberikan tekanan yang lebih untuk para pelamar kerja dalam menjalani proses interview. Hal ini karena bukan ada tantangan teknis yang harus dipastikan juga oleh para pelamar pekerjaan.

Tips Interview Kerja Secara Online Untuk Dapatkan Kerjaan Idaman

tips interview kerja online

  1. Bayangkan Anda Berada Dekat Pewawancara Atau HRD

Hal utama saat interview biasanya adalah kontak mata saat berbicara. Karena jarak menjadi issue utama interview secara online, maka sebaiknya Anda bayangkan sedang berada di dekat HRD agar memunculkan keseriusan dan memberi kesan bahwa Anda benar-benar menginginkan pekerjaan tersebut.

  1. Hindari Penjelasan yang Berbelit

Walaupun dilakukan secara online, gugup saat interview tetap bisa dirasakan. Hal ini akan berimbas pada cara Anda saat menjawab pertanyaan HRD. Tips untuk Anda adalah menjawab pertanyaan dengan jelas, padat, dan tepat. Usahakan tidak berbelit saat menjawab agar mudah dimengerti.

  1. Tunjukan Bahwa Anda Mampu Bekerja Tim

Tips interview kerja selanjutnya adalah tunjukan pada pewawancara bahwa Anda merupakan seorang pribadi yang kooperatif dan sangat mampu bekerja dalam tekanan dan bekerja tim. Hal ini merupakan poin utama agar perusahaan yakin untuk mempekerjakan Anda.

  1. Hindari Berpikir Terlalu Lama

Saat menjawab pertanyaan, usahakan jangan terlalu lama berpikir. Hal ini akan mengukur seberapa jauh kemampuan berpikir cepat Anda. Karena setiap pekerjaan selalu memiliki masalah, berpikir cepat merupakan hal dasar yang harus Anda miliki saat bekerja.

  1. Jawab dengan Diplomatis dan Tidak Muluk-Muluk

Tips interview selanjutnya adalah dengan memberikan jawaban yang diplomatis dan cerdas, jangan memberikan jawaban yang muluk-muluk. Percuma memberikan jawaban yang besar dan tidak sesuai dengan realita dan kemampuan Anda. Berikan jawaban yang memang sesuai realita dengan cara yang sangat diplomatis. Hal ini juga akan memberi pertimbangan HRD tentang kemampuan Anda dalam berkomunikasi.

Baca juga: WFH Terus Takut Sering Rebahan? Ini Tips Produktif Selama Pandemi

  1. Jangan Pernah Membongkar Aib Tempat Kerja Sebelumnya

Ini penting sekali untuk diingat bahwa agar sukses menghadapi interview kerja adalah dengan tidak membongkar aib pekerjaan sebelumnya, terutama tempat Anda bekerja. Hal ini akan menunjukan bagaimana Anda bisa memegang rahasia besar yang berkaitan dengan banyak orang.

  1. Pastikan Laptop atau Gadget Berfungsi

Hal teknik seperti fungsi laptop atau gadget yang memadai dan mendukung akan sangat memperlancar situasi interview. Pastikan alat atau media yang digunakan berfungsi dengan baik. Jangan sampai di tengah masa wawancara, gadget yang digunakan rusak dan mempengaruhi pekerjaan Anda.

  1. Pastikan Koneksi Internet Stabil

Karena online sangat bergantung pada koneksi jaringan, maka sebaiknya Anda menggunakan wifi atau koneksi internet yang memiliki jaringan stabil. Selain agar lancar dan nyaman saat menyimak, jaringan internet yang baik akan mempengaruhi kualitas jawaban. Semakin rileks dan minim beban kekhawatiran akan membuat Anda lebih santai dan menjawab lebih baik ketika interview.

  1. Tetap Berpenampilan Sopan

Walaupun dilakukan secara jarak jauh dan secara online, Anda harus tetap berpenampilan sopan. Gunakan pakaian selayaknya akan melakukan interview kerja, menggunakan kemeja dan dasi. Jangan sampai karena interview online dan jarak jauh, Anda menggunakan pakaian seenaknya. Karena pakaian juga dapat menunjukan bagaimana karakter seseorang sebenarnya.

  1. Gunakan Pencahayaan yang Cukup

Hal ini juga akan mempengaruhi HRD atau pewawancara dapat melihat Anda dengan jelas. Jika Anda memilih tempat dengan pencahayaan yang kurang, hal tersebut akan menyulitkan pewawancara melihat Anda dalam layar. Jika perlu, gunakan kamera tambahan agar kualitas gambar baik dan dengan pencahayaan yang cukup.

Nah itu tadi tips interview kerja baik secara online maupun offline. Memastikan kendala teknis seminimal mungkin menjadi hal paling penting untuk menambah kepercayaan diri Anda saat mengikuti interview kerja. Jarak dan interaksi yang tidak langsung tetap bisa diatasi dengan persiapan matang agar kualitas diri Anda tetap terpancarkan dan berhasil mendapatkan pekerjaan tersebut. Good luck!

Baca juga: Contoh Rencana Bisnis yang Bisa Anda Jadikan Referensi Bikin Usaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *