7 Penyebab Kulkas Tidak Dingin, Lengkap dengan Solusinya!

Sep - 21
2021
penyebab kulkas tidak dingin

7 Penyebab Kulkas Tidak Dingin, Lengkap dengan Solusinya!

Last Updated on September 21, 2021 by Andini

Kulkas sudah menjadi perangkat rumah tangga yang wajib untuk dimiliki. Tanpa adanya kulkas, makanan bisa cepat basi dan akibatnya kalian perlu mengeluarkan uang banyak untuk membeli bahan makanan yang segar. Kulkas yang tidak dingin seringkali menjadi masalah yang sering dialami. Jika kulkas tidak dingin tentunya makanan akan cepat basi dan akhirnya malah mubazir. Yuk simak 7 penyebab kulkas tidak dingin lengkap dengan solusinya di artikel ini!

7 penyebab kulkas tidak dingin

– Menyimpan makanan yang masih panas ke dalam kulkas

Penyebab pertama adalah karena makanan yang masih panas disimpan ke dalam kulkas. Hal ini menyebabkan suhu di kulkas mengikuti suhu makanan tersebut. Usahakan agar suhu makanan yang disimpan sudah mengikuti suhu ruangan agar kulkas bebas dari kerusakan.

– Freon kulkas habis

Penyebab umum lainnya adalah karena freon yang habis, kalian bisa mengeceknya dengan memegang bagian belakang kulkas yang berdekatan dengan grill kulkas. Jika saat dipegang tidak terasa panas, maka itu tandanya freon perlu diganti. Kalian bisa menghubungi tukang servis kulkas yang ada di daerah kalian masing-masing.

Baca juga artikel kami lainnya:

7 Cara Ampuh Menghilangkan Karat, Mudah untuk Dicoba!

– Bunga es yang sudah menebal

Bunga es yang tebal akan menutupi lubang angin pada bagian dalam kulkas. Jika lubang angin tertutupi, maka otomatis kulkas akan tidak dingin dan bisa saja komponen kulkas lainnya akan ikut rusak.

Bersihkan dengan cara mematikan kulkas dan tunggu hingga bunga es mencair, dan kalian bisa membuang air di ember ataupun di tampungan yang terdapat di bagian belakang kulkas. Usahakan agar kalian membersihkan bunga es secara rutin ya!

– Produk kulkas yang sudah gagal dari awal pembelian

Pastikan juga kalian cek kondisi kulkas sebelum kalian membawa kulkas pulang ke rumah kalian. Cek kondisi kulkas saat dinyalakan apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Cobalah untuk memutar suhu dan rasakan apakah kulkas sudah berfungsi sebagaimana mestinya.

– Stop kontak yang rusak

Aliran listrik yang tidak tersalur dengan baik tentunya membuat kulkas tidak dingin. Coba cek mulai dari kabel kulkas jika saat dicolok ke stop kontak yang lain dan kulkas berfungsi dengan baik itu tandanya terdapat kerusakan pada stop kontak kalian.

– Usahakan agar posisi kulkas jauh dari peralatan yang panas

Jika posisi kulkas dekat dengan kompor ataupun alat yang bisa menghasilkan panas lainnya kulkas bisa cepat rusak dan tidak dingin. Jauhkan kulkas dari peralatan tersebut, maka kulkas kalian dijamin akan berfungsi dengan baik.

– Letak kulkas terlalu rapat dengan tembok

Kulkas yang diletakkan terlalu rapat dengan tembok akan membuat kulkas tidak dingin karena aliran udara tersumbat. Pastikan kalian memberi jarak antara kulkas dengan tembok agar kulkas tetap dingin ya!

Biaya Servis Kulkas

Berikut akan kami tampilkan kisaran biaya servis untuk sebuah kulkas:

DAFTAR HARGA SERVICE KULKAS
Jasa Harga
Biaya Kunjungan dan Pengecekan* Rp 75.000,-
Biaya Jasa Service dan Pergantian Sparepart Rp 100.000,-
Ganti Filter, Pentil, Isi Freon, Flushing (1 Pintu) Rp 250.000,-
Ganti Filter, Pentil, Isi Freon, Flushing (2 Pintu) Rp 350.000,-
Las Per Titik Rp 70.000,-

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi covid