10 Tips Jualan di Instagram untuk Pemula, No. 9 Wajib Anda Lakukan

Jul - 26
2021
tips bisnis online

10 Tips Jualan di Instagram untuk Pemula, No. 9 Wajib Anda Lakukan

Perkembangan teknologi semakin hari semakin pesat. Aktivitas yang biasa dilakukan secara langsung saat ini bisa dilakukan melalui internet. Apalagi di masa pandemi covid-19 seperti saat ini, kita dituntut untuk berada di rumah terus dan melakukan segala aktivitas secara daring. Media sosial saat ini juga banyak digunakan untuk belajar, menambah informasi melalui berita, hingga menjadi toko online. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahuin tips jualan di Instagram ataupun toko online.

Banyak akun penjual yang berhasil mendapatkan keuntungan besar melalui promosi dan berjualan melalui akun instagram. Sebagai pemula, Anda juga bisa mengikuti jejak mereka. Ada beberapa hal yang bisa membantu Anda dalam berjualan online melalui instagram. Hal-hal sederhana yang sering kali terlewat berikut ini harus benar-benar Anda perhatikan agar mendapatkan engagement yang lebih baik. Berikut ini ulasannya.

10 Tips Jualan di Instagram untuk Pemula

tips jualan di instagram

1. Buat Bio yang Sesuai

Bio instagram adalah wajah toko Anda. Bio yang baik berisi informasi yang ringkas dan padat serta menjelaskan produk atau layanan bisnis yang Anda tawarkan. Jangan lupa untuk menggunakan nama akun yang mudah ditemukan oleh pengguna sesuai dengan target Market Anda. Jika memiliki media sosial lain atau website, Anda juga bisa menambahkan link-nya di bio Anda untuk menunjukkan profesionalitas.

2. Posting Secara Rutin

Kunci mendapatkan engagement yang baik di media online khususnya instagram adalah dengan posting secara rutin sehingga kemungkinan postingan Anda muncul di beranda follower menjadi lebih tinggi. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan jadwal posting. Jika Anda menggunakan instagram bisnis, Anda bisa mengecek insight akun Anda dan melihat jadwal aktivitas terbanyak di akun Anda. Dengan menyesuaikan waktu posting, Anda bisa mendapatkan engagement yang lebih tinggi.

3. Membuat Desain Postingan yang Menarik

Kunci instagram ada visual yang menarik. Buatlah desain yang mencirikan produk atau jasa dan layanan Anda sehingga pengguna lainnya bisa mudah dalam mengenali bisnis Anda. Desain yang menarik bisa membuat pengguna mengunjungi profil dan menambah engagement Anda. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan foto dan video sebagai postingan dengan tetap mempertahankan ciri khas bisnis Anda. Anda juga bisa memanfaatkan fitur terbaru instagram untuk menyesuaikan dengan target audiens Anda.

4. Buat Caption yang Lengkap dan Menarik

Tidak hanya visual desain, foto, dan video, Anda juga harus memperhatikan caption pengisi postingan. Pastikan caption yang Anda gunakan menarik, dan mendorong interaksi dengan para pengguna. Caption tidak perlu panjang, asalkan memuat informasi penting yang harus diketahui oleh pengguna seperti spesifikasi produk, harga, atau penjelasan lain yang menurut Anda relevan.

5. Menggunakan Hashtag yang Relevan

Hashtag merupakan salah satu yang bisa dibilang krusial dalam mempromosikan suatu usaha atau postingan di dalam platform Instagram, dan tentunya strategi penggunaannya akan sangat perlu anda perhatikan. Anda bisa menggunakan hashtag sebanyak-banyaknya, tetapi perlu diingat bahwa menggunakannya terlalu banyak dan tidak relevan dengan postingan anda malah tidak akan memberikan hasil yang memuaskan. Akan lebih baik jika Anda menggunakan hashtag yang se-spesifik mungkin sehingga saat ada yang mencari hashtag tersebut anda akan dengan mudah muncul dikarenakan persaingannya sedikit.

Baca juga: Mulai Bisnis Kala Pandemi, Begini Cara Mendapatkan Modal Usaha dari Pemerintah

6. Pilih Endorser yang Tepat

Selain membuat iklan secara langsung di instagram, anda juga dapat membayar endorser yang biasanya berasal dari kalangan selebgram atau influencer untuk mempromosikan produk dan layanan anda. Pastikan anda tidak asal-asalan memilih endorser, karena mereka nantinya akan mempromosikan produk anda kepada followers mereka. Pastikan mereka memiliki followers yang sesuai dengan audiens dari produk dan layanan anda.

7. Testimoni Pelanggan

Ada pelanggan atau pembeli yang meninggalkan testimoni yang baik? Jangan lupa untuk di screenshot dan posting di akun Instagram untuk bisnis anda karena itu akan lebih meyakinkan bagi para calon pelanggan yang belum pernah menggunakan produk atau layanan anda sebelumnya.

8. Lakukan Soft Selling

Meskipun akun bisnis Instagram tersebut digunakan untuk berjualan, sebaiknya anda tidak terlalu kelihatan berjualan, yaitu gunakan bahasa-bahasa yang tidak terkesan menawarkan produk meskipun sebenarnya anda sedang menawarkannya. Berjualan dengan teknik ini disebut juga soft-selling, yaitu menjual tetapi tidak terang-terangan atau to the point mengajak pembaca untuk membeli. Anda bisa melakukan edukasi atau berbagai sedikit cerita mengenai permasalahan umum yang bisa dialami tanpa produk Anda.

9. Berikan Promo Menarik

Anda bisa membuat promosi untuk menarik lebih banyak pelanggan. Misalnya memberikan potongan harga saat followers mencapai 10rb. Tidak hanya potongan harga, anda juga bisa mengadakan kontes berhadiah menarik seperti kontes foto atau video yang akan diposting di Instagram, atau mengadakan kuis tebak-tebakan berhadiah, atau kegiatan lainnya sesuai dengan kreatifitas dan anggaran anda.

10. Berinteraksi dengan Audiens

Jangan lewatkan kesempatan untuk berinteraksi dengan audiens, baik yang menjadi followers ataupun tidak, dalam bentuk merespons pertanyaan-pertanyaan yang diberikan dengan ramah dan cepat, entah mereka pada akhirnya akan membeli atau tidak. Anda harus memiliki kesabaran yang tinggi di sini, namun jika Anda melakukannya, Anda bisa mendapatkan respon yang lebih baik dari pelanggan ke depannya.

Itu tadi 10 tips jualan di instagram untuk pemula yang bisa Anda lakukan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Baca juga: Bisa Tambah Uang Jajan, Ini 5 Ide Bisnis Online Tanpa Modal Untuk Pelajar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi covid