13 Cara Ampuh yang Terbukti Menghilangkan Kurap Sampai ke Akar

cara menghilangkan kurap sampai ke akar

Last Updated on December 10, 2021 by Andrian

Kurap yang menempel pada kulit tentunya sangat mengganggu. Biasanya ciri utama kulit yang terinfeksi kurap adalah kulit menjadi kemerahan, bersisik dan terasa sangat gatal. Jika kalian merasakan gejala yang tadi sudah disebutkan, sebaiknya kalian segera atasi sebelum kurap menjalar ke bagian tubuh yang lain. Nah di artikel ini kami akan membahas apa saja cara yang bisa kalian lakukan untuk menghilangkan kurap sampai ke akar-akarnya! Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini ya!

Cara menghilangkan kurap yang terbukti ampuh

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan dengan mudah untuk membasmi kurap yang mengganggu:

1. Kunyit

Menurut penelitian Biomed Research International, kunyit memiliki kandungan antijamur dan antiradang yang ampuh untuk menghilangkan kurap pada kulit.

Campurkan bubuk kunyit dengan air ataupun minyak kelapa, lalu aduk hingga mengental. Oleskan pada bagian kulit yang terkena kurap dan diamkan hingga mengering. Lakukan hal ini hingga kurap hilang dari kulit.

2. Minyak kelapa

Memiliki kandungan antijamur dan antimikroba membuat minyak kelapa terbukti ampuh menyembuhkan infeksi kurap pada kulit. Asam lemak yang terdapat pada minyak juga terbukti ampuh membunuh sel jamur.

Hangatkan minyak kelapa di microwave, jika sudah hangat oleskan pada bagian kulit yang gatal sebanyak 3 kali sehari. Lakukan hal ini berulang hingga kurap hilang dari kulit.

3. Lidah buaya

Penelitian yang dilakukan oleh Journal of Dermatology membuktikkan bahwa kandungan antibakteri, antijamur dan antivirus yang terdapat pada lidah buaya dapat menyembuhkan infeksi kurap pada kulit.

Oleskan gel dari lidah buaya selama 3-4 kali sehari, lakukan hal ini setiap hari hingga kulit sembuh dari kurap.

4. Tea tree oil

Tea tree oil pastinya sudah terbukti dapat menyembuhkan berbagai penyakit pada kulit termasuk kurap. Oleskan tea tree oil pada bagian kulit yang terkena jamur kurap. Lakukan hal ini sebanyak 3 kali sehari agar bisa mendapatkan efek yang maksimal.

5. Cuka apel

Kandungan antijamur yang terdapat pada cuka apel juga terbukti dapat menyembuhkan kurap pada kulit. Oleskan cuka apel pada kulit sebanyak 3 kali sehari agar bisa mendapatkan efek yang maksimal.

6. Akar manis

Selain sering digunakan sebagai bahan pembuat kue, akar manis juga dapat menyembuhkan penyakit kurap loh! Rebus 3 sendok akar manis dengan air hingga mendidih aduk hingga mengental. Jika sudah mengental diamkan sampai dingin lalu oleskan pada kulit yang terinfeksi kurap. Lakukan hal ini sebanyak 2 kali sehari.

Baca juga: 10 Manfaat Jahe Merah Bagi Kesehatan, Ampuh Tangkal Covid!

7. Minyak sereh

Minyak sereh memang sudah dikenal sebagai bahan yang mampu membunuh berbagai macam jamur tanpa terkecuali jamur kurap. Campurkan beberapa tetes minyak sereh dengan minyak pembawa. Oleskan ke kulit sebanyak 2 kali sehari hingga kulit sembuh dari kurap.

8. Minyak oregano

Sama dengan minyak sereh, cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan minyak oregano dengan minyak pembawa. Oleskan pada bagian kulit yang gatal sebanyak 3 kali sehari hingga kurap hilang.

9. Salep antijamur

Selanjutnya adalah dengan menggunakan salep dari apotek. Gunakan salep yang mengandung clotrimazole, miconazole, terbinafine, dan ketoconazole. Oleskan pada kulit yang gatal sebanyak 2 kali sehari selama 2-4 minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

10. Air Garam

Cara selanjutnya yang kami rekomendasikan adalah dengan air garam. Siapkan wadah yang berisi air hangat dan tuangkan 1/2 cangkir garam ke dalamnya.

Aduk hingga merata dan usapkan garam ke bagian kulit yang terinfeksi kurap, diamkan selama 5-10 menit untuk hasil yang maksimal.

11. Bawang Putih

Bawang putih memang terkenal karena dapat membasmi jamur seperti Candida. Torulopsis, Trichophyton dan Cryptococcus.

Cara menggunakannya adalah dengan menumbuk bawang putih hingga halus. dan oleskan bawang putih yang sudah ditumbuk ke bagian kulit yang terkena kurap.

Oleskan sebanyak 3 kali sehari dan diamkan selama 2 jam untuk hasil yang maksimal.

12. Ekstrak Biji Grapefruit

Meskipun belum ada penelitian yang berhasil membuktikkan keampuhan ekstrak biji grapefruit, namun cara ini layak dicoba.

Caranya adalah dengan mencampurkan satu sendok ekstrak biji grapefruit dengan air putih lalu oleskan ke bagian kulit yang terinfeksi kurap. Oleskan sebanyak 2 kali sehari.

13. Obat minum

Tidak cukup jika hanya menggunakan salep, kalian juga harus menggunakan obat minum. Biasanya dokter akan menganjurkan obat griseofulvin, terbinafine, dan itraconazole. Konsumsi selama 1-3 bulan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Pastikan biaya berobat terlindungi dengan adanya asuransi!

asuransi cekpremi

Kesehatan merupakan hal termahal yang ada di dalam hidup seseorang. Jika tubuh terkena penyakit tentunya bisa menghalangi aktivitas-aktivitas kita, oleh karena itulah biasanya biaya berobat tidaklah murah.

Kalian bisa mendaftarkan diri kalian ke BPJS untuk keringanan biaya berobat, namun BPJS sayangnya tidak memberikan akses ke semua obat yang tersedia di dunia medis, oleh karena itu pastikan juga untuk mendaftarkan diri kalian ke asuransi kesehatan milik swasta! Kalian bisa mendapatkan keuntungan yang tidak kalian dapatkan dari BPJS loh.

Pilih dan bandingkan berbagai produk asuransi kesehatan yang terpercaya hanya di Cekpremi.