Sensor Mundur Mobil Bunyi Terus? Kenali Penyebabnya

sensor mundur mobil bunyi terus

Kehadiran sensor mundur pada mobil sangatlah membantu pengemudi yang masih belajar parkir. Sayangnya bukan hal aneh lagi jika sensor mundur mobil bunyi terus yang mengakibatkan terganggunya konsentrasi saat mengemudi.

Seringkali ketika sensor bunyi pengemudi memilih untuk mematikannya, namun jika tidak segera diperbaiki sensor lama kelamaan akan cepat rusak. Apa yang sebaiknya pemilik mobil dilakukan dalam keadaan ini, kenapa pula sensor mundur ini sering berbunyi?

asuransi mobil

Penyebab Sensor Mundur Mobil Bunyi Terus dan Solusinya

Sensor mundur pada mobil sebenarnya adalah fitur canggih yang semakin sering diterapkan pada mobil keluaran terbaru. Teknologi ini akan memberikan tanda akan jarak objek dengan mobil agar tidak mengalami benturan.

Biasanya sensor mundur mobil bunyi terus ketika sudah sering digunakan dan ada beberapa perawatan yang terlewatkan oleh pemilik kendaraan. Kemungkinan penyebab berikut inilah yang perlu dipahami:

  • Cat Body Menutupi Sensor

Apakah Anda baru saja mengecat ulang body mobil? Jika iya, bisa jadi cat tersebut menutupi bagian sensor mobil. Akibatnya sensor selalu mendeteksi adanya objek lain yang dekat dengan mobil sehingga terus menerus berbunyi.

Hal ini bisa saja terjadi ketika Anda melakukan pengecatan tidak di bengkel profesional. Solusinya adalah dengan membersihkan cat yang menutupi sensor agar bisa bekerja dengan normal kembali.

  • Terdapat Kotoran yang Menempel di Sensor

Selain cat, kotoran seperti pasir, lumpur juga mudah menempel dan berkerak pada sensor. Kotoran ini mudah menempel karena letak sensor yang ada di bumper belakang. Ketika hujan kotoran seperti lumpur tentunya akan mengotori bumper termasuk sensor mundur.

Anda yang jarang mencuci mobil pasti akan sering mengalaminya. Cara mengatasinya hanya perlu dengan rajin mencuci mobil. Selain sensor bekerja kembali dengan normal, tampilan mobil Anda pun juga akan lebih indah.

  • Aliran Listrik ke Sensor yang Terganggu

Jika sensor mundur mobil bunyi terus reset bisa jadi penyebabnya adalah gangguan aliran listrik. Sensor mundur pada mobil bekerja karena adanya aliran listrik dari aki. Ketika aliran listrik terganggu karena daya listrik dari aki rendah atau terdapat korsleting karena kabel yang rusak maka sensor akan terus berbunyi.

Solusinya hanyalah dengan mencari tahu sumber kerusakan aliran listrik. Jika masalah ada pada daya tampung pada aki melemah Anda harus menggantinya. Begitu juga ketika kabel listrik yang rusak harus diganti dengan yang baru.

  • Instalasi Kabel Sensor yang Buruk

Anda yang memasang sensor mundur di bengkel dengan teknisi tidak kompeten berpotensi mengalami masalah ini. Instalasi kabel sensor adalah hal yang sangat penting karena berpengaruh pada aliran listrik dan ketahanan dari sensor.

Pada saat sensor mundur mobil bunyi terus, ada baiknya Anda mengecek instalasinya. Jika memang tidak baik maka harus segera memperbaiki dan mengganti kabel yang kemungkinan rusak atau putus.

  • Kerusakan pada ECU Sensor Mundur

Engine Control Unit merupakan sistem kontrol mesin kendaraan yang ada di mobil-mobil terbaru. Pada saat ECU ini rusak maka fungsi sistem pada mobil secara keseluruhan tidak akan berfungsi. Pengaruhnya bisa pada sensor mundur mobil bunyi terus manual atau justru mati.

Rusaknya ECU sensor ini hanya bisa diperbaiki di bengkel resmi. Pastikan saja Anda menginformasikan tipe kerusakan dengan benar sehingga teknisi akan memperbaiki dengan tepat.

  • Kerusakan pada Switch Sensor Mundur

Tidak hanya instalasi kabel, kerusakan juga bisa disebabkan bagian switch sensor mundur. Kebanyakan sensor mundur yang sudah lama digunakan sering mengalami kerusakan di bagian switch ini.

Jangan khawatir jika rusak karena Anda masih bisa menggantinya dengan yang baru di bengkel resmi. Apabila suara cukup mengganggu maka cara mengecilkan suara sensor parkir adalah dengan perangkat lunak yang terhubung ke sensor. Perangkat ini biasanya juga bisa digunakan untuk mematikan sensor dari layar LCD di mobil.

3 Cara Merawat Sensor Mobil agar Tetap Awet

Perawatan yang tepat menjadi solusi agar sensor mobil Anda awet dan tidak mudah berbunyi terus menerus sehingga mengganggu konsentrasi. Berikut ini beberapa cara merawat yang mudah untuk diikuti:

  • Rajin Mencuci Mobil Khususnya setelah Hujan

Sudahkah Anda mencuci mobil setelah hujan? Bahkan mobil baru saja digunakan untuk menerjang banjir. Membersihkannya adalah langkah perawatan penting yang harus diperhatikan. Semua kotoran yang menempel di body mobil dan menutupi sensor harus dihilangkan dengan air.

Mencuci mobil juga bisa menjaga kualitas cat mobil lebih awet. Anda pun akan percaya diri mengendarai mobil dalam kondisi bersih. Jangan lupa juga bersihkan area kabin agar mobil untuk meningkatkan kenyamanan pengemudi dan penumpang.

  • Hindari Menyemprotkan dengan Tekanan Udara atau Air Tinggi

Saat mencuci mobil Anda juga harus berhati-hati dalam menyemprotkan air maupun udara. Tekanan yang berlebihan apalagi diarahkan ke sensor bisa membuat sensitifitas sensor menjadi rusak. Bukan hal yang aneh lagi jika sensor akhirnya sering berbunyi.

Jika Anda mencuci mobil di salon sebaiknya meminta kepada pegawai salon agar tidak mengarahkan air ke bagian sensor terus menerus. Selain itu tekanan air yang tinggi juga berpotensi merusak lapisan cat pada mobil.

  • Rutin Mengecek Tegangan Listrik

Kapan terakhir kali Anda mengecek tegangan listrik pada mobil? Pengecekan ini berfungsi untuk mengetahui kondisi aki terbaru. Aki yang sudah tidak memiliki tegangan listrik sesuai bisa membuat sensor mundur mobil cepat rusak bahkan tidak berbunyi sama sekali.

Aki juga berperan besar untuk sistem kelistrikan mobil secara keseluruhan. Jika tidak dijaga akan membuat mobil sulit dinyalakan. Cek tegangan listrik ini dengan rutin servis mobil di bengkel resmi setidaknya enam bulan sekali.

Penting untuk mengetahui alasan sensor mundur mobil bunyi terus, cara mengatasi dan perawatannya. Langkah ini akan membantu Anda menjaga kondisi mobil agar tetap aman dan nyaman dikendarai setiap hari. Lebih aman dan nyaman lagi jika Anda juga sudah membeli asuransi mobil. Membeli asuransi mobil kini sudah menjadi hal wajib bagi pemilik kendaraan. Anda bisa memilih asuransinya langsung dengan mengunjungi laman Cekpremi.

Pengecekan jenis asuransi mobil yang tersedia di Indonesia dan membandingkannya bisa dilakukan gratis di Cekpremi. Anda bisa mendapatkan asuransi mobil yang sesuai kebutuhan dengan mudah. Yuk kunjungi Cekpremi sekarang.

Berikan proteksi pada mobil kesayangan kalian

asuransi mobil

Pastikan mobil baru kalian terlindung dari segala biaya resiko kerusakan dengan asuransi! Seluruh biaya kerusakan mobil akan ditanggung oleh produk asuransi mobil all risk! Selain itu juga kalian bisa menggunakan asuransi TLO (Total Loss Only) jika ingin premi dengan biaya yang lebih murah! Bandingkan dan pilih berbagai produk asuransi mobil terbaik dan terpercaya hanya di Cekpremi!

Simak Cara Membersihkan Jok Kulit Mobil yang Terbukti Ampuh!