10 Tips Memilih Aplikasi Pinjam Uang Online Terpercaya

tips memilih aplikasi pinjam uang online

Bagaimana cara memilih aplikasi pinjam uang online terpercaya? Ya, banyaknya aplikasi pinjam uang online, tentu membuat kita bingung untuk menentukan aplikasi mana yang tepat untuk mengajukan pinjaman atau kredit. Pasalnya, jika kita salah pilih nantinya malah bisa menyulitkan kita sendiri seperti bunga terlalu tinggi, denda keterlambatan bayar yang tidak kira-kira, dan bahkan hingga dikejar-kejar debt collector. Untuk itu, kali ini CekPremi mau membagikan tips cara memilih aplikasi pinjam uang online terpercaya. Apa saja tipsnya? Langsung saja simak artikel di bawah ini.

1. Terdaftar di OJK

Tips cara memilih aplikasi pinjam uang online terpercaya yang pertama adalah pilih pinjaman online yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Untuk melihat daftar aplikasi pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK, Anda bisa cek di sini. Sebab perusahaan fintech yang telah terdaftar dan diawasi OJK mengikuti prosedur dan tata cara yang berlaku, mulai dari cara penagihan, ketentuan besaran suku bunga pinjaman, denda, dan lain sebagainya.

2. Perhatikan Persyaratan yang Diminta

Sebelum Anda memilih aplikasi pinjaman uang online, Anda wajib membaca dan memahami persyaratan yang diminta pada umumnya.

Seperti KTP, KK, NPWP, Slip Gaji, dan buku tabungan. Kalau aplikasi pinjaman online tersebut meminta dokumen sertifikat tanah, kepemilikan kendaraan, dan lain sebagainya, lebih baik pilih aplikasi lainnya saja.

Tapi kalau misalnya aplikasi pijol tersebut meminta dokumen tersebut sebagai jaminan, Anda harus tanyakan juga apakah ada asuransi untuk jaminan itu.

3. Transparan atau Terbuka

Aplikasi pinjam uang online yang terpercaya juga harus transparan atau terbuka.

Maksud dari transparan adalah aplikasi pinjaman online wajib memberitahu dengan jelas dan transparan di depan, sebelum pinjaman disetujui terkait bunga, jatuh tempo, denda, dan biaya lainnya.

Jadi, sejak awal semua sudah jelas. Sebagai contoh, ada beberapa pinjaman online yang menyediakan kalkulator installment.

Nah, di situ Anda bisa mengetahui kalau misalnya Anda mau pinjam Rp2 juta, total biayanya berapa, bunganya berapa, tenornya berapa lama, dan sebagainya.

4. Mudah Cek Status Uang yang Dipinjam

Tips memilih aplikasi pinjam uang online terpercaya selanjutnya adalah Anda sebagai debitur (pihak yang meminjam) harus mudah mengecek status uang yang Anda pinjam.

Dalam aplikasinya, harus ada status pinjaman seperti total pinjaman, bunganya berapa, jatuh temponya kapan, dan lain sebagainya.

Hal tersebut harus Anda ketahui agar tidak dibohongi. Misalnya, belum tanggal jatuh tempo tapi pas Anda bayar malah dijatuhi denda telat bayar. Jadi, rugi di Anda kan kalau begitu.

5. Layanan Pelanggan Jelas dan Mudah Dihubungi

Aplikasi pinjam uang online yang Anda pilih juga wajib memiliki layanan pelanggan yang jelas dan mudah dihubungi.

Walaupun semua dilakukan secara online, namun kontak yang dapat dihubungi, dan alamat email wajib tersedia.

Dalam ketentuan OJK, penyelenggara kredit online wajib menyediakan layanan untuk menyelesaikan komplain nasabah.

Nah, kalau misalnya Anda menemukan layanan pinjaman online yang hanya menyediakan chatbot tanpa nomor telepon, sebaiknya yang ini jangan dipilih.

Pilih aplikasi pinjaman online yang memiliki nomor telepon pasti karena akan lebih mudah dihubungi jika ada masalah.

6. Coverage Area

Tips cara memilih aplikasi pinjam uang online terpercaya selanjutnya adalah pilih aplikasi pijol yang bisa beroperasi di seluruh Indonesia.

Pasalnya, ada beberapa fintech penyedia pinjam uang online yang masih beroperasi di beberapa kota saja. Kalau Anda mau memilih fintech pinjam uang online, pilihlah perusahaan fintech yang beroperasi di kota tempat Anda tinggal.

7. Banyak mendapat komentar bagus

Tips cara memilih aplikasi pinjam uang online yang selanjutnya adalah tentu aplikasinya harus mendapat komentar yang bagus di Google PlayStore. Kalau komentarnya bagus-bagus, aplikasi tersebut bisa menjadi pilihan Anda. Sedangkan kalau banyak komentar negatifnya sebaiknya langsung pilih aplikasi yang lain saja. Jangan mudah tergiur dengan iklan aplikasi pinjaman online cepat cair!

8. Pahami Jenis Pinjaman Online

Tak hanya menawarkan kemudahan, pinjaman online langsung cair punya banyak jenis varian produk. Berbagai jenis produk pinjaman online tanpa ribet meliputi:

  • Pinjaman dengan tenor harian
  • Pinjaman dengan cicilan
  • Pinjaman kepada merchant atau online yang berjualan di platform e-commerce
  • Pinjaman untuk melanjutkan pendidikan

Setelah menemukan jenis pinjaman uang online yang tepat untuk Anda, langkah selanjutnya memenuhi syarat dan ketentuan dari setiap produk pinjaman itu.

9. Pahami Cara Menghitung Bunga Pinjaman Online

Pinjaman online ada yang menawarkan tenor harian dan ada juga yang bulanan, tergantung fleksibilitasnya. Anda bisa mengajukan pinjaman selama 10 hari maupun 30 hari. Bila menggunakan masa pinjaman harian, Anda harus memperhatikan dua cara perhitungan bunga.

Pada aplikasi pinjaman online terpercaya seperti Kredivo, disediakan kalkulator untuk mengestimasi biaya cicilan Anda per bulannya.

10. Pinjam Sesuai Kemampuan

Meski menggunakan aplikasi peminjaman uang online yang terdaftar di OJK sekalipun, Anda harus menghitung besaran bunga cicilan perhari atau perbulan dan disesuaikan dengan pendapatan Anda per bulannya. Tujuannya untuk mengukur kesanggupan Anda untuk melunasinya.

Meminjam uang sesuai kemampuan akan membuat Anda bisa membayar tepat waktu dan tidak harus membayar denda keterlambatan sehingga skor BI Checking Anda tetap terjaga. Anda juga akan terhindar dari tindakan gali lubang tutup lubang dengan mengambil pinjaman lagi untuk menutup pinjaman yang lama.

Jangan tergoda dengan rayuan pinjam uang puluhan juta tanpa jaminan yang bisa membuat Anda terjebak pada bunga utang yang tinggi bila pelunasannya berlarut-larut.

Demikian tips memilih aplikasi pinjam uang online terpercaya dan terbaik yang bisa Anda pertimbangkan. Semoga artikel ini bermanfaat!