Tips Parkir Mobil yang Baik dan Benar Agar Kendaraan Selalu Terjaga

Jul - 29
2021
cara parkir mobil

Tips Parkir Mobil yang Baik dan Benar Agar Kendaraan Selalu Terjaga

Parkir mobil bagi sebagian orang yang tergolong baru bisa mengemudikan mobil sendiri merupakan tantangan yang sering kali menakutkan. Apalagi jika harus parkir di tempat yang sempit seperti di mall atau di parkiran perkantoran. Meskipun ada tukang parkir yang membantu mengarahkan, namun rasa takut menabrak mobil lain tetap ada. Jadi, Anda harus mengetahui tips aprkir mobil yang benar sebelum ke tempat ramai.

Mengurangi rasa takut bisa dilakukan dengan menambah pengetahuan atau ilmu. Agar dapat memarkirkan mobil dengan baik dan benar tanpa menabrak tiang pembatas, atau parkir di luar garis yang sudah dibuat, atau bahkan menyenggol mobil orang lain ketika sedang parkir, maka Anda harus waspada dan hati-hati. Selain itu engetahui cara parkir dan tips parkir mobil di segala medan juga perlu Anda pelajari untuk menambah rasa percaya diri. Berikut ini beberapa cara dan tips yang bisa Anda terapkan.

4 Tips Parkir Mobil yang Benar

1. Menilai Area Parkir

Langkah pertama parkir mobil yang benar adalah melakukan penilaian terhadap jarak area parkir mobil. Jika sudah, mundurlah pelan-pelan pastikan untuk memberi jarak yang cukup antara sisi belakang atau samping mobil agar kamu tidak kesulitan saat keluar dari mobil. Kemudian atur posisi mobil dengan benar dan kamu harus tahu kapan harus pindah transmisi gigi 1 atau gigi mundur dan tentunya saat menginjak rem.

2. Amati Keadaan Sekitar

Saat parkir, Anda juga harus mengamati keadaan sekitar melalui spion serta area bahu untuk memastikan keadaan di belakang mobil pada saat parkir. Jangan terlalu mengandalkan sensor parkir untuk memandu, sebab sensor tersebut seringkali tidak akurat. Hindari berhenti tiba-tiba pada saat mencari tempat parkir.

3. Cari Tempat Parkir yang Aman dan Luas

Ketika hendak parkir, mengemudilah secara hati-hati untuk mencari tempat parkir mobil yang aman dan lebih luas sehingga mobil tidak berdempetan dengan mobil lain.

4. Perhatikan Posisi Ban Mobil

Untuk keselamatan mobil, ternyata posisi ban saat parkir harus dibelokkan tergantung kondisi jalan tempat kita parkir: misalnya parkir di tanjakan/ parkir di jalan menurun. Cara parkir mobil yang membutuhkan teknik tertentu agar kita terhindar dari kecelakaan, berikut antara lain:

  • Posisikan ban dengan tepat (berbelok ke kanan/ ke kiri/ lurus)
  • Masukkan gigi yang tepat (jika jalan menurun masukkan gigi ke gigi mundur), jika jalan menanjak masukkan ke gigi 1, untuk mobil matic posisikan tuas transmisi ke P
  • Aktifkan hand rem (rem tangan sebutan yang tepat adalah rem parkir)
  • Ganjal jika perlu Parkir di jalan datar, posisikan ban lurus
  • Jika memarkir mobil di jalan yang datar memang sebaiknya Sahabat meluruskan ban depan, hal ini bertujuan untuk memberikan ruangan yang luas pada jalan seperti menutup kaca spion. Posisi ban yang lurus juga lebih memperlama usia power steering dibandingkan membelokkan ban saat parkir.

Selain mengetahui ketiga tips parkir mobil di atas, Anda juga harus mengetahui cara parkir mobil yang baik dan benar di segala medan. Hal ini agar Anda bisa menyesuaikan saat harus berhenti di area yang tidak umum seperti tanjakan atau di permukaan yang landai.

Tips dan Cara Parkir di Berbagai Area Permukaan

tips parkir mobil

Cara Parkir Tegak Lurus

Cara parkir mobil tegak lurus yang benar adalah dengan menyamakan posisi kaca spion mobil Anda dengan mobil di samping. Selain itu pastikan bumper depan mobil sudah dekat dengan pembatas area parkir di depan. Periksalah untuk memastikan agar sisi samping mobil Anda tidak tepat berada di atas garis pembatas area parkir.

Cara Parkir Miring

Parkir jenis ini termasuk yang paling mudah bahkan untuk pemula. Apalagi banyak ruang kosong yang mempermudah mobil masuk. Langkah yang pertama yang mesti dilakukan adalah sejajarkan arah mobil dengan garis parkiran. Selanjutnya pindahkan gigi R setelah itu lurus dalam posisi 45 derajat, dan mundur secara perlahan.

Parkir Paralel

Cara parkir paralel ini memang cukup rumit, namun jika sering berlatih akan semakin mahir. Pertama yang harus diperhatikan yakni ruang parkirnya. Perhatikan sudut bagian belakang mobil yang terparkir, jangan sampe tersenggol.

Masukkan gigi mundur (R), kemudian putar setir ke sisi arah tempat parkir. Mundurkan perlahan lalu putar kemudi sesuai ke arah yang ingin tuju usahakan kondisi mobil kita sejajar dengan yang di depan dan belakang ketika akan parkir mobil.

Parkir di Tempat Landai

Ketika di tempat landau, posisikan ban ke sisi kanan jika di terdapat halangan semacam gundukan atau trotoar di jalan agar dapat menjadi pengganjal apabila mobil mundur. Jika di pinggir jalan datar saja tanpa trotoar, maka belokkan ban ke arah kiri.  Hal ini agar saat secara tidak terduga mobil meluncur turun maka mobil tidak akan lurus ke bawah menabrak mobil lain. Mobil hanya akan berbelok ke kiri dan dia mencari keseimbangannya sendiri setelah berbelok, dan akan berhenti tepat 90 derajat.

Demikian tips parkir mobil dan cara parkir di berbagai medan jalan dengan baik dan benar. Untuk menjaga keamanan mobil, Anda juga bisa menambahkan asuransi kendaraan agar terhindar dari ancaman kerugian finansial yang tidak diharapkan. Dapatkan tawaran menariknya hanya di cekpremi.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi mobil cekpremi