3 Jalur Pendakian Gunung Gede yang Populer di Tahun 2021

Jul - 29
2021
jalur pendakian gunung gede

3 Jalur Pendakian Gunung Gede yang Populer di Tahun 2021

Gunung Gede merupakan gunung yang berlokasikan di Jawa Barat lebih tepatnya di Sukabumi. Gunung ini sendiri menyuguhkan pemandangan yang sangatlah indah dan asri. Maka dari itu banyak dari pendaki di Indonesia yang menjadikan gunung Gede sebagai salah satu gunung yang wajib dikunjungi. Nah bagi kalian yang tertarik untuk mengunjungi gunung Gede mari simak 3 jalur pendakian gunung Gede yang populer di tahun 2021 di artikel ini!

3 jalur pendakian gunung Gede

Berikut ini adalah 3 jalur pendakian yang bisa kalian pilih jika berkunjung ke gunung Gede:

1. Jalur Cibodas

Estimasi waktu pendakian: 7 -10 jam

Pertama ada jalur Cibodas yang merupakan jalur yang paling sering dilalui oleh para pendaki pemula maupun yang sudah berpengalaman. Jika melewati jalur ini kalian akan disuguhkan oleh pemandangan indah telaga biru, rawa gayonggong dan air terjun Panca Weuleuh. Di puncak gunung Gede itu sendiri kalian bisa melihat indahnya kawah Ratu, kawah Wadon, kawah Lanang dan kawah Baru.

Baca juga: Naik ke Pucak Tertinggi Jawa Barat, Ini 4 Jalur Pendakian Gunung Ciremai

2. Jalur Selabintana Sukabumi

Estimasi waktu pendakian : 9-12 jam

Kedua ada jalur Selabintana yang memiliki medan yang cukup berat untuk para pendaki mula. Bagi kalian yang belum berpengalaman, kami sarankan untuk menyewa pemandu atau setidaknya membawa 1 orang berpengalaman yang sudah melewati jalur Selabintana. Dijamin adrenalin terpacu deh jika lewat jalur satu ini!

3. Jalur Gunung Putri

Estimasi waktu pendakian: 6-8 jam 

Pilihan jalur terakhir yang bisa kalian lalui ada jalur Gunung Putri. Jika jalur cibodas merupakan jalur mudah, dan jalur Selabintana merupakan jalur sulit, maka jalur Gunung Putri adalah jalur yang susah-susah gampang. Medan yang terjal dan trek curam akan kalian lalui jika lewat jalur ini. Pastikan untuk memakai perlengkapan naik gunung yang lengkap ya!

Tips bagi kalian yang ingin mendaki gunung Gede

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kalian terapkan agar pendakian jadi lebih aman:

1. Bawa stok air yang cukup

Saat mendaki air merupakan bagian terpenting yang harus dibawa oleh setiap pendaki. Apalagi bagi para pendaki pemula yang fisiknya belum terlatih bisa bahaya jika pendaki lelah dan stok air tidak ada.

2. Jaga tata krama selama mendaki

Menjaga tata krama selama mendaki merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh setiap pendaki. Hal ini bertujuan agar pendakian kalian aman dan dilindungi oleh Tuhan YME.

3. Kenakan perlengkapan mendaki yang memadai

Sandal/sepatu, tas carrier, jaket dan jas hujan adalah perlengkapan wajib yang harus dibawa selama mendaki. Pasalnya kalian tidak bisa memprediksi cuaca selama di gunung.

Baca juga: 6 Jalur Pendakian Gunung Prau Terbaru di Tahun 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *