Tune Up Mesin, Komponen Apa Saja yang Diganti

tune up

Istilah tune up engine mungkin terdengar familiar, bukan? Tune up mesin merupakan proses untuk memperbaiki mesin agar performanya kembali optimal seperti sebelumnya.

Asuransi Mobil

Jadi proses tune up berfokus pada seluruh bagian komponen mesin mobil, hingga kondisi sistem pembakaran. Tune up mesin dapat membantu kamu untuk merawat seluruh kondisi pada mesin, sehingga tidak ada bagian yang rusak, dan membuat performa mobil menjadi menurun.

Lalu, apa saja komponen pada mesin yang diganti ketika kamu melakukan tune up? Simak penjelasannya berikut ini!

5 Komponen Mobil yang Dapat Diganti Saat Tune Up Mesin

  • Saringan Udara

Bagian utama yang dapat atau bahkan harus diganti ketika tune up mesin adalah saringan udara. Hal tersebut dikarenakan, sesuai namanya komponen ini dipastikan telah penuh dengan debu dan kotoran.

Akibat dari banyaknya debu dan kotoran dapat mengakibatkan jumlah pasokan udara ke dalam ruang bakar berkurang, sehingga dapat mengurangi performa mesin. Meskipun saringan udara dapat dibersihkan, namun untuk hasil yang maksimal kamu dapat mengganti saringan udara.

  • Aki

Aki adalah salah satu komponen yang diganti saat kamu memutuskan untuk melakukan tune up mesin. Sebelum penggantian, aku diperiksa terlebih dahulu dengan cara melihat elektrolit pada setiap sel.

Selain itu, air aki juga dilakukan pemeriksaan, dan pengecekan penyangga aki yang berkarat, rusak atau rusak. Jika setelah dilakukan pemeriksaan voltase aki melemah, maka kamu dapat mengganti aki yang baru agar lebih optimal menjaga kelistrikan mesin.

  • Throttle Body

Komponen throttle body adalah bagian penting dalam mesin injeksi. Pada saat proses tune up, throttle body dibersihkan agar kotoran tidak menghambat skep yang ada di bagian ini.

Jika pada skep terdapat kotoran, dapat membuat udara ke ruang bakar menjadi kurang optimal bahkan responsivitas pedal gas dapat terganggu. Pembersihan bagian ini menggunakan alat bantu berupa cairan penetran atau carburator cleaner.

  • Fan Belt

Fan belt atau tali kipas akan diperiksa untuk memeriksa kelenturan, keretakan, dan keausannya. Jika terdapat permasalahan pada bagian ini, maka harus dilakukan penggantian fan belt agar tidak terputus tiba-tiba.

Tali kipas ini penting untuk dilakukan pemeriksaan karena memiliki peran yang penting. Fungsi fan belt yaitu untuk menggerakkan dan menghubungkan komponen yang ada dalam mobil saat mesin dinyalakan, jika komponen ini tidak ada, maka tidak mungkin mobil dapat bergerak.

  • Busi

Pemeriksaan busi akan dilakukan untuk melihat kondisi apakah terdapat kerusakan, pengikisan atau bahkan pecah. Kemudian akan diperiksa apakah muncul api melalui celah busi atau tidak.

Jika api yang muncul pada celah masih dalam tahap normal, maka busi tidak perlu diganti dan hanya dibersihkan saja menggunakan sikat kawat pada sekitar pemantiknya. Namun jika api yang muncul besar atau tidak normal, maka akan dilakukan penggantian.

Tune up mesin mobil dapat kamu lakukan jika telah menempuh jarak batas waktu servis. Selain itu jika kamu merasa mobil sudah tidak nyaman untuk dikendarai, kamu dapat melakukan tune up.

Agar kamu dapat merasakan performa optimal saat mengendarai mobil, kamu diharuskan untuk rutin servis dan tune up mesin. Namun tidak hanya itu, kamu juga harus menjaga kendaraan agar tidak terjadi kerusakan.

Kamu tidak akan merasa khawatir lagi jika telah menggunakan asuransi mobil. Melalui Cekpremi kamu dapat memilih asuransi mobil yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

Pertanyaan Seputar Tune Up Mesin

Tune up mesin harus kamu lakukan agar performa mobil tetap maksimal. Berikut ini adalah beberapa pertanyaan terkait tune up, yaitu:

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Apa bedanya service dan tune up?” answer-0=”Servis hanya menyentuh perbaikan pada bagian aki, kemudi, baut roda, idle mesin, tekanan angin roda, filter udara dan rembesan oli. Sedangkan tune up lebih pada komponen penting dalam mobil. ” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Berapa biaya tune up?” answer-1=”Pada umumnya biaya sekali tune up di bengkel resmi dan umum dimulai dari Rp350.000,00 hingga Rp3.000.000,00. ” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]