Daftar Mobil Paling Hemat BBM Tahun 2021, Mana Pilihan Anda?

mobil paling irit

Last Updated on December 27, 2021 by Andrian

Selain desain dan fitur mobil, banyak orang yang lebih memilih mobil hemat bahan bakar agar biaya operasional harian mobil lebih efektif. Pada umumnya mobil hanya dapat menempuh kecepatan 9-11 km/liter, sedangkan mobil yang irit BBM bisa menempuh pada jarak 20-30 km/liter lho!  Berikut adalah beberapa pilihan mobil paling irit bahan bakar yang bisa jadi referensi Anda.

Mobil Paling Irit Bahan Bakar Tahun 2021

1. Mitsubishi Mirage

mobil paling irit Mitsubishi Mirage

Rekomendasi yang pertama adalah Mitsubishi Mirage yang memiliki desain sporty. Mesinnya memiliki kapasitas 1.193 cc dan mampu mencatatkan tenaga maksimal 57 kW pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi maksimal 100 Nm pada putaran mesin 4.000 rpm.

Adanya dukungan transmisi Continuous Variable Transmission (CVT), membuatnya bisa melaju sejauh 25 kilometer dengan 1 liter bahan bakar. Sangat irit untuk jenis mobil di kelasnya.

Terlebih juga memiliki hasil uji ASEAN NCAP yang cukup memuaskan, yakni mendapat predikat bintang empat.

2.Wuling Confero

Wuling Confero

Mobil MVP ini memang masih baru di pasar Indonesia, namun peminatnya sudah mulai banyak. DItandai dengan penjualannya yang cukup baik selama periode 2020 lalu.

Pabrikan asal China ini menghadirkan mobil irit BBM dalam 8 varian tipe, dimana bisa menempuh jarak 25,4 Km dengan 1 Liter bahan bakar.

Tambahan fitur keselamatannya juga lengkap, mulai dari Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Emergency Stop Signal (ESS), dual SRS airbag, hingga sistem pengereman ABS dan EBD.

3. Renault Duster

Renault Duster

Untuk yang sedang mobil offroad hemat bahan bakar, Renault Duster solusinya! Mobil ini bisa menempuh jarak 24 Km hanya dengan 1 Liter bensin.

Untuk mesinnya terbilang bandel dan tangguh yakni 1500 cc dengan 4 silinder segaris, dikombinasi transmisi CVT dengan opsi mode manual 6-percepatan.

Bermain di kelas low SUV 5-seater, mobil ini sudah dilengkapi sejumlah fitur dan teknologi terkini. Mulai remote keyless entry dan central locking, hingga fitur Apple CarPlay dan Android Auto.

4. Datsun GO+ Panca

mobil paling irit Datsun GO+ Panca

Datsun GO+ Panca adalah salah satu jenis mobil paling irit dari kelas mobil LCGC. Hadir dengan mesin 1200 cc dan efektivitas bahan bakarnya bisa menempuh jarak 23,5 Km hanya dengan 1 L bensin.

Bagian interiornya menghadirkan desain dasbor baru dan panel instrumen touch screen yang memudahkan untuk terkoneksi langsung dengan smartphone. Mobil keluarga ini memberikan kenyamanan dengan desain elegan nan stylish.

5. BMW 320d

BMW 320d

BMW 320d bisa dikatakan mobil paling irit BBM termahal yang dibuat oleh pabrikan Eropa. Hadir dengan mesin 1998 cc dan transmisi otomatis 8 percepatan.

Klaim dari mobil ini bisa menempuh jarak 23,3 Km hanya dengan 1 L bensin saja lho!

Kemudian dengan transmisi otomatis 8 percepatan, mobil ini sanggup melesat dari kecepatan 0 – 100 km/h hanya dalam 7,4 detik.

Untuk urusan desain juga tidak perlu diragukan, seperti saudaranya yang lain, BMW tipe ini menghadirkan kesan mewah dan elegan untuk penggunanya.

6. KIA Picanto

Merupakan salah satu jenis mobil city car yang populer di Indonesia, KIA Picanto juga ternyata masuk ke jejeran mobil paling irit BBM loh!

Untuk menempuh jarak sejauh 19 km hanya dibutuhkan 1 liter bensin.

7. Suzuki Ertiga

Di mobil Suzuki Ertiga, terdapat fitur ECO driving yang membuat mobil bisa menggunakan bahan bakar seefisien mungkin.

Dalam sebuah uji pengetesan, Suzuki Ertiga hanya menghabiskan 1 liter bensin untuk jarak sejauh 23 km.

Sedangkan jika dikendarai dalam mode ECO driving, mobil ini hanya menghabiskan 1 liter bensin untuk jarak tempuh sejauh 30 km.

8. Toyota Agya

Siapa yang tidak tahu dengan Toyota Agya? Mobil LCGC terbaik ini terkenal karena harga beli nya yang murah dan konsumsi BBM yang irit.

Untuk menempuh jarak sejauh 23 km, mobil ini hanya memerlukan 1 liter bensin!

9. Honda Civic Turbo

Meskipun masuk ke dalam kategori mobil sedan, Honda Civic ini juga terkenal karena efisiensi penggunaan bahan bakar.

Untuk menempuh jarak sejauh 21 km, mobil ini membutuhkan 1 liter bensin saja. Cukup efisien bukan untuk ukuran mobil sedan?

10. Honda Brio

Honda Brio merupakan salah satu mobil kecil yang cukup banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, mobil ini hanya membutuhkan 1 liter bensin setiap 25 km!

Tabel Mobil Paling Irit BBM

Mobil  Konsumsi BBM/KM
Mitsubishi Mirage 25 km/liter
Wuling Confero 25,4 km/liter
Renault Duster 24 km/liter
Datsun GO+ Panca 23,5 km/liter
BMW 320d 23,3 km/liter
KIA Picanto 19 km/liter
Suzuki Ertiga 30 km/liter
Toyota Agya 23 km/liter
Honda Civic Turbo 21 km/liter
Honda Brio 25 km/liter

Tips Berkendara Irit BBM

Atur Putaran Mesin

Angka tersebut menunjukkan putaran mesin mobil. Laju putaran mesin yang terlalu tinggi atau rendah secara konstan membuat konsumsi bahan bakar lebih besar. Putaran mesin bisa dilihat pada bagian speedometer yang tertulis angka 1 hingga 15, tergantung mobil yang dimiliki.

Umumnya, mobil standar hanya sampai angka 7 atau 8, sedangkan mobil sports yang bisa mencapai angka 15. Usahakan untuk mengatur putaran mesin di angka ideal dengan cara menginjak pedal gas secara perlahan.

Jaga Jarak

Ketika berkendara, sebaiknya jaga jarak aman dengan kendaraan di depan dan di belakang. Hindari mengerem mendadak kemudian menekan gas lagi untuk mengembalikan kendaraan ke kecepatan semula karena akan membuat boros bahan bakar mobil. Kemudian saat akan menambah kecepatan, injak pedal gas bertahap agar mobil irit bahan bakar dan mendapatkan akselerasi yang diinginkan.

Gunakan Gigi yang Tepat

Mengemudikan mobil dengan gigi rendah atau gigi tinggi dengan terus menerus saat menanjak bisa membuat konsumsi bahan bakar berlebih.

Sebaiknya atur posisi gigi yang tepat, seperti posisi S atau L pada transmisi mobil matic ketika keadaan menanjak atau gigi 1 dan 2 pada mobil transmisi manual.

Bersihkan Saringan Udara

Ketika banyak debu dan kotoran di saringan udara, maka membuat efisiensi mesin berkurang sehingga lebih banyak bahan bakar yang akan diperlukan. Untuk menguranginya, lakukan pembersihan filter udara secara rutin. Jika filter sudah tidak bisa digunakan lagi segera ganti dengan komponen yang sesuai.

Anda juga sebaiknya rutin melakukan tune up untuk menjaga mesin mobil tetap dalam keadaan prima. Serta tambahkan perlindungan asuransi mobil untuk kendaraan kesayangan Anda. Dapatkan penawarannya hanya di Cekpremi.

About Titi Setianing R

a storyteller

View all posts by Titi Setianing R →