Jangan Panik, Begini Cara Mengatasi Kopling Mobil Los yang Aman

Jul - 07
2021
cara mengatasi kopling mobil los

Jangan Panik, Begini Cara Mengatasi Kopling Mobil Los yang Aman

Last Updated on July 13, 2021 by

Bagi para pengendara, mengetahui cara mengatasi kopling mobil los memang sangat penting. Tidak cuma langkah-langkahnya, identifikasi masalah ini juga harus kita lakukan mulai dari penyebabnya.

Seperti yang kita tahu, penyebab terjadinya kopling los terhitung sangat banyak. Biasanya ini terjadi karena kebocoran pada komponen mesin, yang membuat shift fork tidak berfungsi secara maksimal.

Bisa saja terjadi kebocoran atau aus pada bagian release dan master cylinder clutch Anda. Sehingga gigi tidak masuk sebagaimana mestinya, lalu menyebabkan kopling mobil tersebut menjadi los.

 

Cara Mengatasi Kopling Mobil Los

Ada beberapa cara mengatasi kopling mobil los yang bisa Anda terapkan. Namun cara ini hanya bersifat sementara, jadi bawa mobil langsung ke bengkel jika terjadi kerusakan yang lebih parah.

1. Periksa Wadah Minyak Rem

Selain kerusakan pada komponen mesin, habisnya minyak rem juga bisa menjadi sebab kopling los. Karena itu periksa wadah minyak kopling sesegera mungkin, lalu isi dengan cairan yang baru.

Namun, sesuaikan jenis minyak rem dengan tipe mobil yang Anda miliki ya. Pasalnya untuk mobil Eropa, tidak dianjurkan menggunakan minyak rem berkode DOT 3 kecuali dalam keadaan mendesak. 

2. Ganti Komponen yang Rusak

Apabila kerusakan disebabkan oleh komponen yang bocor, mau tidak mau Anda harus mengganti komponen tersebut. Pengerjaan semacam ini juga hanya bisa dilakukan oleh montir profesional.

Sebab itu segera bawa mobil ke bengkel resmi, agar proses penanganannya lebih terjamin. Untuk biayanya sendiri relatif bervariasi, mulai dari ratusan hingga jutaan rupiah tergantung kerusakan.

3. Cek Kopling secara Berkala

Pengecekan rutin sangat dianjurkan, terutama jika isi tabung minyak kopling berada di ruang mesin. Kondisi kopling dan komponen-komponen terkait lainnya pun wajib dicek secara berkala.

Apalagi jika Anda sering melakukan perjalanan jauh dan melewati medan-medan sulit. Setelah mengetahui bagaimana cara mengatasi kopling mobil los, Anda tentu sudah tidak panik lagi ‘kan?

 

Cara Merawat Kopling Mobil

Selain memperbaiki, langkah-langkah preventif tentu sangat diperlukan sebagai cara mengatasi kopling mobil los. Beberapa cara merawat kopling mobil sangat penting untuk Anda perhatikan.

Saat berkendara, biasakan untuk tidak meletakan kaki pada pedal kopling dalam waktu yang lama. Sebab hal ini bisa mempercepat proses aus pada plat matahari, clutch cover, dan release bearing.

Baca juga: Ternyata Begini Setelan Kopling Mobil yang Benar

Selain itu jika sering menggunakan setengah kopling untuk menahan kendaraan, maka kampas kopling bisa cepat tipis. Permukaan pressure plate pada cover clutch juga bisa terkikis, lho.

Oleh karenanya, jangan lakukan kedua kebiasaan buruk tersebut ketika Anda sedang berkendara. Supaya lebih aman, jangan lupa daftarkan kendaraan tersebut dengan asuransi mobil terpercaya.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi mobil cekpremi