Waktu yang Tepat Mengganti Kondensor AC

ac mobil

Kondensor AC adalah suatu komponen pada AC mobil yang memiliki fungsi untuk mengubah uap gas freon menjadi bentuk cair melalui proses kondensasi. Kemudian cairan tersebut akan dialirkan menuju bagian receiver dryer untuk dilanjutkan pada expansion valve.

Komponen ini sangat mudah kotor, sehingga kamu harus rutin untuk membersihkannya. Lalu, bagaimana cara melakukan perawatan pada kondensor AC?

4 Langkah Merawat Kondensor AC

Perawatan kondensor AC harus rutin kamu lakukan, karena jika dibiarkan dalam waktu yang lama dapat membuat AC menjadi cepat rusak, dan kinerjanya terhambat. Lalu, bagaimana tentang usia pakai dari komponen ini?

Usia penggunakan kondensor AC tergantung dari bahan dan merek mobil. Umumnya dapat bertahan hingga tiga tahun, namun ada yang tidak dapat bertahan lama, atau berusia cepat.

Sehingga kamu harus melakukan perawatan yang dapat dilakukan sendiri, dan ada saatnya untuk dibawa ke bengkel. Jika perawatan sudah kamu lakukan namun AC tidak dapat berfungsi dengan baik, maka kamu dapat melakukan penggantian kondensor.

Proses pembersihan kondensor AC mobil hampir serupa dengan proses membersihkan intercooler AC mobil. Berikut ini adalah cara membersihkan kondensor secara mandiri, yaitu:

  • Membuka AC Mobil Menggunakan Peralatan yang Sesuai

Langkah utama yang harus kamu lakukan sebelum melakukan perawatan kondensor yaitu, harus melakukan pembongkaran pada komponen ini. Kamu dapat menyiapkan peralatan yang lengkap, agar proses pembongkaran dapat berjalan dengan baik.

Peralatan yang dapat kamu siapkan seperti kunci socket, kunci pas, dan kunci inggris. Selain itu, kamu juga dapat menyiapkan kain lap yang bersih.

  • Mencari Bagian Kondensor Mobil

Menurut bentuknya, kondensor menyerupai radiator. Setelah kamu menemukan kondensor, lepaskan komponen tersebut perlahan untuk dibersihkan.

Jika kondensor bermasalah, dapat kamu lihat melalui kinerja AC yang lemah, bahkan tidak dapat mendinginkan bagian kabin mobil. Proses pengangkatan dapat kamu lakukan dengan sangat hati-hati.

Ketika kondensor terjatuh tanpa sengaja, kamu harus mengganti komponen tersebut dengan yang baru. Harga kondensor AC mobil yang baru tergolong cukup tinggi, jadi kamu dapat melakukan perawatan rutin agar tidak membeli yang baru.

  • Melakukan Penyemprotan Menggunakan Air

Setelah komponen tersebut berhasil diangkat, kamu dapat melakukan penyemprotan menggunakan air pada beberapa bagian kondensor. Proses penyemprotan harus menggunakan air bersih, seperti air keran atau bahkan air mineral.

Jangan merendam bagian kondensor ke dalam rendaman air sabun, karena dapat membuat komponen menjadi rusak. Sehingga kamu dapat melakukan proses penyemprotan secara bertahap, kemudian lakukan pengeringan.

  • Pemasangan Kondensor AC Kembali dengan Tepat

Jika kondensor AC telah kamu bersihkan dari debu dan kotoran, proses selanjutnya yaitu kamu dapat melakukan pemasangan kondensor kembali dengan tepat. Proses pemasangan sama dengan proses pelepasan yang telah kamu lakukan sebelumnya.

Kencangkan baut yang terdapat pada kondensor menggunakan kunci pas, agar tidak kendor. Kemudian kondensor dapat bekerja secara optimal seperti sebelumnya.

Jika keempat langkah perawatan telah kamu lakukan namun kondensor masih tetap tidak bekerja dengan maksimal, kamu dapat membawa komponen ini ke bengkel atau melakukan penggantian.

Kondensor AC dapat membantu kamu untuk merasakan udara yang dingin pada bagian dalam kabin mobil, sehingga jika mengalami kerusakan kamu akan mendapat kerugian. Kerugian lain yang kamu dapatkan yaitu penggantian komponen yang harganya cukup tinggi.

Banyak komponen pada mobil yang memiliki harga tinggi jika kamu tidak rutin menjaga dan melakukan perawatan. Agar dapat menghindari kerugian finansial terlalu banyak, salah satu hal lain yang dapat kamu lakukan dengan menggunakan asuransi.

Kunjungi Cekpremi untuk memilih produk asuransi yang kamu butuhkan. Sehingga kamu dapat terhindar dari kerugian yang akan terjadi di masa mendatang.

Pertanyaan Seputar Kondensor AC

Kondensor AC adalah salah satu dari sekian banyak komponen pada mobil yang harus kamu perhatikan secara rutin. Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang muncul terkait komponen ini, yaitu:

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Dimana letak kondensor AC mobil?” answer-0=”Biasanya kondensor terletak di bagian depan radiator mobil. ” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Kenapa kondensor dipasang di dekat radiator?” answer-1=”Agar proses pendinginan komponen tersebut dapat dibantu oleh udara yang mengalir ketika mobil bergerak dari kipas radiator. ” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]