Wisata Air Terjun di Tawangmangu Paling Keren

tawangmangu

Tawangmangu adalah salah satu kecamatan yang terletak di wilayah Kabupaten Karanganyar. Air terjun Tawangmangu adalah salah satu lokasi wisata yang dapat kamu kunjungi.

Letak Tawangmangu ini berada di lereng Gunung Lawu, maka tidak heran jika tempat ini memiliki banyak spot pemandangan indah dan menakjubkan. Contohnya seperti kebun bunga, kebun teh, telaga, dan lain sebagainya.

Salah satu air terjun yang ada di Tawangmangu dikenal sebagai ikon wisata, yaitu Grojogan Sewu. Namun Tawangmangu masih memiliki wisata air terjun lainnya yang dapat kamu kunjungi. Berikut ulasannya!

4 Wisata Air Terjun Tawangmangu

  • Air Terjun Grojogan Sewu

Wisata air terjun Grojogan Sewu adalah salah satu yang paling dikenal di Tawangmangu. Seperti yang telah disebut sebelumnya, bahwa Grojogan Sewu bahkan dijadikan sebagai ikon pariwisata.

Arti nama air terjun ini diambil dari Bahasa Jawa, grojogan memiliki arti air terjun, sedangkan sewu berarti seribu. Mengapa disebut air terjun seribu? Karena tangga menuju air terjun ini diperkirakan berjumlah seribu.

Luas satu tangga di air terjun Grojogan Sewu menyerupai ukuran satu telapak kaki orang dewasa. Jika kamu mengunjungi air terjun ini, kamu dapat menemukan banyak kera yang berada di sekitar air terjun.

Memiliki ketinggian 81 meter, membuat air terjun ini memiliki pancuran deras khususnya ketika musim hujan. Namun, saat musim kemarau pancuran airnya menjadi sedikit kering.

  • Air Terjun Jumog Putri

Lokasi air terjun ini berada di tanah milik pribadi seorang warga Desa Gondosuli. Pemandangan yang ditawarkan di Jumog Putri tidak kalah menakjubkan dengan air terjun lainnya.

Lokasinya berada di pinggir jalan raya, tepatnya di sebelah utara Tawangmangu. Ketinggian air terjun ini yaitu 30 meter, dengan debit air terjun ini tidak terlalu besar saat hujan turun, dan tidak terlalu kecil ketika musim kemarau.

Namun saat musim kemarau, air terjun ini tidak pernah mengalami kekeringan. Karena debit dan arusnya yang tidak terlalu besar, kamu dapat bermain air dengan aman di Jumog Putri.

  • Air Terjun Pringgodani

Wisata air terjun selanjutnya yang dapat kamu kunjungi di Tawangmangu, yaitu air terjun Pringgodani. Air terjun ini tampak lebih indah dan jauh lebih tinggi, karena memiliki 2 tingkatan yang mana tingginya melebihi 100 meter.

Pringgodani lebih dikenal sebagai tempat pertapaan, yang letaknya berada di atas air terjun. Namun kamu hanya dapat melihat air terjun ini dari kejauhan saja, hal tersebut dikarenakan lokasinya yang sulit untuk dijangkau.

Jika ingin pergi ke tempat pertapaan, kamu harus berjalan kaki melewati jalanan di pinggir tebing kurang lebih sejauh 1 km. Sebab lokasi air terjun Pringgodani berada di lereng gunung.

  • Air Terjun Jurang Sundo

Lokasi air terjun ini cukup tersembunyi, dan berada di tengah perkampungan warga. Tepatnya, kurang lebih berjarak 2 km dari air terjun Grojogan Sewu.

Akses menuju Jurang Sundo tidak begitu lebar. Karena letaknya yang cukup tersembunyi dan akses yang cukup sulit, membuat air terjun ini masih sepi, bersih, dan asri karena para pengunjung yang jarang datang.

Berwisata di air terjun adalah salah satu pilihan jika kamu menyukai petualangan. Karena pada umumnya akses menuju air terjun lebih sulit dibandingkan lokasi wisata lainnya.

Oleh karena itu, kamu harus selalu waspada agar tidak terjadi suatu hal yang tidak diinginkan. Salah satu cara agar dapat mengantisipasi hal tersebut, kamu dapat menggunakan asuransi.

Tidak ada yang menginginkan hal buruk terjadi, namun dengan menggunakan asuransi kamu telah memproteksi diri dari kejadian di masa mendatang. Kunjungi Cekpremi untuk pilihan asuransi yang akan kamu gunakan.

Pertanyaan Seputar Air Terjun Tawangmangu

Wisata air terjun Tawangmangu memiliki pemandangan menakjubkan yang dapat memanjakan mata. Berikut ini adalah beberapa pertanyaan terkait air terjun Tawangmangu, yaitu:

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Berapa harga tiket masuk ke Grojogan Sewu?” answer-0=”Terdapat 2 jenis tiket masuk, untuk wisatawan domestik Rp 22.000,00/orang, dan wisatawan asing Rp 175.000,00/orang. ” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Di kota manakah Tawangmangu berada?” answer-1=”Tawangmangu berada di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. ” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]