Ketahui Biaya Tambal Gigi Permanen Sebelum ke Dokter Gigi

biaya tambal gigi permanen

Masalah gigi berlubang apabila tidak segera diatasi, nantinya akan menyebabkan masalah yang lebih sulit diatasi. Ketika Anda menemukan lubang di gigi yang masih kecil, sebaiknya segera melakukan tindakan yaitu dengan tambal gigi. Namun Anda perlu untuk mengetahui berapa biaya tambal gigi permanen terlebih dahulu agar bisa mempersiapkan biaya yang dibutuhkan.

Sebenarnya tambal gigi bisa dilakukan dengan dua prosedur yaitu tambal gigi permanen dan tambal gigi sementara. Prosedur tersebut akan disesuaikan dengan kondisi gigi. Jadi untuk mengetahuinya, Anda perlu untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Biaya Tambal Gigi Permanen dan Non Permanen

Proses tambal gigi merupakan proses perawatan gigi berlubang. Lubang pada gigi nantinya akan dimasukkan bahan tertentu untuk menutup lubang tersebut.

Dengan dilakukan tambal gigi, gigi berlubang akan terlihat kembali normal dan berfungsi lebih baik. Jika gigi berlubang tidak segera diatasi, biasanya lubang gigi akan semakin melebar hingga menyebabkan sakit gigi.

Bahkan jika lubang sudah sangat parah dan tidak bisa ditambal, prosedur perawatan yang dilakukan biasanya adalah pencabutan gigi. Jadi Anda harus waspada ketika gigi sudah mulai terlihat berlubang.

Ketika dokter telah mengetahui area gigi Anda mengalami lubang yang cukup parah, dokter akan meminta untuk segera menambal. Setelah proses penambalan selesai, Anda tidak bisa langsung menggunakannya untuk mengunyah makanan paling tidak selama 24 jam. Anda harus menggunakan sisi sebelahnya yang tidak berlubang jika akan mengunyah makanan.

Kisaran biaya yang harus dibayarkan untuk menambal gigi relatif murah. Jika Anda memilih menambal gigi di Puskesmas, biaya yang harus dibayar hanya sekitar Rp150.000.

Selain itu, jika Anda melakukan tambal gigi di dokter gigi, harga paling mahal hanya sebesar Rp1.000.000.

Biaya tambal gigi permanen sangat tergantung dengan jenis tambal yang dilakukan serta lokasinya. Anda bisa mengetahui mengenai berbagai jenis tambal gigi. Dengan begitu, Anda akan lebih yakin untuk memilih jenis tambal yang paling tepat.

Jenis – jenis Tambal Gigi

Sumber: https://elements.envato.com/photos/dentist

Setelah mengetahui kisaran harga tambal gigi permanen, selanjutnya Anda juga perlu mengetahui tentang apa saja jenis-jenis tambal gigi. Ternyata tambal gigi memiliki beberapa jenis diantaranya:

  1. Amalgam

Jenis pertama yaitu amalgam. Tambal gigi amalgam merupakan tambalan untuk gigi yang dibuat dari bahan logam yang warnanya perak.

Anda mungkin saja sudah pernah menemukan tambalan gigi yang warnanya seperti logam. Amalgam terbuat dari beberapa jenis logam seperti tembaga, perak, timah, merkuri dan juga yang lainnya.

Tambal gigi ini biasanya digunakan untuk gigi belakang seperti gigi geraham. Penggunaan jenis tambal ini sangat baik karena bisa bertahan hingga belasan tahun.

Namun karena warnanya yang tidak sama dengan gigi, jenis tambal gigi ini tidak sering digunakan oleh dokter gigi. Bahkan saat ini tambal gigi amalgam juga semakin sedikit diminati karena mengandung logam merkuri yang bahaya untuk kesehatan.

  1. Komposit resin

Jenis berikutnya yaitu komposit resin yang merupakan bahan tambal gigi dari bahan plastik dan juga kaca halus. Banyak dokter gigi yang menggunakan jenis komposit resin untuk mengatasi gigi pasien yang berlubang.

Proses penambalan gigi menggunakan komposit resin ini dilakukan menggunakan cahaya biru. Cahaya biru tersebut dapat mengeraskan komposit resin pada gigi yang awalnya berbentuk cairan.

Jenis komposit resin ini memiliki banyak keunggulan. Salah satu kelebihan dari komposit resin adalah tingkat kekuatannya yang tinggi serta warnanya bisa menyatu dengan gigi asli. Hasil tambal gigi menggunakan komposisi resin sangat memuaskan dan membuat gigi terlihat seperti tidak ada tambalan.

  1. Jenis Tambal Gigi Emas

Jenis berikutnya yaitu tambal gigi emas. Jenis tambal gigi ini sudah ada sejak lama dan memang efektif untuk menambah lubang pada gigi. Meskipun warna tambal gigi seperti emas, sebenarnya jenis tambal gigi ini terbuat dari perpaduan logam emas dan yang lainnya.

Tingkat kekuatan jenis tambal gigi seperti ini tidak perlu diragukan. Tambal gigi emas mampu bertahan sampai maksimal 15 tahun. Kelebihan lain dari tambal gigi emas adalah mampu menambal gigi tanpa menyebabkan korosi. Bahkan bagi sebagian orang, jenis tambal gigi ini mampu meningkatkan nilai estetika.

  1. Porselen

Pilihan jenis tambal gigi berikutnya yaitu porselen. Bahan ini sangat populer dan banyak dipakai oleh dokter gigi. Kelebihan utama dari tambal gigi porselen adalah warnanya yang sama dengan gigi. Jadi setelah dilakukan penambalan gigi, hasilnya tidak akan membuat gigi terlihat belang.

Namun untuk tingkat ketahanannya, tambal porselen mampu bertahan sekitar 7 tahun saja. Ketahanan tambal gigi porselen memang berbeda dengan jenis material lain seperti resin atau emas yang mampu bertahan 15 tahun.

Dari beberapa jenis tambal gigi yang ada sebaiknya memilih jenis yang paling sesuai. Kelebihan tambal gigi adalah membuat Anda tetap nyaman saat makan dan membuat gigi kembali kokoh. Setelah ditambal, Anda bisa menggunakan gigi untuk mengunyah berbagai jenis makanan tanpa khawatir lubang semakin besar.

Jika Anda merasa bingung untuk memilih jenis tambal gigi terbaik, jangan ragu untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi.

Tambal Gigi Sementara

Tambal gigi memang tersedia dua jenis yaitu permanen dan sementara. Tambal gigi permanen mampu bertahan hingga belasan tahun. Sedangkan tambal gigi sementara diberikan hanya untuk mengatasi masalah yang terjadi pada gigi secara sementara.

Tujuan dari tambal gigi sementara adalah sama dengan tambal gigi permanen. Hal yang membedakan adalah kualitas tambalan gigi sementara tentu tidak sebaik tambal gigi permanen.

Tambal gigi sementara biasanya dilakukan oleh dokter dan pasien diminta untuk melakukan tambal ulang pada jadwal yang telah ditentukan. Bahan yang digunakan untuk menambal gigi juga berbeda dengan jenis tambalan gigi permanen.

Biasanya tambal gigi sementara memiliki tekstur yang lebih lunak. Dalam jangka waktu tertentu, pasien harus melakukan kontrol dan mengganti tambalan dengan yang baru.

Kisaran harga tambal gigi permanen dan sementara mungkin saja berbeda mengingat jenis material yang digunakan juga berbeda.

Anda tidak perlu khawatir mengenai harga tambal gigi permanen karena tambal gigi di Puskesmas cukup terjangkau. Jika Anda memiliki BPJS, biasanya tambal gigi di Puskesmas akan lebih murah dan bahkan gratis.

Demikian informasi tentang harga tambal gigi permanen yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat. Ada baiknya kita memproteksi kesehatan gigi kita dengan asuransi kesehatan yang bisa Anda cek di Cekpremi

Sumber :

Ciputra Hospital

Orami

Dokter Gigi Kita