AC Mobil Bau? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Aug - 29
2021
ac mobil bau

AC Mobil Bau? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Adanya AC di dalam mobil berfungsi untuk membuat kabin menjadi sejuk. Namun, apa jadinya jika AC mobil Anda mengeluarkan bau tidak sedap? Parahnya, hal ini terjadi kendati Anda sudah memasang pengharum mobil sekalipun. Lantas, apa penyebab AC mobil bau? Bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab AC Mobil Bau

Ada sejumlah faktor yang menyebabkan AC mobil Anda berbau tidak sedap. Mengetahui penyebabnya bertujuan agar Anda bisa melakukan langkah-langkah penanganan maupun pencegahan.

Berikut ini penyebab AC mobil bau yang perlu Anda ketahui:

1. Freon AC Habis

AC yang mengeluarkan bau apek bisa jadi disebabkan oleh freon AC mobil habis. Akan tetapi, hal ini biasanya disertai oleh sejumlah masalah lainnya, seperti:

  • AC tidak dingin
  • AC hanya mengeluarkan angin
  • Kompresor AC tidak menyala

2. Filter AC Kotor

Filter AC yang kotor menjadi penyebab utama AC mobil bau. Pasalnya, filter yang kotor dan tidak segera dibersihkan menjadi tempat bertumbuhnya jamur.

Nah, jamur inilah yang membuat AC mengeluarkan bau tidak sedap—biasanya bau apek—saat dinyalakan.

3. Grill Kotor

Grill adalah lubang ventilasi yang terletak di bagian depan dashboard mobil dan fungsinya sebagai filter udara. Grill yang kotor juga menjadi penyebab AC kendaraan Anda bau.

Pasalnya, pada grill terdapat debu dan kotoran lainnya yang menumpuk. Oleh sebab itu, Anda harus rajin-rajin membersihkan komponen ini jika tidak ingin AC bau.

4. Jamur pada Evaporator

Kotoran maupun jamur yang menumpuk di dalam kabin mobil lama-kelamaan juga bisa sampai masuk ke dalam salah satu komponen AC yakni evaporator.

Parahnya, kotoran dan jamur pada evaporator ini dapat memunculkan bau serupa bangkai. Tentu Anda tidak ingin mengalaminya, bukan?

5. Pengharum Mobil Habis

Fungsi dari pengharum mobil adalah untuk membuat kabin beraroma wangi sehingga membuat Anda dan penumpang merasa nyaman selama berkendara.

Namun, pengharum mobil tentu saja akan habis seiring berjalannya waktu. Nah, saat pengharum ini habis, maka kabin kendaraan pun jadi tidak wangi lagi. Oleh sebab itu, segera ganti pengharum mobil Anda apabila wanginya sudah mulai berkurang.

Baca juga: Ternyata Ini Penyebab AC Mobil Tidak Dingin, Simak Solusinya!

Cara Mengatasi AC Mobil Bau

Demi kenyamanan Anda saat berkendara, memastikan ruangan kabin mobil tetap harum adalah suatu keharusan. Manakala sudah mulai timbul bau tidak sedap, segera lakukan beberapa cara mengatasi AC mobil bau berikut ini:

1. Bersihkan Kabin Mobil secara Teratur

Bersihkan kabin mobil Anda secara teratur. Pasalnya, kabin yang dipenuhi debu dan kotoran lainnya—entah itu dari jok atau karpet—dapat masuk ke dalam sistem AC.

Akibatnya, komponen AC mobil seperti evaporator menjadi berdebu atau berjamur yang kemudian menyebabkan aroma tidak sedap.

2. Bersihkan Filter

Seperti yang telah dijelaskan, penyebab AC mobil bau juga karena filter yang kotor. Oleh sebab itu, segera periksa filter AC mobil Anda.

Apabila ternyata filter sudah kotor, segera bersihkan. Sementara untuk ke depannya, lakukan pengecekan terhadap filter secara berkala guna mencegah AC bau kembali.

3. Isi Freon AC yang Habis

Jika ternyata freon AC habis menjadi penyebab munculnya aroma tidak sedap pada mobil Anda, maka segera isi freon tersebut agar aroma tidak sedap hilang dan AC juga menjadi dingin kembali.

Namun, untuk urusan ini sebaiknya ditangani oleh teknisi professional di bengkel khusus.

4. Bersihkan Evaporator

Cara mengatasi AC mobil berbau tidak sedap lainnya adalah dengan membersihkan evaporator. Pasalnya, evaporator yang kotor kerap menjadi ‘biang keladi’ dari bau tidak sedap yang dikeluarkan oleh AC mobil Anda.

5. Jangan Memasukkan Karpet Mobil yang Basah

Saat mencuci mobil, biasanya Anda juga akan mencuci karpet. Nah, jangan langsung memasukkan karpet setelah dicuci,

Karpet yang masih basah juga turut andil dalam menghasilkan bau tidak sedap pada kabin mobil Anda. Jadi, sebaiknya keringkan karpet terlebi dahulu sampai benar-benar kering.

6. Lakukan Pemeriksaan ke Bengkel

Apabila Anda tidak yakin dengan penyebab AC kendaraan kesayangan bau, Anda disarankan untuk pergi ke bengkel guna dilakukan pemeriksaan dan perbaikan lebih lanjut oleh teknisi yang sudah professional.

Itu dia informasi mengenai penyebab AC mobil bau dan solusi mengatasinya. Selain melakukan perawatan berkala, lindungi juga mobil Anda dari risiko kecelakaan maupun kehilangan dengan asuransi mobil terbaik.

Temukan berbagai asuransi mobil all risk hingga total loss only dengan premi sesuai kebutuhan hanya di Cekpremi.com dan dapatkan diskon spesialnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi mobil cekpremi