Bermodal Kecil Tapi Untung Besar, Coba 7 Usaha Sampingan Berikut Ini

Aug - 28
2021
usaha sampingan

Bermodal Kecil Tapi Untung Besar, Coba 7 Usaha Sampingan Berikut Ini

Seiring perkembangan zaman, bertambah pula berbagai kebutuhan manusia, mulai dari kebutuhan dasar hingga berbagai kebutuhan tersier lainnya seperti kebutuhan untuk liburan, pengembangan diri, dan lainnya. Seringkali pula, kebutuhan ini tidak bisa mengambil porsi dari penghasilan utama kita sehingga membuat kita harus bekerja lebih banyak atau memiliki usaha sampingan.

Pendapatan ekstra juga bisa membantu untuk memenuhi kebutuhan dasar lainnya. Misalnya demi menabung untuk membeli rumah, pergi beribadah, dan lainnya. Bagi mahasiswa, penghasilan dari usaha sendiri bisa digunakan untuk membeli kebutuhan, liburan, atau pengembangan diri lainnya.

Memiliki bisnis sampingan untuk menambah pendapatan kadang membuat beberapa khawatir dalam membagi waktu. Namun jangan khawatir pekerjaan atau kuliah Anda akan terganggu karena saat ini juga banyak usaha sampingan yang bisa dilakukan dari sore hingga malam hari di waktu-waktu luang kalian.

Membagi waktu memang menjadi tantangan, namun dengan tujuan yang jelas, hal tersebut bisa melatih Anda untuk terus bekerja dan berkomitmen pada suatu hal.

Ide Usaha Sampingan Untuk Dapat Uang Tambahan

ide bisnis rumahan

1. Jasa Editor atau Penulis Lepas

Untuk Anda yang ingin banyak menghabiskan waktu bersama keluarga di rumah, bisnis sampingan ini sangat cocok. Saat ini banyak sekali perusahaan yang membutuhkan penulis freelance untuk membuat konten di website mereka.

Anda tinggal mengetik freelance writer di mesin pencari dan pilih topik yang Anda kuasai. Usaha menulis ini juga bisa berkembang menjadi editor ketika tulisan yang diterbitkan semakin banyak. Jika Anda ingin mendalami bidang ini, sebaiknya pilih topik yang Anda sukai agar ketika menulis dan menyunting memberikan hasil yang memuaskan.

2. Membuka Usaha Kuliner

Salah satu bisnis yang tidak pernah sepi peminat adalah berjualan makanan. Walaupun dimulai dengan menjadi usaha sampingan, jenis usaha ini bisa berkembang menjadi usaha besar jika Anda mau menekuninya.

Apalagi di zaman serba online seperti sekarang ini, Anda bisa memanfaatkan teknologi telekomunikasi untuk pemasaran dan sistem usaha. Jika Anda masih bingung ingin menjual makanan apa, pilihlah makanan yang disukai. Tidak harus membuat sendiri ya, Anda juga bisa membeli dan menjualnya kembali. Dari sana Anda bisa mendapatkan keuntungan dari margin penjualan.

3. Les Privat

Jenis bisnis sampingan lainnya yang bisa Anda lakukan adalah memberikan les privat. Anda bisa memilih keterampilan atau pelajaran yang dikuasai. Anda bisa memulai usaha ini dengan mendatangi rumah orang yang akan menyewa jasa.

Jika sudah memiliki banyak koneksi, Anda bisa mengembangkan usaha sampingan ini menjadi usaha les private. Untuk menjalankan usaha sampingan ini Anda harus telaten dan menyiapkan peralatan mengajar, ya!

Baca juga: Mulai Bisnis Kala Pandemi, Begini Cara Mendapatkan Modal Usaha dari Pemerintah

4. Jasa Desain Grafis

Anda memiliki keterampilan desain? Nah, ini bisa dijadikan sumber usaha sampingan, lho! Anda bisa menawarkan jasa melalui market place atau tempat lainnya. Jasa desain yang populer biasanya mencakup desain kartu nama, logo, baju, maskot, interior, dan lainnya.

Selain itu, Anda bisa melakukan bisnis sampingan ini dari rumah bermodalkan koneksi internet dan laptop untuk keperluan mendesain.

5. Membuka Toko Online

Banyaknya platform marketplace bisa kAnda manfaatkan dengan membuka toko online. Anda juga bisa memanfaatkan sosial media untuk promosi. Mengenai produk yang Anda jual, jangan khawatir jika tidak memiliki keahlian membuat produk apapun. Anda bisa mendaftar menjadi reseller. Mulailah dengan menjual produk-produk yang dekat dengan Anda.

6. Jasa Pemberi Feedback untuk Website Baru

Abda baru dengar ada jenis usaha sampingan ini? Pekerjaan ini sudah tidak asing lagi untuk para freelancer. Dengan bermodalkan laptop dan koneksi internet, Anda bisa mendapatkan bayaran yang lumayan. Untuk melakukan pekerjaan ini, Anda harus membuat akun terlebih dahulu. Jumlah akun akan memberikan kesempatan memberi feedback, sehingga semakin banyak akun akan memberikan keuntungan yang lebih juga.

7. Penjual Kerajinan Tangan

Bisnis ini cocok sekali untuk Anda yang hobi membuat kerajinan tangan. Salurkan kreativitas Anda untuk mendapatkan pendapatan ekstra dengan menjual hasil kerja kreatif. Tak jarang pula, bisnis sampingan semacam ini berkembang menjadi bisnis yang menjanjikan di masa depan jika dikelola dengan baik.

Nah, itu tadi 7 rekomendasi usaha sampingan yang bisa Anda coba. Usaha manapun yang akan coba, semoga berhasil, ya!

Baca juga: 5 Cara Membuka Usaha Kecil Kecilan dan Rekomendasi Usaha yang Menguntungkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi covid