Mobil Terendam Banjir? Tetap Tenang, Ini Cara Mengatasinya

Oct - 15
2021
mobil banjir

Mobil Terendam Banjir? Tetap Tenang, Ini Cara Mengatasinya

Last Updated on October 15, 2021 by Andini

Hal yang sangat dikhawatirkan oleh para pemilik mobil saat musim hujan adalah banjir. Pasalnya, kerusakan mobil akibat terendam genangan air bisa sangat parah dan merugikan pemilik mobil. Apabila mobil Anda rusak, biaya perbaikan mobil yang terendam banjir cukup mahal. Untuk itu, CekPremi punya solusi cara mengatasi mobil yang terkena banjir dengan mudah tanpa harus pergi ke bengkel atau memanggil mekanik. 

Sebagai catatan, ada beberapa cara memperbaiki mobil yang terendam banjir di bawah ini agak sulit dilakukan sendiri untuk mobil bertransmisi matic. Untuk itu, perlu diperhatikan dengan betul dan jangan dipaksakan apabila terlalu sulit. 

Masalah yang Dialami jika Mobil Terkena Banjir

Sederet masalah yang bisa Anda alami ketika kendaraan milik Anda terendam banjir di antaranya komponen listrik rusak, bagian mesin rusak sehingga mobil mati total, bagian dalam atau interior mobil akan berjamur dan berbau, bekas lumpur baik itu di dalam dan di luar mobil sulit dibersihkan, dan mobil menjadi berkarat khususnya di bagian mesin, knalpot, tangki, kopling, kampas rem, fender, dan bagasi.

Selain itu, masalah lain seperti rem menjadi licin atau kurang gigit dan cairan transmisi, rem, power steering, dan radiator terkontaminasi sehingga performa mobil menjadi tidak enak juga kerap terjadi. Mobil bekas banjir pun harganya menjadi turun di pasaran.

Cara Perbaiki Mobil yang Terendam Banjir Tanpa Harus ke Bengkel

cara perbaiki mobil yang terendam banjir

Apabila mobil Anda mengalami masalah-masalah di atas, berikut adalah solusi mudah cara mengatasi mobil yang berenang di tengah rendaman air hujan.

Coba Lepaskan Kabel Aki

Pertama, Anda bisa mencoba untuk melepas bagian kabel aki dari mobil. Hal ini harus dilakukan untuk menghindari terjadinya korsleting karena kabel aki berhubungan dengan komponen listrik yang ada di dalam mobil. Melepaskan kabel aki dari mobil membuat kendaraan roda empat Anda tetap aman dari korsleting listrik.

Jangan Nyalakan Mobil, Tapi Dorong

Cara atasi mobil yang terkena banjir selanjutnya adalah jangan menyalakan mesin mobil Anda. Apabila mobil Anda mogok karena banjir, jangan pernah menyalakan mesinnya. Untuk memindahkannya, cukup dorong mobil mogok Anda saja dan tidak perlu menyalakan mesinnya. Jika Anda tidak kuat, Anda bisa meminta tolong kepada masyarakat sekitar.

Hal ini harus dilakukan karena kondisi kendaraan roda empat saat terendam banjir merupakan salah satu kondisi darurat. Karena itulah, Anda perlu mengamankannya ke daerah yang kering.

Menyalakan kendaraan Anda saat masih terendam di air dapat menimbulkan korsleting listrik, sehingga air yang masuk ke mesin justru lebih banyak lagi.

Keringkan Bagian Pengapian: Busi, Karburator, dan Koil

Mobil memiliki komponen pengapian yang meliputi busi, saringan udara, alternator, karburator, koil, dan delco kabel. Piranti ini mudah rusak jika terkena air. Oleh karenanya, Anda perlu mengeringkan komponen-komponen tersebut agar tidak memperparah kerusakan. Apabila setelah dikeringkan masih mogok, Anda harus membawanya ke bengkel untuk melakukan perbaikan.

Matikan Rem Tangan

Rem tangan pada mobil harus segera matikan agar kanvas rem tidak lengket. Agar mobil tidak bergerak, Anda bisa menggunakan batu untuk mengganjalnya. Namun, cara atasi mobil yang terendam banjir ini hanya bisa digunakan pada mobil manual sedangkan mobil matic bisa memindahkan persneling menjadi mode parkir.

Kuras Tangki Bensin

Saat mobil terendam genangan air yang banyak, bensin sangat mudah tercampur dengan air. Untuk langkah ini, apabila Anda mampu melakukannya silahkan dilakukan. Jika tidak sebaiknya pergi ke bengkel.

Periksa Interior Mobil

Tak hanya bagian dalam mesin saja yang perlu dicek, interior mobil juga perlu Anda periksa seperti bagian karpet, kursi, dan pintu. Mobil yang kebanjiran harus diperiksa secara menyeluruh untuk menghindari adanya kerusakan yang mungkin tidak terdeteksi dengan skimming saja. Periksa dengan teliti dan pastikan tidak ada jamur dan karat yang menempel pada interior mobil.

Keringkan Panel dan Lampu

Lampu juga merupakan salah satu bagian dari mobil yang memiliki arus listrik. Setelah banjir merendam kendaraan Anda, periksa dan keringkan bagian lampu untuk menghindari adanya korsleting pada mobil.

Memanggil Towing

Memperbaiki mobil matic agak sulit dibanding mobil manual. Jika Anda sebelumnya tidak pernah memperbaiki mobil matic sendiri, ada baiknya menghubungi bengkel atau mekanik terdekat yang untuk melakukan pengecekan pada mobil.

Keringkan di Bawah Sinar Matahari

Cara mengatasi mobil kebanjiran yang terakhir bisa Anda lakukan jika cuaca sudah kembali cerah. Panas matahari dapat membantu mengeringkan bagian-bagian mobil yang basah, sehingga langkah ini lebih efektif daripada melakukan pengeringan dengan bantuan alat. Namun, jika tidak ada sinar matahari, Anda bisa menggunakan alat pengering untuk mengeringkan bagian-bagian mobil yang penting.

Cara Klaim Mobil yang Terendam Banjir

klaim asuransi mobil banjir

Alangkah baiknya jika Andamulai mempertimbangkan untuk melindungi mobil Anda dengan kepemilikan asuransi mobil dengan perluasan jaminan kerusakan akibat banjir.  Jika mobil sudah dilindungi asuransi, Anda tetap harus memastikan bahwa perusahaan asuransi dapat menjamin pembayaran klaim kerusakan akibat banjir.

Hal ini karena musibah banjir termasuk ke dalam force major atau bencana besar yang tidak termasuk ke dalam klaim asuransi dasar. Anda sebagai pemilik mobil, perlu melakukan perluasan jaminan terkait bencana alam, salah satunya adalah banjir.

Karena masih banyak yang salah pemahaman bahwa asuransi mobil menjamin kerusakan akibat banjir, tidak heran jika banyak klaim asuransi mobil akibat banjir ditolak oleh perusahaan asuransi karena belum dilengkapi dengan perluasan jaminan tersebut.

Jadi, pastikan lagi jika asuransi mobil Anda menyediakan perluasan tersebut dan segera lakukan perluasan agar terhindar dari risiko kerusakan akibat banjir saat musim hujan seperti saat ini.

Apabila sudah melakukan perluasan, ada beberapa hal yang perlu Anda ingat, karena klaim tetap bisa ditolak oleh perusahaan asuransi jika:

Menerobos Banjir dengan Sengaja

Apabila Anda secara sengaja mengendarai mobil untuk menerjang banjir, kemudian mobil mengalami kerusakan, maka pihak asuransi sudah pasti akan menolak klaim asuransi. Hal ini bisa terjadi karena sengaja menerobos banjir masuk ke dalam pengecualian yang tidak dijamin dalam polis asuransi.

Membiarkan Mesin Menyala saat Terendam Banjir

Mesin mobil yang dibiarkan menyala saat terendam banjir bisa mengakibatkan pembakaran mesin terganggu. Jika ini terjadi, klaim Anda juga otomatis akan ditolak oleh pihak asuransi.

Jadi, pastikan kembali polis asuransi mobil yang sudah atau akan Anda beli menyediakan perluasan yang Anda butuhkan. Cari asuransi mobil yang tepat dengan mudah dan cepat dengan Cekpremi.com untuk lindungi mobil secara maksimal.

Selain itu, Anda juga bisa bandingkan dan beli asuransi langsung secara online yang akan dibantu oleh para insurance specialist yang selalu siap 24/7 untuk Anda dari proses pembelian, penerbitan polis, hingga proses klaim selesai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi mobil cekpremi