Seberapa Penting Asuransi Kecelakaan Diri Untuk Dimiliki?

Mar - 31
2021
manfaat asuransi kecelakaan diri

Seberapa Penting Asuransi Kecelakaan Diri Untuk Dimiliki?

Pernahkah kamu mendengar tentang asuransi kecelakaan diri atau personal accident insurance? Jenis asuransi ini sebenarnya cukup populer dan banyak ditawarkan oleh agen asuransi. Fungsi dari asuransi kecelakaan diri adalah melindungi kerugian finansial jika terjadi kecelakaan yang mengakibatkan kematian atau cacat tetap. 

Pada umumnya, asuransi kecelakaan diri memiliki cakupan pertanggungan selama satu tahun, dengan jumlah santunan yang berbeda-beda sesuai dengan polis. Perlu diperhatikan juga, ada beberapa penyebab kecelakaan yang tidak dijamin, seperti bungy jumping, perlombaan kecepatan atau ketangkasan mobil atau motor serta olahraga udara dan air.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Siapa yang membutuhkan asuransi kecelakaan diri?

Sebenarnya setiap orang memiliki risiko terhadap berbagai kecelakaan yang mungkin terjadi. Namun, untuk sebagian orang dengan profesi dna keadaaan tertentu memiliki risiko lebih tinggi dari orang kebanyakan. Sehingga mereka membutuhkan perlindungan ekstra untuk meminimalisir risiko yang terjadi. 

Contoh beberapa orang yang membutuhkan perlindungan asuransi ekstra adalah pekerja tambang, atlet olahraga ekstrim, pilot, sopir, nahkoda, masinis, tentara, polisi, pekerja bangunan dan konstruksi, dan lain sebagainya. Kemudian, orang dengan mobilitas tinggi dan sering mengendarakan kendaraan bermotor juga butuh asuransi kecelakaan. 

3 Manfaat yang Ditawarkan oleh Asuransi Kecelakaan Diri

asuransi kecelakaan diri

1. Santunan kematian

Santunan kematian menjadi manfaat dasar yang pasti ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Jika terjadi kecelakaan yang mengakibatkan meninggal dunia, maka santunan berupa uang tunai akan diserahkan kepada kepada ahli waris. Mungkin ada yang bertanya, apa bedanya santunan asuransi kecelakaan dan asuransi jiwa. Perbedaannya ada pada penyebab kematian yang menjadi syarat dicairkannya santunan. Pada asuransi jiwa, ahli waris akan menerima santunan atau uang pertanggungan jika tertanggung wafat karena sakit maupun kecelakaan. Sementara pada asuransi kecelakaan, santunan akan keluar jika tertanggung wafat karena kecelakaan.  

2. Santunan cacat tetap

Asuransi kecelakaan juga menyediakan santunan cacat tetap yang disebabkan karena kecelakaan. Definisi risiko cacat tetap bisa digolongkan ke dalam dua kelompok, yaitu:

Cacat tetap total, misalnya kehilangan penglihatan di kedua mata atau tidak berfungsinya kedua lengan. Tertanggung yang cacat tetap total karena kecelakaan akan menerima 100% santunan. 

Cacat tetap sebagian, misalnya tidak berfungsinya sebagian anggota tubuh, misal lengan kiri atau sebelah kaki patah karena kecelakaan. Cacat total sebagian akan memperoleh santunan proporsional terhadap total santunan. 

3. Penggantian biaya pengobatan atau perawatan akibat kecelakaan

Asuransi kecelakaan diri juga menawarkan manfaat tambahan berupa penggantian biaya pengobatan atau perawatan akibat kecelakaan. Sebenarnya, manffat ini juga bisa didapatkan dari asuransi kesehatan. Jadi, Anda perlu lebih selektif untuk memilih manfaat asuransi yang ditawarkan perusahaan. 

Penting Diperhatikan Sebelum Membeli Asuransi Kecelakaan Diri

tips memilih asuransi kecelakaan diri

Pilih reputasi perusahaan yang bagus

Ada banyak perusahaan asuransi yang menyediakan layanan asuransi kecelakaan. Namun, Anda harus memperhatikan dan memilih asuransi yang memiliki reputasi bagus. Reputasi bisa menjadi tolak ukur kualitas layanan dan bagaimana proses klaim atau pencairan dana asuransi..

Pilih jenis perlindungan sesuai kebutuhan 

Hal ini cukup penting untuk dipertimbangkan agar pembayaran premi asuransi tidak menjadi beban. Pilihlah perlindungan dan premi yang sesuai dengan kebutuhan serta budget Anda. 

Lakukan perbandingan

Sebelum memutuskan membeli asuransi, pastikan Anda telah membandingkan berbagai pilihan produk dan perusahaan asuransi untuk mendapatkan yang terbaik. Kunjungi cekpremi.com untuk langsung membandingkan berbagai pilihan asuransi.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *