Asuransi Motor Hilang: Jenis Asuransi, Biaya Premi, Cara Klaim

Apr - 04
2021
asuransi motor hilang

Asuransi Motor Hilang: Jenis Asuransi, Biaya Premi, Cara Klaim

Tak hanya mobil, motor juga punya asuransi lho. Untuk menghindari kerugian ketika kehilangan motor, ada namanya asuransi motor hilang. Asuransi ini memberikan manfaat perlindungan untuk motor kesayangan Anda agar dapat menghindari risiko kerugian finansial jika hal-hal yang tidak diinginkan seperti kehilangan bahkan kecelakaan terjadi. Berkendara jadi makin aman dan nyaman. 

Terdapat dua jenis asuransi kehilangan motor berdasarkan cara pembeliannya

Motor yang dibeli secara tunai (Cash)

Untuk pembelian motor secara tunai, biasanya belum disertai dengan asuransi. Tapi, beberapa leasing motor biasanya akan menawarkan produk asuransi secara terpisah. 

Motor yang dibeli secara kredit

Jika membeli motor secara kredit, otomatis akan disertai dengan asuransi kehilangan motor. Biasanya premi asuransi sudah termasuk dengan biaya cicilan bulanan. 

Tipe Asuransi Motor

asuransi motor terbaik

TLO

Menjamin kerugian akibat kehilangan atau kerusakan yang menyebabkan motor tidak bisa berfungsi atau nilai perbaikan motor yang mencapai 75% akibat kecelakaan.

Komprehensif

Menjamin kerugian yang disebabkan oleh kecelakaan motor seperti lecet, penyok, sampai dengan kerusakan yang besar.

Extra Protection

Merupakan paket lengkap yang menjamin kerugian 75% ke atas akibat kecelakaan pada sepeda motor, yang dilengkapi dengan pilihan perluasan jaminan seperti tanggung jawab hukum pihak ketiga, santunan kecelakaan diri pengemudi dan penumpang, dan lainnya.

Perbandingan Premi atau Biaya Asuransi Motor

Premi asuransi untuk setiap jenis motor tentunya akan berbeda, tergantung juga dengan penyedia perusahaan asuransi. Ada beberapa faktor penentu biaya premi asuransi motor hilang: 

  • Usia motor
  • Type/varian model motor
  • Perluasan jaminan (jika ada)
  • Kode wilayah plat nomor

Pemerintah sebenarnya telah mengeluarkan aturan biaya asuransi premi lewat Surat Edaran OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Nomor 6/SEOJK.05/2017. Surat edaran itu menjelaskan bahwa persentase premi batas bawah dan atas sesuai dengan jenis/kategori kendaraan dan wilayah kamu menggunakan kendaraan tersebut. Rumusnya untuk menghitung premi yakni:

Persentase premi x harga On The Road (OTR) Motor + biaya administrasi

Anda bisa dengan mudah membandingkan premi asuransi motor di cekpremi.com.

Cara Klaim Asuransi Motor Hilang

Saat terjadi kehilangan motor, berikut adalah cara untuk pengajuan klaim ke pihak asuransi:

cara klaim asuransi

Buatlah Laporan ke Pihak Asuransi

Ketika motor Anda hilang, langsung melapor kepada pihak asuransi melalui telepon, email atau call center. Untuk yang membeli motor dengan sistem kredit bisa langsung menanyakan kepada pihak leasing mengenai kontak asuransi. Pada saat pelaporan pihak asuransi akan mewawancarai, serta akan memberikan beberapa pertanyaan tentang bagaimana, kenapa, dan kapan mengenai hilangnya motor. Waktu untuk melapor kepada pihak asuransi memiliki batas maksimal 72 jam. 

Buat Berita Acara di Kepolisian

Setelah melapor kepada pihak asuransi, buatlah laporan kehilangan di kepolisian terdekat. Anda akan diminta untuk membuat berita acara yang berisi tentang data pribadi serta kronologi kejadian. Batas untuk membuat berita acara maksimal 24 jam. 

Buat Surat Pemblokiran

Surat pemblokiran ini berfungsi sebagai dokumen pelengkap yang dibutuhkan pada saat proses klaim kepada pihak asuransi. Surat ini bisa didapatkan dari Ditlantas (Direktorat Lalu lintas) di Polda setempat.

Mengurus Surat dari Direktorat Reserse

Surat ini juga merupakan dokumen pelengkap, Anda akan diminta mengisi formulir surat permohonan dengan nama yang sesuai pada polisi asuransi yang terdaftar. Dalam suatu permohonan tersebut beberapa dokumen yang harus dilampirkan adalah Fotokopi KTP, Fotokopi BPKB, Fotokopi faktur pembelian, Fotokopi polis asuransi, Fotokopi tanda laporan dari kepolisian, Surat pengantar dari pihak asuransi, Surat asli DPB (Daftar Pencarian Barang), Surat asli Lapju (Laporan Kemajuan) dari kepolisian.

Mengajukan Surat Permohonan Klaim Asuransi

Setelah semua dokumen lengkap, sekarang saatnya untuk mengajukan surat permohonan klaim pada pihak asuransi. Isi formulir dengan lengkap dan bawa beberapa dokumen pendukung ini, Fotokopi polis asuransi kendaraan, Fotokopi SIM dan STNK, Surat kehilangan asli dari kepolisian, Surat BAP (Berita Acara Pemeriksaan), BPKB asli, faktur pembelian asli, dan STNK asli, Kuitansi yang telah disertai materai sebanyak 3 lembar, 2 Kunci kontak motor, Surat Keterangan Ketua Direktorat Reserse, Surat tanda pemblokiran STNK dari Polda, dan Subrogasi.

Asuransi motor hilang sebenarnya dapat dengan mudah diklaim ke pihak asuransi asalkan semua persyaratan lengkap. Asuransi juga akan membuat Anda merasa lebih aman saat berkendara. Jadi, jangan lupa untuk menambahkan perlindungan asuransi untuk kendaraan Anda ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner asuransi mobil cekpremi