Rincian Biaya Notaris Jual Beli Rumah di Tahun 2021

Jul - 05
2021
biaya notaris jual beli rumah

Rincian Biaya Notaris Jual Beli Rumah di Tahun 2021

Last Updated on July 14, 2021 by

Proses jual beli rumah tentunya tidak semudah membeli mobil ataupun sayur di pasar. Perlu biaya tambahan agar hak sepenuhnya beralih dari pihak penjual ke pihak pembeli. Biasanya agar proses jual beli rumah lancar, diperlukan peranan notaris ataupun bank. Nah di artikel kali ini, kami akan membahas apa saja sih biaya tambahan notaris untuk proses jual beli rumah, simak rincian biaya lengkapnya di bawah ini!

 

Biaya Notaris Jual Beli Rumah Terupdate di Tahun 2021

Berikut adalah rincian biaya yang perlu kalian siapkan, agar proses jual beli rumah berjalan lancar:

Keperluan Biaya 
Cek sertifikat Rp 100 ribu
Validasi pajak Rp 200 ribu
Surat kuasa (jika diperlukan) Rp 250 ribu
SK 59 Rp 1 juta
BBN Rp 750 ribu
Akta pemberian hak tanggungan (opsional) Rp 1,2 juta
Pembuatan AJB Rp 2,4 juta
Jasa notaris 1% dari nilai transaksi

Patut diperhatikan, biaya yang sudah kami sebutkan di atas itu hanyalah patokan saja. Kenyataannya setiap kantor notaris memiliki kisaran harga yang berbeda-beda. Namun tidak jauh dari besaran yang sudah kami sebutkan sebelumnya.

 

Mengapa Harus Melibatkan Notaris Dalam Proses Jual Beli?

Notaris merupakan pihak yang netral yang artinya mereka tidak memihak siapapun saat proses jual beli. Berikut adalah beberapa hal yang membuat peran notaris penting dalam proses jual beli rumah:

– Terhindar dari adanya penipuan

Banyak penjual yang licik dan berniat untuk menipu calon pembeli. Notaris berperan besar dalam proses pengecekan dan validasi sertifikat, agar calon pembeli tidak tertipu dengan sertifikat palsu dan berbagai trik licik lainnya dari pihak penjual rumah.

– Memudahkan proses jual beli rumah

Jika kalian mengurus sendiri dan tidak lewat notaris, banyak langkah yang harus kalian jalani, seperti mengurus perihal balik nama dengan cara datang ke kantor BPN dan sebagainya. Dengan adanya notaris, segala urusan yang berkaitan dengan BPN akan diurus oleh pihak notaris.

– Legalitas rumah dijamin aman

Kadangkala kantor BPN pun dapat membuat kesalahan, entah itu dalam hal pengetikan atau hal lainnya. Notaris akan memastikan data-data sudah sesuai dan tidak ada salah pengetikan.

– Meminimalisir terjadinya perselisihan antara penjual dan pembeli

Perselisihan bisa saja terjadi jika proses pembuatan perjanjian tidak melibatkan ahlinya. Notaris memastikan jikalau terjadi perselisihan, semuanya sudah diatur melalui prosedur dan hukum yang berlaku.

 

Jadi Penting atau Tidak Menggunakan Notaris?

Tergantung, jika kalian sudah mengerti dengan detail perihal jual beli rumah, kalian bisa mengurusnya secara mandiri. Namun jika kalian masih awam, ada baiknya menggunakan jasa notaris agar proses jual beli rumah aman dan lancar.

 

Berikan perlindungan kepada aset properti kalian!

asuransi properti cekpremi

Properti merupakan sebuah aset yang berharga, oleh karena itu pastikan aset properti kalian terhindari dari segala resiko kerusakan yang mungkin terjadi dengan perlindungan asuransi properti!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

asuransi properti cekpremi