Mau Bikin Sumur Bor di Rumah? Cari Tau Dulu Biaya Sumur Bor di SIni!

Jun - 20
2021
sumur bor

Mau Bikin Sumur Bor di Rumah? Cari Tau Dulu Biaya Sumur Bor di SIni!

Untuk sumber air rumah tangga, banyak orang yang menggunakan jaringan PAM atau sumur galian. Namun untuk di kota-kota besar yang sumber airnya sudah terbatas, sumur bor sering menjadi solusi terbaik untuk mendapatkan air bersih. Walaupun untuk pembuatannya cukup mahal dibandingkan sumur galian. Untuk yang berencana akan membuat sumur bor, berikut adalah biaya sumur bor yang harus dikeluarkan serta kelebihan dan detail lain tentang sumur bor. 

Apa Perbedaan Sumur Galian dan Sumur Bor?

Perbedaan utama dari kedua sumur ini adalah cara pembuatan, penggunaan alat, dan kedalaman. Saat menggali sumur bor, menggunakan peralatan modern dan canggih sehingga bisa mengebor sampai kedalaman 100 hingga 150 meter.

Sementara saat membuat sumur galian, dilakukan manual dengan peralatan cangkul, sekop, dan lainnya menggunakan tenaga manusia. Kedalaman sumurnya hanya berkisar 10-20 meter saja. 

Biaya pembuatannya juga bisa dipastikan jauh berbeda. Sumur galian membutuhkan biaya yang lebih sedikit karena kedalaman sumur tidak terlalu dalam, sedangkan biaya sumur bor cukup mahal namun sesuai dengan hasil yang diberikan. Air yang didapatkan lebih bersih dan jernih.

Berapa Biaya Membuat Sumur Bor?

 

biaya sumur bor

Umumnya, sumur bor dibandrol dengan harga kisaran Rp 150,000 hingga Rp 300,000 per meter. Jadi untuk sumur bor dengan kedalaman 100 meter, biaya yang dikeluarkan berkisar Rp 15.000.000 hingga Rp 30.000.000. Biaya ini belum termasuk pemipaan, pompa sumur, pemasangan kabel listrik, hingga tangki. Jadi, Anda harus menyiapkan dana tambahan lain, apalagi kalau hingga kedalaman tersebut belum ditemukan sumber air yang sesuai.

Beberapa hal yang mempengaruhi biaya pembuatan sumur bor antara lain adalah 

Lokasi Pengeboran

Setiap daerah memiliki karakteristik geologi yang berbeda-beda. Hal ini berpengaruh pada alat-alat yang digunakan, kedalam sumur yang dibutuhkan, dan tingkat kesulitan. Beberapa tempat ada yang berbatu sedangkan lainnya adalah berpasir sehingga sulit ketika dilakukan pengeboran, oleh karena itu harganya menjadi beragam. 

Peralatan yang Digunakan

Hal lain yang mempengaruhi harga borongan pembuatan sumur bor adalah peralatan yang digunakan. Termasuk material pemipaan untuk penampang sumur atau casing, pipa hisap dan material pendukung lainnya. Diameter dalam pembuatan sumur bor juga mempengaruhi karena berhubungan dengan pvc atau besi galvanis. 

Kedalaman Sumur

Semakin dalam sumur yang akan Anda gali maka otomatis biaya yang harus Anda keluarkan akan semakin besar dan pompa air tanah yang dibutuhkan. Untuk mendapatkan air tanah yang bersih, umumnya kedalaman yang harus digali adalah 50 meter. 

Apa Kelebihan Sumur Bor?

Proses Membuat Lebih Cepat. Pembuatan sumur bor hanya membutuhkan waktu beberapa hari dan tidak memerlukan banyak orang dalam pengerjaannya.

Menentukan Kedalaman Sumur Lebih Mudah. Penggunaan alat bor memudahkan dalam menuju sumber mata air karena memang menggunakan alat yang modern. 

Tidak Memerlukan Lahan yang Luas. Kalau untuk membuat sumur galian dibutuhkan diameter yang besar, beda cerita ketika membuat sumur bor. Tidak diperlukan lahan luas untuk menggalinya, bisa di pojok rumah, bahkan di dalam rumah. 

Air Lebih Bersih. Air dari sumur bor adalah air dari kedalam tanah dalam sehingga lebih bersih dan tidak tercemar kandungan berbahaya lain, sehingga lebih aman untuk tubuh. 

Untuk Anda yang ingin membuat sumur bor patoka biaya sumur bor di atas bisa menjadi referensi. Cari tau juga bagaimana kondisi geologi rumah Anda sehingga bisa diketahui peralatan apa yang dibutuhkan dan berapa kedalaman yang pas. Pastikan juga menyiapkan dana cadangan untuk berjaga-jaga kalau harus mengeluarkan budget lebih. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

asuransi properti cekpremi