Sebelum Beli, Pahami Perbedaan Asuransi Mobil All Risk dan Kombinasi Ini!

Jun - 20
2021
Perbedaan Asuransi Mobil All Risk dan Kombinasi

Sebelum Beli, Pahami Perbedaan Asuransi Mobil All Risk dan Kombinasi Ini!

Hi Cekmates, untuk Anda memiliki kendaraan bermotor, memiliki asuransi hukumnya wajib agar melindungi dari kerugian finansial. Maksudnya, ketika berkendara Anda tidak pernah tau apa yang bisa saja terjadi di jalan. Dengan memiliki asuransi, biaya perbaikan mobil karena kecelakaan akan ditanggung oleh pihak asuransi. Jadi, Anda tidak akan keluar uang besar secara tiba-tiba dan keuangan bisa lebih stabil. Ada 2 jenis asuransi berdasarkan cakupan perlindungannya, yaitu asuransi mobil All Risk dan asuransi Total Loss Only (TLO). Ada tambahan 1 jenis asuransi kombinasi yang menggabungkan keduanya. Lalu, apa perbedaan asuransi mobil All Risk dan Kombinasi?

Perbedaan Asuransi Mobil All Risk, TLO, dan Kombinasi

asuransi mobil kombinasi

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Saat ini ada banyak jenis asuransi kendaraan yang memberikan berbagai pilihan perlindungan. Mulai dari kerusakan akibat kerusuhan, sabotase, dan bencana alam. Termasuk juga pemberian perlindungan kepada pengendara dan penumpang apabila terjadi kecelakaan dan harus menjalani perawatan. Untuk lebih detail, berikut adalah penjelasannya.

Asuransi Mobil Total Loss Only (TLO)

Asuransi ini memiliki premi yang terjangkau dengan perlindungan penggantian apabila mobil mengalami kerusakan total hingga lebih dari 75% atau kehilangan. Jadi, jika hanya lecet atau penyok di beberapa bagian, Anda tidak bisa mengklaim dan meminta penggantian dari asuransi. 

Untuk mobil yang dibeli secara kredit, biasanya secara otomatis akan mendapatkan asuransi TLO yang termasuk dalam pembayaran cicilan pertama. Nilai premi yang dibayarkan akan menyesuaikan dengan jangka waktu kredit yang diambil. Jangka waktu yang semakin singkat akan membuat nilai premi semakin kecil. 

Asuransi Mobil All Risk

Sering juga disebut sebagai asuransi komprehensif yang memberikan perlindungan secara menyeluruh. Mulai dari lecet, penyok, kerusakan besar, dan kehilangan. Tentunya dengan cakupan perlindungan yang luas, nilai premi yang harus dibayarkan juga lebih mahal daripada asuransi TLO.

Bahkan, Anda juga bisa mendapatkan perlindungan tambahan yang memberikan tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga. Misalkan ketika mobil mengalami kecelakaan karena menabrak mobil orang lain, pihak asuransi juga akan membiayai penggantian kerusakan mobil tersebut. 

Asuransi Mobil Kombinasi

Asuransi mobil kombinasi merupakan gabungan antara asuransi TLO dan All Risk yang bisa memberikan perlindungan secara efektif. Jadi, Anda bisa menggunakan dua jenis asuransi mobil sekaligus dalam satu waktu.

Contohnya, Anda memilih asuransi kombinasi selama 5 tahun, di 2 tahun pertama Anda bisa memilih asuransi All Risk kemudian 3 tahun selanjutnya memilih asuransi TLO, dan sebaliknya. Hal ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan finansial. 

Apa Kelebihan Asuransi Mobil Kombinasi? 

Asuransi kombinasi banyak dipilih untuk mobil-mobil baru agar bisa mendapatkan perlindungan maksimal. Mulai dari kerusakan minor hingga besar akibat dari kecelakaan, bencana alam, huru hara, kerusuhan, dan lainnya, termasuk pencurian.

Untuk pertimbangan resiko, di tahun-tahun awal sebaiknya memilih jenis All Risk agar keadaan mobil tetap mulus seperti baru. Kemudian di tahun kedua atau ketiga bisa memilih asuransi TLO. Namun kembali lagi, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Disamping kelebihannya, Anda juga harus memperhatikan kelemahannya. Kedua jenis asuransi ini tidak digabungkan dalam jangka waktu yang sama. Jadi misal Anda memilih All Risk di 2 tahun pertama, sisanya asuransi TLO. Kemudian di tahun ketiga mengalami penyok dan baret yang kerusakan totalnya hanya 50%, Anda tidak bisa melakukan klaim karena di tahun tersebut asuransi yang berlaku adalah TLO. 

Setelah mengetahui perbedaan asuransi mobil All Risk dan Kombinasi Anda harus benar-benar memperhatikan apa saja cakupan dari setiap jenis asuransi yang dipilih sebelum membeli. Dapatkan pilihan asuransi mobil terbaik di Cekpremi.com, bisa dapat diskon hingga 25%!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *