4 Cara Memasang Audio Mobil Supaya Aki Tidak Tekor

Aug - 13
2021
audio mobil supaya aki tidak tekor

4 Cara Memasang Audio Mobil Supaya Aki Tidak Tekor

Memasang audio system terbaik di dalam kabin menjadi pilihan sejumlah pemilik mobil demi menciptakan sumber hiburan yang berkualitas sehingga berkendara terasa menyenangkan.

Sayangnya, banyak pemilik mobil yang kerap ‘salah’ dalam meng-upgrade sistem audio mobilnya. Alhasil, terjadi berbagai masalah di kemudian hari. Salah satu masalah yang umum ditemui adalah aki tekor.

Lantas, bagaimana cara memasang audio mobil yang benar supaya aki tidak tekor? Tenang, Anda bisa menerapkan sejumlah tips berikut ini!

Tips Aman Memasang Audio Mobil Supaya Aki Tidak Tekor

Sah-sah saja memodifikasi perangkat audio mobil kesayangan Anda. Namun, jangan sampai hal ini membuat aki mobil jadi tekor yang bisa bikin Anda pusing, mengingat peran aki yang sangat vital.

Ini dia sejumlah tips memasang audio mobil yang benar supaya aki tidak tekor:

1. Ganti Alternator Aki

Setiap pabrikan sudah memperhitungkan daya sistem kelistrikan untuk mobil yang mereka produksi. Daya standar ini tentu tidak dipersiapkan untuk penambahan aksesoris mobil seperti sistem audio. Alhasil, beban aki akan bertambah berat apabila Anda menambahkan perangkat audio.

Sebagai contoh, sebuah mobil dibekali aki berdaya 50 ampere. Jika ditambah dengan audio yang membutuhkan daya 45 ampere, maka hal ini bisa menyebabkan aki tekor.

Oleh karena itu, cara pertama yang harus Anda lakukan ketika memutuskan untuk memasang sistem audio tambahan adalah dengan mengganti alternator aki. Alternator berfungsi untuk mengisi daya aki sehingga pasokan listrik untuk mobil terpenuhi.

Gantilah alternator yang sesuai dengan kebutuhan daya listrik mobil setelah dipasang perangkat audio.

2. Pastikan Kabel dalam Kondisi Baik

Untuk menyambungkan perangkat audio ke aki sebagai sumber listrik utama, dibutuhkan kabel. Nah, pastikan memilih kabel yang berkualitas dan kondisinya baik, seperti tidak terkelupas dan tebal.

Kabel yang ‘cacat’ tidak hanya membuat aki bermasalah dan berujung tekor, tapi juga bisa mengurangi kualitas suara yang dihasilkan nantinya.

Baca juga: Cara Mengatasi Oli Rembes Tanpa Bongkar Mesin Mobil

3. Pastikan Sambungan Kabel ke Sumber Listrik Rapi

Masih terkait dengan kabel audio, cara memasang audio mobil supaya aki tidak tekor selanjutnya adalah dengan memastikan sambungan kabel dari perangkat audio menuju kepala aki terpasang dengan rapi.

Susun kabel-kabel tersebut satu per satu agar tidak terlihat berantakan. Selain itu, apabila ada ujung kabel yang harus dipotong, tutuplah ujung kabel tersebut dengan selotip khusus untuk mencegah terjadinya arus pendek yang bisa membahayakan.

Alangkah baiknya lagi jika Anda memasang sekring terpisah untuk semakin meminimalisir risiko arus pendek.

4. Pasang Power Amplifier

Memasang power amplifier juga menjadi siasat instalasi audio mobil supaya aki tidak tekor. Pasalnya, power amplifier tidak membutuhkan daya secara konstan.

Namun, ada yang perlu Anda perhatikan saat memasang power amplifier, yakni pastikan agar kabel penyambung dengan speaker maupun subwoofer terpasang rapi dan ditutup dengan selotip.

Selain itu, pilihlah kabel sesuai dengan daya yang dibutuhkan. Lalu, jauhkan kabel untuk power supply dengan kabel signal.

 

Lindungi mobil kesayangan Anda dengan asuransi mobil terbaik dan terpercaya! Bandingkan berbagai pilihan asuransi mobil di Cekpremi.com!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi mobil cekpremi