Mau Cepat Punya Rumah? Ini Cara Membangun Rumah Secara Bertahap

Jul - 26
2021
cara membangun rumah secara bertahap

Mau Cepat Punya Rumah? Ini Cara Membangun Rumah Secara Bertahap

Tiga kebutuhan pokok manusia, yakni sandang, pangan, dan papan. Seiring berkembangnya kemajuan zaman dan teknologi, manusia semakin mudah memenuhi kebutuhan sandang dan pangan. Namun kebutuhan papan atau rumah sepertinya masih menjadi PR. Pasalnya semakin hari, harga properti semakin naik. Bagi milenial apalagi generasi sandwich yang memiliki banyak tanggung jawab, memiliki rumah merupakan kebutuhan pokok yang sulit dijangkau. Namun Anda juga bisa mempercepat kepemilikan rumah dengan cara membangun rumah secara bertahap.

Meskipun demikian, bukan berarti memiliki rumah dengan segala tanggung jawab lainnya menjadi tidak mungkin. Biaya pembangunan maupun biaya kredit rumah memang banyak menjadi kendala. Namun Anda bisa mulai melakukan perencanaan dari sekarang. Selain dengan menambah penghasilan atau mengurangi pengeluaran, Anda juga bisa mempercepat kepemilikan rumah dengan cara membangun rumah secara bertahap. Anda bisa memanfaatkan dana yang ada untuk membangun rumah secara bertahap.

Strategi dan Cara Membangun Rumah Secara Bertahap yang Bisa Anda Pelajari

budget membangun rumah

1. Buatlah rencana anggaran detail dan serinci mungkin

Rencana yang detail dan rinci bisa Anda buat apabila Anda sudah menentukan ingin membuat rumah dengan ukuran dan model seperti apa. Selain itu, seberapa lama jangka waktu yang Anda rencanakan untuk membangun? Anda bisa memulai dengan memperjelas tujuan dan menjadikannya sebagai acuan dalam melakukan pembangunan rumah nantinya. Dengan memiliki acuan dan tujuan yang jelas, Anda bisa menghindari pengeluaran yang tidak perlu dan bisa menghemat biaya.

2. Lakukan survey material secara rinci

Dalam pembangunan sebuah rumah, bahan material bangunan menjadi salah satu pos pengeluaran yang besar. Untuk itu, Anda perlu melakukan survey harga dan kualitas material bangunan yang cocok dan baik untuk Anda gunakan nantinya. Misalnya, Anda bisa menggunakan bahan bangunan merek lokal. Selain bagus secara kualitas, merek lokal memiliki harga yang relatif lebih murah dibandingkan merek impor.

3. Pilih sistem kerja tukang bangunan borongan

Dengan menggunakan sistem borongan, Anda bisa memprediksi total biaya pekerja yang lebih pasti daripada sistem harian. Biasanya, pekerjaan dengan sistem borongan juga akan jadi lebih cepat, sehingga Anda bisa menekan biaya makan siang yang diberikan untuk tukang bangunan. Meski begitu, pilihlah tukang yang memiliki pengalaman dan reputasi kerja yang baik, ya!

4. Jika dana yang ada sangat minim, mulailah dengan membuat pondasi rumah

Jika dana yang Anda miliki untuk membangun rumah terbilang terbatas, bangunlah rumah dengan cara bertahap. Anda bisa memulainya dengan membangun pondasinya dulu, lalu lanjutkan dengan proses pembangunan sesuai dengan dana yang dipunya. Bahkan, dengan membangun rumah secara bertahap, Anda jadi bisa menggunakan material secara lebih efisien.

5. Bijak dalam membuat kamar mandi

Kamar mandi, meskipun tidak menjadi ruang utama keluarga, namun fungsinya krusial. Selain itu, ternyata pengeluaran untuk membangun kamar mandi biasanya cukup banyak, lho! Hal ini karena Anda harus menyiapkan hal-hal seperti anti air, keran otomatis, furnitur kamar mandi, dan lainnya. Mem6. bangun kamar mandi dengan shower saja bisa menghemat pengeluaran anggaran Anda, lho!

6. Biarkan dinding rumah tanpa finishing

Jika anggaran yang Anda siapkan ternyata sudah menipis namun rumah belum jadi, Anda bisa menekan pengeluaran dengan membiarkan dinding rumah tanpa finishing. Untuk membuatnya menjadi lebih artistik, Anda bisa menggunakan konsep industrial modern dimana sedang banyak digandrungi masyarakat.

7. Pilih desain rumah yang sederhana namun fungsional

Memilih untuk membangun rumah dengan desain minimalis bisa menjadi pilihan Anda untuk memulai membangun rumah dengan dana terbatas. Selain sedang trend saat ini, gaya minimalis juga memiliki banyak kelebihan, misalnya lebih multifungsi. Anda bisa memanfaatkan satu ruangan untuk beberapa keperluan. Untuk membuat desainnya pun Anda bisa mencari bantuan melalui internet. Saat ini terdapat banyak inspirasi desain rumah minimalis yang kekinian dan hemat budget.

Nah, itu tadi cara membangun rumah secara bertahap yang bisa Anda pelajari. Memiliki rumah dengan budget minimal bukanlah menjadi kendala lagi, semuanya ada solusinya. Kuncinya adalah tetap sederhana dan mulai saja. Jika Anda ingin menambahkan fitur keamanan di masa mendatang, Anda bisa menambahkan asuransi properti untuk melindungi properti Anda dan menghindari kerugian yang tidak terduga. Temukan informasi lengkapnya hanya di Cekpremi.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

asuransi properti cekpremi