5 Cara Mudah Pasang CCTV Sendiri di Rumah

Oct - 31
2021
pasang cctv di rumah

5 Cara Mudah Pasang CCTV Sendiri di Rumah

Saat ini, CCTV menjadi alat yang penting untuk meningkatkan keamanan rumah. Selain harganya yang tidak murah, proses pemasangannya pun terkenal cukup rumit.

Oleh sebab itu, tak jarang dari kita yang memanggil teknisi atau orang ahli untuk melakukannya.

Tapi tahukah Anda bahwa menginstal CCTV itu mudah, loh! Yuk simak pembahasan cara mudah pasang CCTV sendiri di rumah tanpa bantuan teknisi.

Tips Memasang CCTV di Rumah

pasang cctv kabel dan tanpa kabel
Sebelum memasang CCTV di rumah, ada beberapa hal yang harus Anda siapkan dan rencanakan. Tanpa perencanaan yang baik, instalasi CCTV dapat menghasilkan cakupan yang buruk, penyimpanan yang tidak teroptimasi, dan kontrol yang tidak memadai.

Untuk itu, simak dulu yuk tips perencanaan sebelum memasang CCTV di tempat tinggal Anda.

1. Ketahui dengan Tepat Jenis CCTV Rumah yang Akan Anda Pasang

Proses pemasangan CCTV bervariasi karena harus disesuaikan dengan jenis kamera pengawas itu sendiri.

Terdapat dua jenis CCTV yakni yang berkabel dan nirkabel. Lantas mana yang harus Anda pilih?

Ini semua tergantung pada kebutuhan keamanan rumah Anda. Sebagai saran, sebaiknya beli kamera CCTV yang nirkabel dengan koneksi WiFi dan bertenaga batera untuk fleksibilitas dan pemasangan yang lebih mudah. Untuk spesifikasinya gunakan kamera PoE IP berkabel untuk sinyal jaringan yang lebih stabil.

Kamera keamanan yang ditenagai baterai pun memudahkan Anda karena tidak akan ada kabel dan pengeboran yang berantakan, terutama saat memasang kamera CCTV di luar pintu atau jendela rumah.

Anda dapat dengan bebas meletakkan CCTV di mana saja, di dalam dan di luar ruangan, di rak, meja, atau dipasang di dinding tanpa kabel.

2. Tempat Memasang Kamera CCTV Dalam dan Luar Rumah

Mengetahui di mana menempatkan kamera CCTV rumah Anda sangatlah penting. Tukuammua agar dapat memaksimalkan efektivitas kamera Anda.

Pintu depan, pintu belakang, dan jendela yang menghadap ke luar jalan adalah lokasi dan posisi terbaik yang disarankan oleh pakar keamanan.

3. Siapkan Alat Pemasangan CCTV untuk Kelancaran Pemasangan

Umumnya alat yang dibutuhkan untuk pemasangan CCTV antara lain sekrup, angkur, kabel, adaptor atau penerima daya, bor listrik dan lain-lain.
Jika Anda mendapatkan kamera (sistem) CCTV all-in-one, bahan pemasangan yang diperlukan semacam sekrup yang biasanya sudah disertakan dalam kotak CCTV ketika membelinya.

Cara Mudah Pasang CCTV Sendiri di Rumah

memasang cctv

Cara pasang CCTV di rumah tanpa tidak serumit yang Anda kira. 5 langkah mudah berikut akan membuat pemasangan kamera CCTV berkabel dan WiFi di rumah menjadi hemat biaya dan mudah.

Langkah 1: Cek Tempat Pemasangan CCTV

Ini adalah langkah penting dalam pemasangan sendiri kamera pengawasan rumah. Perhatikan detail berikut saat Anda memutuskan area di mana Anda ingin menempatkan CCTV:

  • Sebaiknya pemasangan kamera CCTV agak tinggi, untuk memastikannya mendapatkan tampilan yang jelas dan luas.
  • Tempatkan kamera CCTV di tempat yang jauh dari jangkauan orang lain atau anak-anak.
  • Hindari mengarahkan kamera Anda langsung ke sumber cahaya.
  • Letakkan kamera di dekat sumber listrik. CCTV tanpa kabel pun membutuhkan catu daya.
  • Lindungi kamera CCTV luar ruangan dari hujan atau panas. Sebaiknya pasang di tempat yang sejuk tapi dengan jangkauan luas dan jelas.
  • Sebaiknya jangan memasang kamera keamanan di bawah karena dapat menyebabkan gambar dan video menjadi terlalu terang.
  • Hindari memasang kamera keamanan CCTV yang mencakup rumah tetangga Anda, kamar mandi, atau tempat yang berkaitan dengan privasi.

Langkah 2: Pasang Kamera CCTV di Dinding

Lubangi dengan bor tembok, langit-langit, dan tempat lain yang sudah Anda tentukan untuk memasang kamera keamanan ini. Kemudian arahkan kamera pada posisi dan sudut yang tepat.

CCTV rumah yang bagus biasanya sudah paket lengkap kamera Reolink PoE beserta braket pemasangan, dan sekrup. Manfaatkan template lubang pemasangan di tembok atau langit-langit tersebut untuk membuat pemasangan CCTV Anda menjadi lebih mudah.

Jika Anda memasang kamera IP PTZ, langkah penting lainnya adalah pemasangan braket vertikal. Kenali lebih banyak tentang cara memasang braket vertikal RLC-423.

Langkah 3: Atur dengan Baik Kabel dan Perangkat Lain

Bagian tersulit dari cara pasang CCTV sendiri di rumah adalah mengatur kabel.

Oleh karenanya, sebelum memulai, Anda harus merencanakan di mana kabel ini diletakkan dan dipasang agar tidak mengganggu desain rumah dan supaya tidak gampang terjangkau orang dan anak-anak.

Hal ini penting apalagi bagi Anda yang memasang kamera di banyak tempat, seperti, lorong, ruang bawah tanah, garasi, loteng, bawah atap, dan langit-langit.

Sebaiknya, letakkan kabel di dalam tembok dan lubangi tembok di mana kabel CCTV akan terpasang.

Kemudian, dorong semua ujung kabel kamera pada lubang yang telah Anda bor. Dengan cara ini, Anda dapat menyembunyikan kabel dan mencegahnya aus.

Anda juga dapat memilih ruangan di mana Anda ingin semua kabel CCTV ditempatkan.

Setiap kabel CCTV terdiri dari dua kabel dan konektornya. Yang satu ditujukan untuk catu daya yang baik. Yang lainnya untuk perekam video.

Berikut adalah beberapa tips praktis memasang CCTV untuk referensi Anda:

• Lubangi dinding dengan bahan tahan air seperti silikon dan duct seal.

• Letakkan penutup luar yang tahan air agar lubang kabel tidak dimasuki air.

• Gunakan kotak sambungan untuk menyembunyikan kabel dan konektor.

Langkah 4: Hubungkan CCTV dan Nyalakan

Setelah proses pengkabelan, langkah selanjutnya adalah menghubungkan sistem CCTV rumah Anda, dan periksa apakah berhasil mendapatkan catu daya.

  • Diagram Kamera CCTV Berkabel

pasang cctv rumah kabel

  • Diagram Kamera CCTV Nirkabel

cara pasang cctv rumah tanpa kabel

Jangan lupa bahwa perekam tampilan dan monitor memerlukan catu daya yang baik. Anda juga dapat membuat soket khusus atau menghubungkannya ke sumber daya yang sama dengan kamera.

Selain itu, Anda juga harus membuat sebuah rencana cadangan apabila terjadi pemadaman listrik secara tiba-tiba atau hal ini juga dapat terjadi ketika penyusup mencoba memutus catu daya di rumah Anda.

Pastikan juga sistem keamanan rumah terhubung dengan genset. Dengan cara ini, CCTV dapat bekerja secara konsisten dalam kondisi ketika listrik mati.

Langkah 5:  Mengatur Kamera CCTV yang Sudah Terpasang

Mengatur kamera CCTV adalah prosedur terakhir dalam proses instalasi. CCTV sekarang ini dapat diakses dan ditampilkan pada gawai, komputer, dan tablet.

Beberapa produsen kamera CCTV rumah menawarkan aplikasi atau perangkat lunak untuk mengakses kamera CCTV di mana pun Anda berada.

Siapkan fitur pengawasan ini di aplikasi, termasuk tampilan langsung (real time), deteksi gerakan, perekaman video, perbesar/perkecil, dan lainnya yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Untuk Reolink PoE dan sistem pengawasan nirkabel lainnya, Anda harus mengatur sensitivitas deteksi gerakan dan zona pendeteksi gerakan tertentu untuk mendapatkan peringatan akurat pada aplikasi ReoLink-nya.

Email biasanya akan dikirimkan kepada Anda apabila pembobolan atau sesuatu yang tidak terduga terjadi.

Satu hal terakhir, pemasangan CCTV rumah Anda selesai, disarankan untuk memeriksa kembali tampilan setiap kamera. Periksa apakah kamera sedang bergerak atau sedang merekam. Juga, periksa seberapa jauh kamera dapat mencakup area rumah Anda.

Simpulan Pemasangan CCTV Indoor/Outdoor di Rumah dan Perlindungan Ekstra

Memasang sistem pengawasan kamera CCTV bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan mudah. Ingatlah selalu bahwa ada banyak CCTV rumah yang bagus dan harga terjangkau di toko online, seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, BliBli, dan Lazada.

Mulailah pemasangan dengan cara yang sederhana dengan memilih yang dirancang untuk pengguna do it youself atau DIY. Baca ulasan sistem keamanan rumah untuk referensi Anda. Bisa juga dengan melihat video di YouTube atau sumber-sumber lainnya.

Reolink PoE dan kamera WiFi 2,4/5 GHz proses pemasangannya bisa dilakukan sendiri, sehingga Anda tidak perlu memanggil teknisi untuk melakukan pemasangan.

Bagi Anda yang ingin memberikan proteksi lebih untuk properti milik Anda, bisa mengecek, membandingkan, dan membeli produk asuransi properti terbaik di CekPremi dengan berbagai premi dan manfaat yang menarik.

Dapatkan juga literasi dan tips menarik seputar keuangan, investasi, dan gaya hidup di Blog CekPremi, ya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *