4 Cara Mengemudi Mobil Matic di Tanjakan yang Benar

Aug - 01
2021
mobil matic di tanjakan

4 Cara Mengemudi Mobil Matic di Tanjakan yang Benar

Mobil matic memang terkenal karena cara mengendarainya sangatlah mudah, tidak perlu injak kopling, cukup memainkan gas dan rem secara benar. Meskipun begitu beda halnya jika kalian sedang mengendarai mobil matic di tanjakan apalagi kalau tanjakan yang kalian lewati dalam kondisi macet. Yuk simak bagaimana cara mengemudi mobil matic di tanjakan yang benar di artikel ini!

4 cara mengemudikan mobil matic di tanjakan yang baik dan benar

1. Perhatikan permukaan jalan

Jika kalian melihat jalanan di depan sudah mulai menanjak, hal pertama yang harus kalian lakukan adalah mengganti persneling ke arah D2. Hal ini dilakukan agar mobil memiliki daya yang lebih kuat saat menanjak.

2. Pilih transmisi sesuai dengan kondisi tanjakan

Pemilihan transimisi yang tepat memang selalu menjadi kunci, jika kalian sedang berada di tanjakan dan turunan yang curam segera ganti persneling ke D ataupun D1. D dan D1 memang berfungsi agar mobil bisa melewati medan jalanan yang ekstrem.

3. Jangan injak rem saat mengganti persneling mobil

Nah ini dia kesalahan yang sering dilakuka oleh pemula saat mengendarai mobil matic di tanjakan. Jika ingin mengganti persneling cukup tekan tombol dan tidak perlu menginjak rem. Jika rem diinjak justru mesin mobil akan mengeluarkan suara berat.

Baca juga: Cara Mengendarai Mobil Matic dengan Mudah Untuk Pemula

4. Biasakan diri

Kunci paling utama agar handal dalam membawa mobil matic adalah dengan terus latihan dan membiasakan diri. Seiring berjalannya waktu, lama-lama pun kalian akan terbiasa dan membawa mobil matic di tanjakan bukanlah suatu masalah lagi.

4 keuntungan memakai mobil matic di tanjakan

Jika sudah mengetahui caranya, lalu apa sih kelebihan mobil matic dibandingkan dengan mobil manual? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini:

1. Tidak pegal

Pedal kopling yang ditiadakan di mobil matic memang menjadi kelebihan tersendiri. Kaki tidak perlu menginjak kopling dan efeknya kaki pun tidak pegal saat mengendarai mobil matic.

2. Ada fitur HSA (Hill Start Assist)

Keuntungan lainnya adalah HSA, fitur ini memungkinkan rem aktif dengan otomatis saat injakan pada pedal gas diangkat. Sangat berguna jika mobil ada di jalan menanjak.

Baca juga: 6 Cara Merawat Mobil Matic dengan Mudah dan Efektif

3. Praktis

Berbeda dengan mobil manual, mobil matic sangatlah praktis jika dipakai di jalanan menanjak. Kalian hanya perlu menginjak pedal rem dan gas untuk mobil bisa menanjak.

4. Kopling tidak selip

Kopling yang selip bisa membahayakan siapapun yang ada di dalam mobil. Berhubung mobil matic tidak memiliki tuas kopling, maka hal ini bukanlah menjadi suatu masalah di mobil matic.

 

Berikan proteksi pada mobil kesayangan kalian

asuransi mobil cekpremi

Pastikan mobil baru kalian terlindung dari segala biaya resiko kerusakan dengan asuransi! Seluruh  biaya kerusakan mobil akan ditanggung oleh produk asuransi mobil all risk! Selain itu juga kalian bisa menggunakan asuransi TLO (Total Loss Only) jika ingin premi dengan biaya yang lebih murah! Bandingkan dan pilih berbagai produk asuransi mobil terbaik dan terpercaya hanya di Cekpremi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi mobil cekpremi