Tanaman Sejuta Manfaat, Ternyata Ini Manfaat Sereh Untuk Kesehatan

Jul - 31
2021
manfaat sereh untuk kesehatan

Tanaman Sejuta Manfaat, Ternyata Ini Manfaat Sereh Untuk Kesehatan

Serai atau sereh merupakan tumbuhan anggota suku rerumputan yang banyak dimanfaatkan sebagai bumbu dapur untuk mengharumkan makanan. Sereh atau dalam bahasa inggris disebut lemongrass ini dikenal karena memiliki rasa dan aroma yang khas dan dianggap menyegarkan. Ternyata, tumbuhan yang hidup merumpun ini punya banyak sekali manfaat yang tidak banyak orang ketahui. Ada banyak manfaat sereh untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

Sereh tidak hanya bermanfaat untuk penyedap makanan, kandungan nutrisinya juga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Dalam tanaman sederhana ini terkandung vitamin A, vitamin C, folat, zat besi, magnesium, tembaga, potasium, kalsium, dan mangan. Kandungan tersebut yang membuat sereh memiliki sifat antijamur, antibakteri, antiinflamasi, antidepresan, dan banyak lainnya.

Selain itu, sereh juga banyak dikenal dalam industri, yakni diambil minyaknya yang kemudian disebut minyak atsiri yang berfungsi untuk mengusir nyamuk. Kandungan sitronela dalam sereh juga bisa digunakan sebagai aromaterapi sekaligus menghilangkan stress.

Manfaat Sereh Untuk Kesehatan dan Daya Tahan Tubuh 

kegunaan sereh

1. Sumber Antioksidan

Antioksidan dalam serai adalah asam klorogenat, isoorientin, dan swertiajaponin. Antioksidan ini dapat membantu mencegah disfungsi sel di dalam arteri koroner. Antioksidan dapat membantu mengurangi radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan penyakit.

2. Antimikroba

Air rebusan serai dapat membantu mengobati infeksi mulut dan gigi berlubang berkat sifat antimikroba. Minyak atsiri sereh menunjukkan kemampuan antimikroba yang dapat melawan bakteri Streptococcus mutans, yang merupakan bakteri yang paling bertanggung jawab atas kerusakan gigi.

3. Anti Peradangan

Dua senyawa yang ada di dalam serai, yaitu sitral dan geraniol merupakan senyawa yang dianggap bertanggung jawab atas manfaat anti-peradangan. Dengan sifat anti peradangan tersebut, serai dapat mencegah berbagai peradangan, seperti flu, sakit tenggorokan, hingga masalah pencernaan akibat peradangan.

4. Detoksifikasi Tubuh

Minum teh sereh dapat memiliki efek diuretik, yang berarti dapat merangsang ginjal untuk mengeluarkan lebih banyak urine. Efek diuretik ini membantu membersihkan ginjal dan meningkatkan fungsinya.

5. Membuat Pencernaan Lebih Sehat

Secangkir teh sereh adalah obat alternatif untuk mengatasi sakit perut, keram perut, dan masalah pencernaan lainnya. Minyak atsiri daun sereh dapat membantu melindungi lapisan perut terhadap kerusakan dari aspirin dan etanol.

Baca juga: 8 Manfaat Susu Kedelai yang Terbukti Baik Untuk Tubuh

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Air rebusan sereh bisa digunakan sebagai minuman detoksifikasi untuk melancarkan metabolisme dan membantu menurunkan berat badan. Hal ini karena sifat diuretik alaminya. Daun serai dan batangnya mengandung polifenol yang meningkatkan pengeluaran energi dan oksidasi lemak, efek ini bisa mendukung penurunan berat badan.

7. Membantu Mengurangi Kecemasan

Aroma serai dipercaya dapat membantu mengatasi kecemasan. Sereh juga dapat memiliki efek menenangkan, yang dapat membantu Anda untuk tidur nyenyak. Hal tersebut juga dapat membantu meringankan insomnia akibat kecemasan.

8. Meningkatkan Kadar Sel Darah Merah

Meminum infused water sereh setiap hari selama 30 hari dapat meningkatkan kadar hemoglobin, volume sel, dan jumlah sel darah merah yang ada di dalam tubuh. Hal tersebut dipercaya dapat membantu meningkatkan sel darah merah di dalam tubuh.

9. Meredakan Gejala Menstruasi

Bagi kaum wanita, air rebusan sereh memiliki manfaat yang dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi kram pada saat menstruasi, kembung, dan rasa panas. Sereh memiliki sifat yang menenangkan perut dan anti inflamasi. Selain itu, minyak sereh juga berguna untuk membantu mendinginkan tubuh.

10. Dapat Meningkatkan Kesehatan Kulit

Sifat antiseptik dan astringen dari air sereh dipercaya dapat meningkatkan kesehatan kulit. Minyak esensial daun teh sereh dapat mencerahkan kulit dan menjaga kesehatannya. Air sereh juga dapat mensterilkan pori-pori dan memperkuat jaringan kulit.

Serai dapat mengobati infeksi, seperti folikulitis dan selulitis, yang disebabkan oleh bakteri. Sifat anti mikrobanya juga dapat membantu mengobati infeksi jamur pada kulit.

Itu tadi 10 manfaat sereh untuk kesehatan yang tidak semua orang ketahui. Ternyata minum air  rebusan sereh memiliki banyak sekali manfaat, lho! Setelah mengetahui hal tersebut,

Baca juga: Ternyata Ini 8 Manfaat Teh Daun Kelor Kering Untuk Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi covid