5 Cara Menghilangkan Bau Septic Tank Ampuh dengan Sederhana

Jun - 16
2021
cara menghilangkan bau septic tank

5 Cara Menghilangkan Bau Septic Tank Ampuh dengan Sederhana

Last Updated on June 16, 2021 by

Kesal dengan bau tak sedap yang sering muncul dari septic tank? Segera atasi karena hal tersebut berbahaya! Ikuti beberapa cara menghilangkan bau septic tank secara ampuh berikut ini.

Septic tank atau tangki pembuangan memang bisa menguarkan bau tak sedap seiring waktu penggunaannya.

Penyebab utamanya antara lain karena tangki penuh dengan limbah kotoran atau karena pipa salurannya tersumbat.

Jika bau septic tank dibiarkan tak diurus, dampaknya bukan hanya mengganggu kenyamanan saja, tetapi juga bisa mengganggu kesehatan, lo!

Oleh karena itu, yuk segera atasi masalah ini dengan mengaplikasikan beberapa cara menghilangkan bau septic tank yang ampuh berikut ini.

 

5 Cara Menghilangkan Bau Septic Tank Efektif

  • Perbaiki Ventilasi Septic Tank

Cara menghilangkan bau septic tank pertama yang bisa Anda coba yaitu dengan memeriksa sistem ventilasi udara pada septic tank.

Cek terlebih dahulu sepiteng di rumah Anda, apakah memiliki lubang ventilasi untuk pembuangan gasnya atau tidak.

Pasalnya, lubang ventilasi adalah bagian penting pada sistem septic tank standar agar gas hasil pembusukan kotoran di dalam septic tank bisa terurai.

Jika sepiteng di rumah Anda tak memiliki ventilasi, segeralah minta bantuan tukang untuk membuatnya agar bau gas sepiteng tidak keluar dari kloset di rumah.

  • Taburkan Baking Soda

Tahu tidak, baking soda untuk membuat kue juga bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan bau septic tank yang ampuh, lo!

Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu menuangkan satu cangkir baking soda ke dalam saluran pembuangan setiap satu minggu sekali.

Hal ini penting untuk dilakukan agar tingkat pH di dalam septic tank terjaga normal di angka 6,8-7,6.

Namun, jangan sampai menuangkan baking soda berlebihan ya karena dapat membuat limbah kotoran dari dalam septic tank terdorong keluar!

  • Masukkan Mikroorganisme Pengurai

Cara menghilangkan bau septic tank secara efektif selanjutnya yaitu dengan menggunakan mikroorganisme pengurai limbah kotoran.

Mikroorganisme pengurai ini biasanya berbentuk cairan dan digunakan untuk membantu mempercepat proses penguraian agar septic tank tidak overload.

Anda hanya perlu memasukkan sekitar 500 ml mikroorganisme pengurai ke dalam kloset untuk setiap 1-2 m3 tanki kotoran.

Cara ini tergolong mudah dan murah karena hanya perlu Anda lakukan selama minimal 2 bulan sekali.

  • Pasang Filter Khusus

Selain cara-cara yang sudah dijelaskan di atas, Anda juga bisa mencoba cara menghilangkan bau septic tank dengan menggunakan suatu filter khusus.

Filter ini biasanya dipasang pada ujung ventilasi dan digunakan untuk menyaring bau tak sedap yang keluar dari dalam septic tank.

Jika Anda tak bisa menemukan filter khusus septic tank, Anda juga bisa membuatnya dengan bahan-bahan sederhana, lo!

Bahan-bahannya yaitu masker bekas, kain kasa, serbuk arang cuci piring, serta karet untuk mengikat. Mudah, bukan?

  • Menyedot Septic Tank

Cara menghilangkan bau septic tank yang terakhir yang bisa Anda ikuti jika cara-cara di atas tak berhasil yaitu dengan memanggil jasa sedot sepiteng.

Biasanya, cara terakhir ini dipakai bila septic tank sudah benar-benar penuh dan isinya tak bisa lagi diatasi dengan mikroorganisme pengurai dan cara lainnya.

Bagaimana cara mengetahui apakah septic tank sudah penuh atau belum?

Mudah, kok. Coba siramkan air ke kloset, jika air bisa mengalir dengan lancar dan tak terhambat artinya septic tank Anda belum penuh.

***

Itulah beberapa cara menghilangkan bau septic tank yang bisa Anda ikuti.

Mau rumah Anda terproteksi dengan maksimal? Segera miliki asuransi properti sebagai perlindungan utama untuk hunian Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

asuransi properti cekpremi