Tanah Kavling: Pengertian, Kelebihan, Kekurangan Beserta Tipenya!

kavling adalah

Last Updated on November 23, 2021 by Andrian

Bagi kalian yang sedang mencari tanah ataupun rumah pasti sering menjumpai spanduk yang bertuliskan “Dijual Kavling di Lokasi Strategis” Namun hanya sedikit dari masyarakat Indonesia yang mengetahui apa itu pengertian dari Kavling. Sebenarnya banyak jenis-jenis kavling dan setiap jenis mempunyai kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Untuk mengerti lagi lebih dalam soal kavling, mari kita simak di artikel berikut!

Pengertian Kavling

Menurut kamus besar Bahasa Indonesia, kavling adalah bagian tanah yang sudah dipetak-petak dengan ukuran yang sudah ditentukan terlebih dahulu. Dan biasanya dalam suatu kompleks perumahan, ditemukan beragam bentuk-bentuk kavling. Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai bentuk-bentuk dari kavling itu sendiri, simak pembahasan lanjutnya di bawah ini ya!

Kelebihan Tanah Kavling

Jika sudah mengerti apa itu tanah kavling, selanjutnya mari kita simak apa saja kelebihan dari membeli tanah kavling:

1. Lebih murah jika dibandingkan dengan investasi rumah

Mengingat kalian hanya membeli tanah, tanpa adanya bangunan tentunya harga menjadi jauh lebih murah.

Jika kalian menggunakan uang untuk membeli rumah berukuran 60m2, untuk membeli tanah kavling, maka luas tanah yang bisa kalian dapatkan bisa mencapai 100 m2

2. Tidak memerlukan perawatan rutin

Mengingat kalian hanya membeli tanah, maka otomatis tidak memerlukan perawatan rutin. Berbeda dengan rumah yang perlu dirawat secara rutin untuk mencegah penurunan harga.

3. Kenaikan harga yang stabil

Keuntungan selanjutnya yang bisa kalian dapatkan dari membeli tanah kavling adalah kenaikan harga yang stabil dari tahun ke tahun.

Mengingat aset properti masih merupakan aset yang paling stabil dan cenderung naik terus harganya dari tahun ke tahun.

4. Bisa memperoleh penghasilan tambahan

Dengan kalian menyewakan tanah, kalian bisa mendapatkan penghasilan tambahan ke depannya. Tanah ini bisa kalian sewakan untuk lahan parkir ataupun untuk pagelaran acara.

Kekurangan tanah kavling

1. Merupakan aset non likuid

Aset non likuid memiliki artian bahwa aset tersebut adalah aset yang sulit untuk dicairkan. Mengingat menjual tanah tidaklah semudah menjual barang-barang seperti pada umumnya.

2. Risiko disalahgunakan

Jika tanah kalian tidak diberikan pagar atau pembatas, besar kemungkinan tanah akan dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Sebisa mungkin berikan pembatas agar tanah yang kalian miliki tidak disalahgunakan ya!

3. Bisa menjadi beban jika tidak dimanfaatkan dengan baik

Jika tanah tidak dimanfaatkan dengan baik, besar kemungkinan tanah yang kalian miliki akan menjadi beban finansial kalian.

Risiko investasi tanah tentunya tidak dapat dihindari, maka dari itu usahakan untuk menyimpan dana darurat sehingga ketika kekurangan uang kalian tidak perlu menjual aset berharga kalian.

Jenis-jenis kavling

Terdapat 3 jenis tanah kavling yang akan kami jelaskan. setiap tanah kavling mempunyai keuntungan dan kerugiannya sendiri-sendiri. Berikut adalah jenis-jenis tanah kavling yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber.

– Interior lot

Interior lot

 

Nah untuk jenis kavling ini biasanya sering digunakan oleh developer-developer perumahan untuk membangun cluster. Biasanya hanya terdapat 1 pintu masuk dan jauh dari yang namanya bising. Biasanya kavling jenis interior lot, keamanannya sangatlah terjaga.

– Cul De Sac lot

Cul De Sac lot

Diambil dari bahasa Perancis yang diartikan sebagai tanah kosong di jalan buntu. Biasanya jenis kavling ini memiliki jalan depan yang sempit, namun pada bagian belakang terdapat tanah yang lebar.

Dengan denah kavling yang seperti ini, rumah yang akan dibangun akan lebih aman dan bisa memberikan suasana yang tenang. Mengingat hanya ada satu pintu masuk dan jalur untuk memasuki kawasan rumah sangatlah kecil.

– T-Intersection Lot

T-Intersection Lot

Nah untuk jenis kavling satu ini biasanya digunakan untuk para pedagang yang ingin barang dagangannya terlihat dengan jelas. Bentuk nya yang seperti tusuk sate memungkinkan barang dagangan dapat terlihat dengan jelas. Kalaupun ingin dijadikan rumah, tidak direkomendasikan karena jika ada kendaraan melintas, lampu kendaraan tersebut akan menganggu kenyamanan penghuni rumah.

Pastikan aset berharga anda terlindungi dari berbagai macam resiko!

Setelah melihat biaya dan tenaga yang diperlukan untuk memiliki aset properti, maka ada baiknya kalian memberikan proteksi kepada aset-aset berharga kalian dengan asuransi properti. Kalian bisa membandingkan dan memilih produk asuransi properti yang terpercaya di Cekpremi!

 

About Andrian

Passionate SEO person, and love to bring people the right information that they want. Please enjoy our article and hopefully the information that we serve is fulfilling your needs :)

View all posts by Andrian →