Cek Kisaran Biaya Cabut Gigi Geraham dan Prosesnya

biaya cabut gigi geraham

Gigi geraham berlubang hingga harus dicabut? Sebelum memilih pergi ke puskesmas, klinik atau rumah sakit kenali dulu biaya cabut gigi geraham saat ini. Secara umum biaya ini biasanya hingga ratusan ribu rupiah, jadi harus dipersiapkan dengan baik.

Biaya cabut gigi berbeda-beda tergantung jenis fasilitas kesehatannya. Paling murah tentu saja ketika menggunakan BPJS, hanya saja baru bisa dilakukan sesuai faskes yang telah ditetapkan. Supaya tidak bingung cek biaya lengkapnya ini.

asuransi kesehatan

Estimasi Biaya Cabut Gigi Geraham Terbaru

Gigi geraham yang terpaksa harus dicabut masuk ke dalam proses odontektomi. Biasanya dokter akan menyarankan cabut gigi ketika sudah berlubang dan sulit ditambal.

Apalagi jika rasa sakit yang muncul sudah mengganggu aktivitas harian. Dengan berkonsultasi langsung ke dokter kamu akan mengetahui solusi terbaiknya.

Jika memang harus dicabut, beberapa daftar biaya cabut gigi geraham berikut ini perlu diperhatikan.

1. Biaya Cabut Gigi di Rumah Sakit

Rumah sakit biasanya menjadi rujukan akhir pasien yang ingin cabut gigi. Misalnya faskes dari BPJS yang dipilih tidak memiliki layanan dokter gigi. Maka pencabutan gigi akan dilakukan di rumah sakit yang dirujuk.

Soal biayanya juga bervariasi, misalnya saja rumah sakit swasta yang ada di kota besar seperti Jakarta. Maka biaya untuk sekali cabut gigi geraham adalah 300 ribu hingga 500 ribu rupiah.

Sedangkan biaya cabut gigi berlubang di rumah sakit swasta daerah mulai dari 150 ribu hingga 300 ribu rupiah per gigi. Biaya ini mencakup pencabutan saja belum bersama obat dan pemeriksaan di hari sebelum cabut.

Beda lagi jika masalah yang dialami adalah geraham bungsu yang terbenam, biasanya dokter akan menyarankan untuk melakukan operasi gigi.

Biaya operasi tentu lebih mahal mulai dari 1,5 juta hingga 4 juta rupiah. Pasalnya dalam beberapa kasus bukan hanya memerlukan tenaga dokter gigi tetapi juga dokter bedah mulut.

2. Biaya Cabut Gigi di Klinik

Selain rumah sakit, beberapa klinik juga sudah melengkapi fasilitas dokter gigi. Bahkan klinik swasta juga sudah menerima pemeriksaan atau layanan cabut gigi menggunakan BPJS.

Sama seperti rumah sakit, klinik juga menerima layanan cabut gigi dan juga operasi geraham bungsu. Biaya cabut gigi geraham atas berlubang di klinik rata-rata mulai dari 250 ribu hingga 500 ribu rupiah.

Biaya untuk operasi geraham bungsu adalah sekitar 1,4 juta hingga 3 juta rupiah. Biaya ini akan lebih mudah jika sudah memiliki BPJS dan memiliki klinik tersebut sebagai faskes pertama.

3. Biaya Cabut Gigi di Puskesmas

Pusat Kesehatan Masyarakat atau Puskesmas adalah salah satu layanan yang disediakan oleh pemerintah. Tentu saja biaya cabut gigi geraham di puskesmas gratis selama sudah mendaftar ke BPJS.

Pada saat periksa pasien hanya perlu membawa kartu BPJS dan mendaftar diri. Nantinya seluruh biaya akan diselesaikan menggunakan BPJS. Jadi tidak perlu takut akan masalah yang dihadapi baik itu cabut geraham berlubang atau operasi geraham bungsu.

Biaya cabut gigi geraham 2022 ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yang menjadikannya lebih mahal. Pertama adalah kondisi gigi, apakah rapuh dan sulit dikeluarkan atau tidak.

Kedua adalah posisi gigi yang ternyata dekat dengan saraf di rahang bawah sehingga risikonya lebih tinggi. Ketiga adalah adanya riwayat penyakit yang dimiliki oleh pasien seperti jantung hingga hipertensi.

Proses Pencabutan Gigi Geraham yang Berlubang

Tidak semua dokter gigi akan menyarankan gigi geraham yang berlubang untuk dicabut. Jika kondisi gigi masih bagus biasanya dokter akan menyarankan untuk ditambal saja atau memasang mahkota gigi.

Ada beberapa kondisi yang mengharuskan gigi geraham dicabut. Pertama adalah perkembangan gigi tidak normal sehingga rasa nyeri tak tertahankan terus dirasakan. Kedua adalah ketika posisi gigi yang tidak normal, biasanya didapatkan dari gigi geraham bungsu.

Ketiga, adalah kerusakan gigi geraham karena lubang yang sudah bisa terkontrol lagi. Khusus penyebab ketiga ini ada beberapa proses yang biasanya dilakukan oleh dokter gigi. Kamu pun harus mempersiapkan diri untuk bolak balik ke dokter.

Berikut ini beberapa proses yang sebaiknya dipahami.

1. Wajib Rontgen Gigi

Tahapan pertama selalu dimulai dengan rontgen karena dokter perlu mengetahui posisi gigi hingga akarnya. Mengetahui posisi ini mempermudah mereka untuk mengambil langkah pencabutan.

Khususnya untuk gigi bungsu yang tumbuh ke bagian dalam rahang dan tidak bisa dilihat dari mata telanjang. Selain itu mengetahui posisi ini memudahkan dokter untuk memberikan resep sebagai persiapan cabut.

2. Meminum Obat yang Diresepkan

Usai periksa pertama kali, melakukan rontgen dan menyerahkan hasilnya ke dokter kamu akan mendapatkan obat. Baik itu saat gigi geraham terasa nyeri atau tidak obat akan diberikan bertujuan untuk mematikan saraf.

Sehingga ketika dicabut saraf pada gigi tidak menimbulkan rasa sakit dan mempengaruhi saraf lainnya. Biasanya obat yang diberikan perlu dikonsumsi hingga 1 minggu.

Pada periksa yang kedua inilah kamu akan mendapatkan informasi waktu dan biaya cabut gigi geraham yang diperlukan. Sehingga kamu bisa mempersiapkan diri dengan baik sebelum hari H.

3. Waktu Pencabutan Gigi Geraham

Pada hari pemeriksaan ketiga, dokter tidak akan langsung mencabut melainkan mengecek kondisi gigi geraham kembali. Baru jika dirasa sudah benar-benar siap pencabutan akan dilakukan.

Pertama area geraham yang dicabut akan diberikan suntikan anestesi lokal sehingga pasien tidak merasakan sakit. Selanjutnya dokter akan mulai melakukan pencabutan. Lama waktunya tergantung dengan tingkat kesulitannya.

Pasien hanya akan merasakan tekanan saja tanpa sakit. Namun jika dirasa masih terasa sakit utarakan pada dokter sehingga segera diberikan suntikan anestesi tambahan.

Usai dicabut dokter akan memberikan lapisan kasa tebal dan pasien harus menggigitnya. Tujuannya adalah untuk menahan darah yang keluar berlebihan.

4. Meminum Resep Obat dari Dokter

Setelah dicabut dokter juga akan memberikan resep antibiotik kepada pasien. Obat ini bertujuan untuk meredakan nyeri sekaligus mempercepat proses penyambungan atau penutupan gusi yang terbuka tadi.

Dokter juga akan memberikan kasa gigi yang harus diganti secara rutin. Pastikan untuk meminum obat yang diresepkan secara rutin dan tepat waktu.

Telah kami jelaskan estimasi biaya dan proses pencabutan gigi geraham untuk mengatasi rasa sakit akibat gigi berlubang. Ingat, pencabutan gigi bukanlah akhir dari perawatan. Kesehatan gigi yang optimal membutuhkan perawatan rutin setiap 6 bulan sekali. Untuk menjaga dan melindungi gigi Anda dari penyakit yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, sangat disarankan untuk menggunakan Asuransi Gigi dari Cekpremi. Dengan Asuransi Kesehatan, Anda tidak hanya melindungi kesehatan mulut, tetapi juga memastikan bahwa senyum Anda selalu terjaga. Ayo, jangan tunggu sampai gigi bermasalah, lindungi gigi Anda dengan Asuransi Gigi dari Cekpremi sekarang juga!

Sumber:

Orami

Alodokter

Klikdokter