Ketahui Ciri Ciri ECU Motor Rusak berikut Solusinya Disini!

Jul - 14
2021
ciri ciri ECU motor rusak

Ketahui Ciri Ciri ECU Motor Rusak berikut Solusinya Disini!

Motor injeksi saat ini sedang populer dan banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Alasan utama mengapa jenis motor satu ini digemari adalah efisiensi bahan bakarnya yang tinggi. Selain itu juga saat bensin habis, motor masih tetap bisa berjalan sehingga kalian tidak perlu mendorong motor ke pombensin. ECU merupakan komponen penting yang ada di motor injeksi. Yuk simak ciri-ciri ECU motor rusak di artikel ini!

Ciri ciri ECU motor rusak

Berikut adalah beberapa pertanda bahwa ECU motor rusak yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber:

– Speedometer tidak bergerak saat motor dinyalakan

Pertanda pertama adalah speedometer, jika speedometer tidak bergerak saat mesin dinyalakan itu pertanda kuat ECU rusak. Kalian bisa memastikannya dengan cara cek aki, jika aki kondisinya masih baik dan berfungsi maka besar kemungkinan ECU yang rusak. Segera bawa motor ke bengkel terdekat untuk mendapatkan perawatan.

– Lampu inidikator mesin terus menyala

indikator motor menyala

Ada kemungkinan sensor pada speedometer rusak ketika lampu indikator terus menyala. Jika sistem sensor sudah dicek dan tidak ada masalah maka ECU harus kalian cek ulang.

– Arus listrik yang bocor

Pertanda kuat arus listrik bocor adalah dari lampu yang terus menyala meskipun mesin sudah dimatikan. ECU berperan sebagai penahan arus listrik yang keluar agar tidak berlebihan. Jika arus listrik tidak bisa dikontrol, maka besar kemungkinan ECU bermasalah.

– Busi tidak menyemburkan api saat mesin distarter

Busi yang baik tentunya akan menyemburkan api saat mesin motor dinyalakan. Jika tidak maka kemungkinan besar ECU kalian bermasalah dan membuat busi tidak bisa bekerja maksimal;. Segera cek dan perbaiki ECU, jika tidak motor bisa saja tidak bisa dinyalakan.

– Motor sulit dinyalakan

Kondisi aki normal, busi aman dan bensin yang terisi namun motor tetap sulit dinyalakan? Maka ECU nya bermasalah, namun sebaiknya kalian cek dengan membawa motor ke bengkel agar bisa dilakukan tindakan pencegahan. Jika tidak ECU harus diganti dan kalian harus mengeluarkan uang hingga Rp 2 juta tergantung dari jenis motor yang dikendarai.

 

Berikan perlindungan lebih ke motor bekas kalian 

asuransi motor

Membeli motor bekas artinya kalian siap dengan segala resiko biaya servis yang harus dilakukan. Meskipun ada motor bekas yang tidak perlu di servis, tetap saja kebanyakan motor bekas memerlukan servis ulang.Untuk membeli asuransi, kalian bisa kunjungi Cekpremi untuk berbagai pilihan produk asuransi motor yang terpercaya dan menguntungkan! Dapatkan berbagai keuntungan dengan menghubungi tim sales kami ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi mobil cekpremi