5 Tips Cerdas Memilih Pagar Rumah Sederhana tapi Cantik

Jul - 14
2021
pagar rumah sederhana tapi cantik

5 Tips Cerdas Memilih Pagar Rumah Sederhana tapi Cantik

Last Updated on November 23, 2021 by Andrian

“Less is more,” begitulah kira-kira desain pagar rumah sederhana tapi cantik yang akan kita terapkan. Meski tidak menggunakan material yang mewah, tips ini ampuh dalam mempercantik hunian Anda.

Perkembangan desain dan arsitektur memang sangat mengagumkan. Dengan metode dan cara-cara khusus, hunian yang sebenarnya sederhana jadi tampak begitu indah dan catchy dipandang mata.

Begitu pula dengan pagar, elemen yang tidak bisa dipisahkan dari rumah ini harus didesain seapik mungkin. Agar tampilannya menarik, berikut beberapa tips memilih pagar yang biasa Anda coba.

 

Inilah 5 Tips Memilih Pagar Rumah Sederhana tapi Cantik

1. Gunakan Material yang Tepat

Cantik memang tidak selalu mahal, kita bisa kok membuat pagar rumah sederhana tapi cantik dengan material yang tepat. Tepat di sini artinya selaras dengan desain rumah secara keseluruhan.

Jika memilih material yang kurang tepat, semahal apapun pagar tersebut pasti terlihat norak! Bila hunian didominasi unsur kayu, memilih material pagar berbahan serupa bisa jadi langkah yang tepat.

2. Mainkan Perpaduan Warna

Jangan takut bereksplorasi dengan warna. Asal perpaduannya tepat, tampilan rumah pasti terlihat lebih indah. Bila hunian didominasi dengan warna pastel, cat pagar tersebut dengan warna senada.

Selain itu, pastikan Anda merawat pagar secara rutin. Lakukan pengecatan dan pembersihan secara berkala. Jika tampilan pagar bersih, sesederhana pun desain rumah pasti tampak catchy bukan?

3. Gunakan Pencahayaan Tambahan

Keterbatasan bujet membuat Anda tidak bisa bereksplorasi dengan desain pagar? Jangan khawatir, ciptakan tampilan pagar rumah sederhana tapi cantik menggunakan pencahayaan tambahan.

Rumah terlihat kurang menarik karena lingkungannya yang terlalu gelap. Untuk menyiasatinya, tambahkan lampu taman di sekitar pagar atau tempatkan lampu sorot di atas bagian tiang.

4. Coba Kombinasikan Material Pagar

Demi menghindari kesan monoton, kita bisa mengkombinasikan material pagar yang digunakan. Misalnya Anda memilih kayu sebagai material utama, lalu kombinasikan dengan unsur bebatuan.

Pernah melihat desain rumah minimalis modern? Gaya itu jamak mengkombinasikan kedua material ini, lho. Intip beberapa desain pagar modern di internet, lalu aplikasikan sendiri sesuai kreasi Anda.

5. Perhatikan Keamanan Pagar

Sudah didesain secantik apapun, jika tingkat keamanannya rendah maka percuma saja. Melihat fungsinya, pagar memang diperuntukkan sebagai “benteng” untuk melindungi keamanan rumah.

Karena itu, faktor yang satu ini sangat penting diperhatikan. Hindari pengaplikasikan garis horizontal, sebab desain pagar semacam ini cenderung lebih mudah dinaiki atau dipanjat oleh seseorang.

Sebagai gantinya, cobalah desain pagar dengan bentuk vertikal. Lalu tutuplah celah-celah yang terlalu lebar, untuk menjaga privasi pemilik rumah dan memblokir pandangan orang yang lewat.

Itu tadi beberapa tips memilih pagar sederhana tapi cantik yang bisa kita terapkan. Agar keamanan hunian semakin terjaga, jangan lupa daftarkan hunian Anda dengan asuransi properti terpercaya ya.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *